5 Tips Memilih Waralaba yang Tepat dan Menguntungkan

Saat ini memiliki bisnis adalah salah satu impian bagi sebagian orang. Namun membangun bisnis itu tidak semudah yang kamu bayangkan. Apalagi jika membangun bisnis dengan modal serba pas-pasan. Namun jika Ingin memulai suatu bisnis? Sudah memiliki cukup modal tetapi masih bingung memilih usaha yang tepat? Berikut adalah tips yang dapat membantu kamu memilih waralaba:

Pilih waralaba yang sudah teruji

Jangan sembarangan memilih waralaba. Pilihlah waralaba yang namanya sudah dikenal oleh banyak orang. Jangan tergiur oleh modal rendah yang ditawarkan tetapi kualitasnya belum terjamin. Bekerja sama dengan franchisor berpengalaman dengan waralaba yang sudah dikenal baik oleh masyarakat luas akan memudahkan kamu untuk menjalankan waralaba tersebut. Pastikan juga waralaba yang kamu pilih memiliki izin yang resmi. Jangan sampai ikut gulung tikar karena waralaba yang kamu pilih terkena kasus hukum.

Cari lebih banyak mengenaiĀ franchisor-mu

Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai franchisor yang akan kamu ajak kerja sama. Berapa lama ia telah merintis bisnisnya tersebut, berapa banyak cabang yang ia miliki. Selain mengetahui latar belakang waralaba yang hendak kamu pilih, kamu juga harus mengetahui bagaimana aturan waralaba yang hendak kamu ambil. Hal yang cukup penting untuk kamu perhatikan adalah masalah fee dan royalty fee karena setiap franchisor memiliki aturan yang berbeda-beda. Agar tidak merasa dirugikan di waktu mendatang, sebaiknya pahami dengan baik bagaimana sistem pembagian fee waralaba yang akan kamu ambil.

Pilih lokasi yang strategis

Lokasi usaha dapat dikatakan sebagai salah satu faktor terpenting yang menentukan kesuskesan bisnis. Oleh karena itu, pertimbangkan dengan baik dimana kamu akan mendirikan bisnismu. Pikirkan apakah lebih baik kamu menyewa atau membeli lokasi bisnis tersebut. Pemilihan lokasi bisnis juga harus disesuaikan dengan jenis bisnis yang kamu tekuni. Sebagai contoh, kamu memilih untuk membuka bisnis kuliner dengan target karyawan kantor. Dengan demikian, kamu harus memilih tempat usaha yang berdekatan dengan perkantoran.

Pilih karyawan dengan tepat

Untuk kamu yang baru terjun ke dunia wirausaha, hindarilah waralaba yang membutuhkan karyawan banyak. Karena karyawan yang banyak artinya beban yang kamu keluarkan pun akan semakin besar. Selain itu, karyawan yang banyak juga menimbulkan risiko yang semakin banyak. Dalam memilih karyawan, pastikan karyawan tersebut memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan bisnis yang kamu jalankan.

Siap dengan risiko

Setiap bisnis pasti memiliki risikonya masing-masing, baik bisnis itu kecil maupun bisnis itu besar. Sebagai seorang wirausahawan, kamu harus memiliki sikap berani dan pantang menyerah. Oleh karena itu, jangan takut oleh risiko yang mungkin kamu hadapi. Dan jika kamu mengalami kegagalan, kamu harus bangkit dan terus berjuang hingga mencapai kesuksesan. Untuk mengurangi risiko, pilihlah waralaba yang memiliki lebih dari 1 macam produk.

Demikian tips untuk memilih waralaba yang tepat dan menguntungkan. Semoga tips tersebut dapat membantu kamu untuk memilih waralaba yang tepat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply