7 Kiat Orang Sukses Memaksimalkan Produktivitas Mereka

Agama Kristen mengenal 7 buah dosa dan salah satunya adalah malas. Seperti yang kita ketahui serta sadari, sifat malas ada dalam diri siapapun termasuk orang-orang yang sudah sukses di luar sana.

Lalu bagaimana cara mereka melawan sifat tersebut dan berubah menjadi orang yang rajin, disiplin serta produktif? Tentunya hal ini bukanlah perkara mudah, apalagi bagi freelance, entrepreneur, dan digital nomad yang jam kerjanya jauh lebih fleksibel dibanding dengan pegawai negeri sipil atau karyawan di suatu perusahaan.

Nah, berikut 7 kiat orang sukses untuk memaksimalkan produktivitas mereka.

Kamu Harus Punya Tujuan yang Besar

Tujuan adalah kunci sukses. Ketika kita menciptakan goal, kita akan melangkah di jalan yang benar meskipun jalanan tersebut penuh tikungan dan tanjakan yang curam. Rasa malas tersebut akan bisa kita atasi jika setiap kali kita terbangun, kita ingat apa tujuan hidup kita, apa saja hal-hal besar yang ingin kita capai. Karena kemalasan tersebut tidak bisa dibandingkan dengan cita-cita mulia kita.

Buat Jadwal Apa Saja yang Ingin Kamu Lakukan Hari ini

Paling ideal adalah jika jadwal ini kamu buat sebelum tidur, setelah bangun kamu tinggal membuka ulang jadwal yang malam sebelumnya kamu buat dan mengikutinya. Pada malam harinya lagi, kamu bisa mereview kenapa kamu bisa gagal mencapai target yang sudah kamu tulis.

Fokus Terhadap Jadwal yang Sudah Kamu Buat

Hal yang paling sulit adalah menjalankan apa yang sudah kamu tulis, tetapkan, dan rencanakan. Ada banyak teknik agar kita fokus terhadap pekerjaan yang kita lakukan. Teknik-teknik tersebut bisa kita adaptasikan dalam pekerjaan kita sehari-hari.

Memang mengerjakan hal-hal teknis seperti ini tampaknya  sepele dan membosankan, tetapi ide-ide besar kita baru bisa terealisasi jika kita mengerjakan hal teknis tersebut.

Pada akhirnya ketika kita bisa mengerjakan rutinitas sehari-hari dengan sukses, tujuan yang sebenarnya, tahu-tahu sudah kita capai dan ada di genggaman tangan kita tanpa kita sadari.

Tidur yang Cukup dan Bangun Lebih Awal

Ketika kita memulai waktu lebih awal, maka kita bisa melakukan banyak hal dan mencapai target lebih banyak dari yang awalnya kita tetapkan dan ekspektasikan.

Makan yang Bergizi dan Jaga Kesehatan

Sebagai seorang workaholic aset terpenting selain pikiran kita adalah tubuh kita, jika salah satunya terganggu maka keseimbangan diri kita pun akan terganggu maka dari itu penting sekali memperhatikan pola makan serta kesehatan tubuh kita.

Bekerja keras sampai melebihi batas maksimal boleh, tetapi jangan korbankan kesehatan kita, karena jika kita sakit semua yang sudah kita bangun akan terganggu.

Selalu Lakukan Evaluasi Terhadap Dirimu

Tentu kamu punya ekspektasi terhadap dirimu dan pekerjaanmu dan sudah menetapkan standard yang jelas. Tetapi tanpa suatu evaluasi kita tentunya tidak bisa mengukur, kita sudah sampai dititik mana? Apakah sudah mencapai titik yang kita inginkan dan merasa puas terhadap pencapaian tersebut? Untuk itulah perlu diadakannya evaluasi entah itu harian, mingguan, bulanan, ataupun tahunan. Jadikan itu suatu kebiasaan lalu mulai kita telaah faktor-faktor apa saja yang membuat kita gagal dan berhasil, dan bagaimana cara mengatasinya.

Jika Gagal Melakukan Tips di Atas, Ulangi Terus

Orang sukses adalah orang yang tidak takut gagal, mereka juga manusia biasanya yang sehari-harinya menghadapi hal bernama kemalasan. Tetapi mereka tahu mereka harus terus mendisiplinkan diri agar target-target hidup mereka tercapai.

Leave a Reply