7 Tips Meningkatkan Kreativitas

Banyak orang beranggapan bahwa kreatif adalah anugerah dari lahir. Sesungguhnya kreativitas adalah potensi yang harus dikembangkan dan dilatih secara terus-menerus. Dengan kreatif, kita akan menjadi lebih produktif. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengasah kreativitasmu, seperti hal-hal berikut ini:

  1. Membaca Buku

Dengan membaca buku, kita akan mendapat banyak ilmu pengetahuan. Ada pepatah yang mengatakan buku merupakan jendela dunia. Melalui buku, kita akan mendapat banyak infomasi tanpa perlu terjun langsung ke lokasi tersebut. Sebagai contoh, jika kita ingin mengetahui seperti apa dasar laut, kita cukup membaca buku, kita tidak perlu menyelam ke dasar laut untuk mengetahui ada apa di dalam dasar laut.

Selain menambah pengetahuan, buku juga menambah kreativitas kita. Kamu dapat memilih membaca buku dari genre yang tidak biasa kamu baca. Cobalah untuk membaca buku setiap hari. Kamu dapat meminjam buku di perpusatakaan agar membaca banyak buku tetapi tetap hemat, tidak perlu membeli banyak buku.

  1. Menonton Film

Selain sebagai hiburan, banyak manfaat lain yang kita peroleh dari menonton film. Menonton film dapat memberikan motivasi, meningkatkan inspirasi, imajinasi, dan informasi mengenai hal-hal baru. Melalui menonton film, kita dapat mengenal dan mempelajari bahasa asing dan budaya asing dari negara lain. Cobalah untuk menonton film di luar genre kesukaanmu, seperti film perang, film sejarah atau film klasik.

  1. Mengambar

Ketika kebosanan datang menghampiri, kamu dapat mengisinya dengan menggambar. Selain menyenangkan, menggambar juga dapat meningkatkan kreativitas kita. Kamu dapat menggambar doodle sebagai pilihan. Selain itu, untuk lebih menantang, kamu dapat melakukan Thirty Circle Test. Thirty Circle Test merupakan tes mengisi lingkarang dengan gambar. Lakukanlah dengan secepat mungkin. Tes ini akan membantu kamu untuk berpikir kreatif secara cepat.

  1. Bersosialisasi dengan orang lain

Berkomunikasi dengan orang lain dapat menambah kreativitasmu. Melalui orang lain, kamu dapat mengetahui informasi yang sebelumnya belum kamu ketahui. Melalui bertukar pikiran dengan orang lain, kamu dapat berpikir dengan sudut pandang yang berbeda. Kamu juga mungkin dapat belajar bagaimana kerasnya kehidupan dan manisnya hasil dari kerja keras dan pantang menyerah.

  1. Menulis

Saat kamu mempunyai ide, tuangkanlah apa yang ada di pikiranmu ke dalam bentuk tulisan. Tak perlu pusing mengenai kualitas tulisanmu, yang terpenting melalui menulis kamu dapat mengingat kembali ide yang telah terpikir. Selain itu, kamu dapat menulis cerita fiksi sebagai salah satu pilihan menulis. Menulis fiksi membantu meningkatkan kreativitas karena kamu harus berusaha mengarang cerita dari awal sampai akhir.

  1. Membuat kerajinan tangan

Membuat kerajinan tangan artinya menyalurkan kreativitas yang ada dipikiran kita sehingga menghasilkan suatu hasil berupa barang. Kerajinan tangan yang dapat kamu lakukan antara lain: melipat origami, menjahit danĀ  merajut. Selain bermanfaat, hasil karya tanganmu dapat dijual juga sehingga bisa menambah pundi-pundi uang.

  1. Traveling

Dengan melakukan perjalanan ke tempat baru, kamu akan mendapatkan banyak informasi tentang suatu tempat maupun tentang sesuatu yang ada di dalamnya. Tidak perlu pergi ke tempat yang jauh seperti ke luar kota atau ke luar negeri. Cukup kunjungi tempat yang baru dibangun yang ada di kotamu, atau sekadar pergi ke taman atau toko yang belum pernah kunjungi sebelumnya.

Dari 7 tips diatas, menurutmu tips mana yang paling ampuh dan paling menyenangkan untuk dilakukan?

Amelia Hadiwinata

Leave a Reply