5 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula

Apakah Anda pengusaha pemula? Lebih baik ketahui 5 kesalahan fatal pengusaha pemula ini supaya Anda tak terjerumus pada kesalahan ini. Agar terhindar dari yang namanya kesalahan, Anda harus tahu apa saja kesalahan itu.

1. Tidak berani memulai, terlalu banyak teori tapi action kurang

Terlalu banyak belajar sampai untuk praktik pun tak ada waktu. Pengusaha pemula itu terlalu takut salah, jadinya mereka terus cari apa saja kesalahan itu supaya nantinya tidak terjerumus. Inilah yang menjadi masalah terbesar mengapa pengusaha-pengusaha yang ingin sukses belum juga sukses.

Soal teori, sebetulnya tak bisa disalahkan. Memiliki banyak pengetahuan yang luas pun dapat mempermudah usaha kalian. Tapi Anda juga harus tahu, batas dari pengumpulan informasi itu. Karena kini waktunya kalian buat bersinar.

2. Tidak suka dengan yang namanya proses

pixabay
Mereka selalu saja ingin yang instan. Padahal tak ada pengusaha yang langsung sukses. Mereka meniti karier dari satu anak tangga ke anak tangga lain. Tidak bisa langsung. Jika dipaksakan melangkah, malah nanti bisa membuat kalian jatuh.

Coba sebutkan pengusaha siapa saja yang bisa langsung sukses dalam hitungan hari. Mereka butuh bulan demi bulan atau tahun demi tahun untuk sukses. Jika di awal usaha Anda kalian mendapat hal buruk seperti bisnis tidak berhasil menarik minat pelanggan, maka jangan patah semangat. Atau bisnis Anda laku besar di hari pertama tapi hari kedua sepi, jangan pula patah semangat.

Semua butuh proses, tak ada yang instan. Mie goreng saja butuh proses membeli ke toko, menghidupkan kompor, mendidih air, merebus mie, meniriskan air, menuangkan ke atas piring, mengaduk bumbu, dan baru dimakan.

3. Merasa kalau modal tidaklah cukup

pixabay
5 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula nomor 3 ini sering menggugurkan para pengusaha di tengah laju jalan mereka.
“Ah, modalku tidak cukup, apa aku tutup saja?” atau bahkan ada yang, “Ah, aku miskin. Aku gak bisa.”

Coba lihat para pengusaha yang sudah sukses sekarang. Seperti Jack Ma atau Ingvar Kampard? Apakah mereka terlahir dari orang yang kaya atau memulai bisnis dengan modal besar?

Terlebih lagi Ingvar Kampard, yaitu pendiri IKEA, perabotan rumah tangga yang kini sudah begitu tekenal di dunia. Dulunya dia itu hanya seorang anak yang jualan korek api. Namun keterbatasan biaya tak membuatnya untuk menahan bisnisnya saat itu.

Ia berhutang kepada temannya. Uangnya digunakan untuk membuka bisnis perabaton rumah, ia hanya menjual perabotan sedikit, paling hanya satu-dua. Tapi karea kelihaiannya memutar uang, ia membeli lagi bahan baku menggunakan uang hasil dari penjualan barang-barang pertamanya itu, terus diputar dan diputar hingga kini tersebarlah toko-toko IKEA di puluhan negara-negara yang juga termasuk Indonesia.

4. Ingin untung banyak

Kesalahan fatal pengusaha pemula berikutnya ini sungguh berhubungan dengan sifat rakus manusia. Ingin keluar modal kecil, tapi pengin untung yang banyak.

Jangan pikirkan soal untung dulu. Kalian masih pemula, yang Anda pikirkan itu membangung brand kalian supaya dikenal masyarakat luas.

5. Peduli dengan konsumen

pixabay
Merupakan lanjutan dari poin keempat, jangan pedulikan dulu soal untung. Pedulikan konsumen kalian.
Apakah mereka suka dengan produk kalian atau mereka tidak suka?

Cari juga konsumen yang banyak. Jangan cepat puas hanya karena memiliki satu konsumen. Terus cari konsumen Anda, cari sampai jumlahnya lebih dari satu, atau 10, atau 100, atau jutaan.

Soal keuntungan nantinya juga menyusul bila konsumen kalian banyak. Anda pun harus sadar, tanpa konsumen, bisnis kalian bukan apa-apa. Jaga perilaku, ramahlah pada konsumen, teruslah beriklan, buat konsumen kenal dengan kalian.

5 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula di atas hanya beberapa saja. Masih banyak kesalahan pengusaha pemula lain, seperti lebih cepat puas, gagal sekali langsung menyerah, gagakl dua kali langsung menyerah, gagal tiga kali langsung menyerah, gagal berkali-kali … langsung putus asa.

Leave a Reply