5 Cara Mengatur Keuangan Pria

Tidak semua pria dapat mengatur keuangannya sendiri, apalagi saat masih bujang. Karena hal tersebut, saat kita menikah kelak, urusan keuangan lebih sering dipegang oleh wanita alias istri. Entah bagaimana cara para kaum hawa bisa mengatur pengeluaran, namun kali ini akan kami sajikan 5 Cara Mengatur Keuangan Pria untuk kalian yang belum memiliki sosok wanita yang mengatur urusan tersebut.

Karena hidup ini tidak hanya hari ini dan esok saja, keahlian mengatur pengeluaran sangat dibutuhkan. Pikirkan pula kehidupan di masa mendatang, sebagai pria kita mempunyai tanggung jawab besar dibanding wanita. Memiliki tabungan yang besar pun hal yang tak boleh dilupakan pria.

Supaya keuanganmu di masa kini dan masa mendatang tetap bisa menjamin kehidupan, berikut perhatikan tips-tips mengelola keuangan untuk pria.

1. Membuat simpanan uang darurat

pixabay
Darurat di sini maksudnya uang itu hanya kalian gunakan saat keadaan genting saja. Bila keadaannya tidak genting, jangan pernah gunakan. Tak peduli sebesar apa yang ingin gunakan. Simpanan ini kalian ambil dari gaji. Sisihkan dari 5 sampai 10%, tidak banyak, dan itulah yang namanya simpanan darurat. Jumlah kecil itu tak terlalu memberi pengaruh pada penghasilan, toh nantinya uang itu akan kembali lagi.

Kita tidak tahu kapan keadaan darurat menimpa kita, dan di dunia yang sekarang sudah serba uang ini, kalian harus berjaga-jaga. Setidaknya karena keadaan darurat tersebut, tabungan kalian yang sudah memiliki rencana mau dibawa kemana tidak tersentuh sama sekali.

2. Berpikir dulu sebelum memakai kartu kredit

Siapkah kalian membayar tagihan kartu? Siapkah kalian mendapat potongan beberapa persen dari uang yang ada di kartu? Jika sudah siap, maka silakan membuat kartu kredit.

Kartu kredit memang memudahkan kehidupan kita. Kalian tidak perlu membawa uang cash dalam jumlah yang banyak kemana-mana, namun ingatlah, membuat kartu ktedit berarti Anda setiap waktu yang sudah ditentukan, akan mendapat tagihan atau potongan.

Tapi potongan tersebut tidak sampai menguras habis isi kartu. Bila kartu jarang diisi, apakah terlihat itu baik-baik saja?

3. Melakukan perbandingan harga setiap akan belanjapixabay

Cara mengatur keuangan pria berikutnya ini berurusan dengan istilah hemat menghemat. Saat belanja, pria cenderung tak ambil pusing soal harga dari suatu produk. Mereka jarang membandingkan harga produk atau memilih yang paling murah dari dua produk yang memiliki kualitas sama tapi harga berbeda.

Waktu berbelanja nantinya memang lebih lama, tapi itulah cara berhemat bila ingin mengurangi pengeluaran. Tapi sehemat apapun kalian, sadari juga posisi barang yang dijual murah karena kualitas buruk dengan barang dengan harga yang sepadan dengan kualitas. Jangan karena berhemat, malah menomor sekiankan kualitas, bagaimanpun juga kualitas itu penting.

4. Memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan

Entah itu pria ataupun wanita, tips ini berlaku untuk semua insan di bumi. Kadang kita merasa begitu tergoda dengan barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Hanya atas dasar ‘ingin’, orang-orang seketika gagal mengatur pengeluaran keuangannya.

Kalian akan lebih paham soal konsep ini saat sudah memiliki keluarga dan anak. Cobalah posisikan dirimu sebagai ayah yang menghadapi anak saat ia merengek ingin membeli mainan yang sudah ia miliki di rumah. Perlakukanlah dirimu seperti itu.

5. Menabung

Selanjutnya yang tidak boleh ketinggalan adalah menabung. Selalu sisihkan uang dari penghasilan kalian ke celengan atau buku tabungan di bank. Tapi sebenarnya menurut saya istilah menabung ini terlalu kuno untuk dilakukan para pria. Alangkah lebih baik bila uangnya dijadikan investasi, atau pembukaan usaha baru. Buat uang kalian memutar supaya penghasilan terus datang dan datang.

Namun bila kalian ingin menabung, itu tidak salah. Semua orang yang hidup punya tabungannya sendiri, anak kecil saja punya. Kalian juga tidak boleh ketinggalan.

Leave a Reply