7 Tips Melakukan Presentasi

Sebagai siswa SMA maupun mahasiswa, atau karyawan, kamu pasti pernah melakukan presentasi. Entah apakah itu presentasi kelompok ataupun presentasi seorang diri. Tapi, seringkali saat berbicara di depan orang banyak membuat kita gugup karena takut terjadi kesalahan. Untuk mengatasi rasa gugup itu, ada 7 tips yang bisa kamu lakukan, lho.

  1. Menguasai Materi Presentasi

Sebelum melakukan presentasi, kita harus membaca dan memahami terlebih dahulu isi dari materi presentasi tersebut. Dengan memahami materinya, kita akan lebih mudah dan lancar dalam melakukan presentasi. Kita juga tidak perlu terus menerus melihat layar di power point presentasi karena secara garis besar kita sudah mengetahui topik yang akan disampaikan.

  1. Bersikap Rileks, Percaya Diri, dan Profesional

Saat presentasi dengan sikap santai, dan percaya diri maka audience menjadi yakin bahwa informasi yang kita sampaikan itu benar sehingga kita mendapatkan hal positif bahwa presentasi tersebut baik. Begitupun, kita harus bersikap profesional saat presentasi yakni dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan audience dengan lugas.

  1. Menguasai Peralatan Presentasi

Saat melakukan presentasi, biasanya kita harus menggunakan peralatan elektronik, seperti laptop atau komputer, proyektor, dan biasanya menggunakan remote control. Sebelum memulai presentasi kita harus menguasai alat-alat yang kita gunakan untuk presentasi terlebih dahulu.

Jadi, jika saat presentasi kita melakukan kesalahan teknis, kita tidak gugup dan bingung di depan. Karena kita sudah menguasai kesalahan yang mungkin tejadi ketika kita menggunakan alat tersebut.

  1. Berpakaian yang rapi dan sopan

Saat melakukan presentasi, kita harus menggunakan pakaian yang rapi dan sopan agar saat dilihat audiens mempunyai peran yang baik dan rapi saat melakukan presentasi.

  1. Melakukan pembukaan dan penutupan presentasi dengan baik

Saat melakukan pembukaan presentasi, harus kita lakukan dengan baik dan menarik didengar oleh audiens. Karena biasanya banyak orang yang jika awalnya dibawakan dengan baik akan tertarik mendengarkan materi presentasi tersebut. Tapi jika pembukaan presentasi yang kita bawakan sudah membosankan maka audiens akan merasa malas untuk mendengarkan presentasi tersebut.

Saat melakukan penutupan presentasi kita juga harus membawakan dengan baik dan murah senyum agar tetap mendapatkan kesan yang baik dari para audiens.

  1. Mempresentasikan dengan bahasa yang baik, singkat, dan lugas

Audience pasti akan sangat bosan jika presentasi yang didengar atau dilihat tersebut dengan bertele-tele dan slide dari power point sangat panjang. Maka audience akan sangat bosan mendengarkan.

  1. Fokus terhadap materi yang diperlukan oleh audience

Saat menyampaikan materi presentasi kita harus menjelaskan materi tersebut sesuai dengan topik judul yang kita bahas. Bukan menjelaskan ke hal lain yang tidak ada kaitannya dengan topik yang kita bahas.

Semua penjelasan di atas adalah sebuah tips melakukan presentasi agar presentasi yang kita lakukan lebih baik dari sebelumnya. Apakah kamu berminat untuk mencoba tips ini?

Leave a Reply