4 Lokasi Bencana yang Menjadi Tempat Wisata, Sungguh Menakjubkan

Banyak tempat wisata yang terdapat di Indonesia, sehingga seringkali Indonesia disebut sebagai negara wisatawan. Berbagai jenis wisata memukau terdapat di Indonesia. Mulai dari wisata pegunungan, wisata bahari, dan wisata kebudayaan. Lebih dari itu, beberapa tempat wisata terbentuk dari hasil bencana alam. Berikut adalah 5 tempat wisata menakjubkan yang lahir dari bekas suatu tragedi:

  1. Kapal di Atas Rumah, Aceh

Anda tentu masih ingat tragedi bencana yang menimpa Aceh pada tahun 2004 lalu. Bencana gempa berkekuatan 8.3 SR tersebut memakan korban 230.000 jiwa. Diikuti dengan tsunami setinggi 9 meter yang menewaskan 197.000 orang. Akibat kejadian tersebut, banyak kapal laut yang terhempas ke daratan. Kapal tersebut tersangkut di rumah warga. Beberapa tahun kemudian, lokasi terdamparnya kapal tersebut dijadikan tempat wisata.

Banyak lokasi bekas bencana di Aceh lainnya yang juga dijadikan tempat wisata. Tujuannya untuk mengenang peristiwa kelam yang terjadi pada 13 tahun silam. Selain kapal nelayan yang saya ceritakan di atas, kapal PLTD Apung pun mengalami nasib yang sama. Berat kapal tersebut sebesar 200 ton. Pada tahun 2012-2013, Pemkot Aceh merenovasinya dan menjadikannya tempat wisata edukasi tentang tsunami.

  1. Gunung Krakatau, Selat Sunda

Gunung Krakatau terletak di Selat Sunda yang berada di antara pulau Jawa dan pulau Sumatra. Gunung Anak Krakatau terbentuk akibat letusan Gunung Krakatau yang terjadi pada 1883 lalu. Meskipun beberapa kali terjadi letusan Gunung Anak Krakatau, hal itu dianggap wajar karena gunung tersebut masih aktif. Karena dinilai cukup aman, Gunung Anak Krakatau dijadikan pemerintah Banten dan Lampung sebagai objek wisata.

  1. Museum Sisa Hartaku, Yogyakarta

Masih ingatkah Anda, 9 tahun lalu terjadi letusan gunung Merapi yang menewaskan mbah Maridjan? Bencana Gunung Merapi merupakan salah satu letusan terdahsyat dari Gunung Berapi tersebut. Lava pijar dan awan panas yang muncul lebih awal dari perkiraan menewaskan 353 orang. Salah satu juru kunci Gunung Merapi, mbah Maridjan pun ikut meninggal.

Masyarakat setempat menjadikan sisa letusan Gunung Merapi menjadi tujuan berwisata. Untuk Anda yang ingin menikmati wisata ini dapat mengikuti Lava Tour Merapi. Anda akan diajak berkunjung ke beberapa lokasi, salah satunya adalah rumah warga yang hancur akibat bencana tersebut. Rumah tersebut kini diberi nama Museum Sisa Hartaku. Di museum ini, kamu dapat melihat bangkai hewan-hewan ternak yang mati karena bencana, motor, televisi, peralatan dapur, dan lain sebagainya.

  1. Rumah Teletubbies, Prambanan

Rumah-rumah unik tersebut berlokasi di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo. Lokasinya tidak jauh dari komplek Candi Ratu Boko. Tempat ini jauhnya sekitar 40 menit berkendara dari Jogja. Rumah tersebut diberi nama rumah teletubbies karena bentuknya mirip dengan rumah di acara Teletubbies. Rumah tersebut berwarna putih dilengkapi dengan pintu dan jendela di bagian depan.

Ada 71 rumah Dome di tempat ini. Pembuatan rumah Dome ini terjadi akibat kerja sama antara LSM Wango dengan Domes For The World. Rumah-rumah tersebut didesain seperti itu agar tahan terhadap gempa. Anda juga dapat menginap di rumah Dome tersebut. Tarif menginap di rumah Dome adalah Rp 120.000 per malam.

Leave a Reply