3 Wisata Gunung di Tengah Laut yang Perlu Kamu Kunjungi

Wisata di Indonesia seakan tidak ada habisnya mulai dari wisata pantai hingga wisata gunung. Selain gunung yang ada di dataran luas di Indonesia, juga terdapat gunung berapi yang terletak di tengah laut. Untuk kamu yang menyukai tantangan dan ingin melakukan traveling ke tempat yang tidak biasa melakukan perjalanan ke gunung yang ada di tengah laut bisa jadi pilihan kamu. Berikut ada tiga destinasi wisata gunung di tengah laut yang bisa kamu kunjungi.

  1. Gunung Anak Krakatau
Via AmazingIndonesia.id

Gunung yang secara administratif masuk bagian provinsi Lampung ini terletak di tengah laut Pulau Jawa dan laut Sumatera. Di sekitar Gunung Anak Krakatau terdapat Pulau Subuku Kecil yang memiliki keindahan pantai yang memukau. Mulai dari pasirnya yang putih dan garis pantai yang landai dengan air laut bersih menjadi daya tarik yang memukau dari pulau ini.

Selain itu juga ada Pulau Subuku Besar yang memiliki pemandangan bawah laut yang indah mulai dari ikan dan trumbu karang yang berwarna warni. Destinasi wisata bawah laut ini cocok untuk kamu yang menyukai pemandangan bawah laut.

  1. Gunung Sangiang
Via unsplash.com

Gunung Sangiang adalah gunung berapi yang masih aktif dan masuk dalam kawasan konservasi. Tinggi gunung ini berkisar 1986 meter di atas permukaan laut (MDPL) sehingga kita bisa melihat keindahan laut dari puncaknya. Di samping keindahannya yang memukau di puncaknya,  gunung ini juga memiliki banyak keindahan pulau di sekitarnya.

Kamu akan menemukan keindahan Pulau Sangiang dari topografinya yang bergunung-gunung dengan lereng lebih dari 45 derajat di tengah, timur dan utara. Sedangakan di bagian selatan kamu akan menemukan lerang yang lumayan datar di bawah 30 derajat. Penduduk di pulau ini relatif sedikit, di sana kamu hanya akan menemukan beberapa rumah dan biasanya akan ada penduduk pulau seberang yang datang untuk berladang.

  1. Gunung Batu Tara
Via AmazingIndonesia.id

Terakhir kamu akan menemukan pesona Gunung Batu Tara yang memiliki pesona unik yang tak kalah dari gunung lain di tengah laut. Pesona gunung inipun dilengkapi dengan adanya destinasi wisata baru Pulau Lambata. Perlu kamu ketahui, Gunung Batu Tara ini merupakan gunung yang berada di bawah laut dan masih sangat aktif. Kamu akan melihat letupan kecil setiap 20 menit sekali dengan menyemburkan api dan lava yang mengalir ke laut. Justru letusan kecil ini menjadi tontonan menarik di Gunung Batu Tara ini.

Bahkan letupan kecil itu akan lebih menarik jika disaksikan malam hari, tentu dengan jarak aman untuk  melihatnya. Kamu akan melihat langsung fenomena langka semburan api dan lava secara langsung.

Bagaimana, menarik bukan mengunjungi tiga destinasi perjalanan yang tidak biasa ini. menikmati pemandangan gunung berapi di tengah laut dengan gunung yang masih berstatus aktif dengan segala keunikannya.

Leave a Reply