7 Tips Pernikahan Sederhana tetapi Berkesan

Sebagian besar orang menganggap pernikahan sebagai salah satu momen terpenting di kehidupan. Oleh karena itu, mereka tidak segan-segan mengeluarkan uang yang cukup besar untuk acara bersejarah ini. Semakin ke sini biaya pernikahan pun semakin mahal. Karena cukup mahal, beberapa pasangan bahkan menunda pernikahan sampai mendapatkan uang yang cukup besar untuk menggelar acara pernikahan.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menghemat biaya pernikahan. Jangan salah, walaupun tidak mewah, pernikahan akan tetap berkesan jika kamu tau cara mempersiapkannya. Berikut adalah caranya:

  1. Membatasi jumlah tamu yang hadir
Via Pixabay

Memang sangat senang apabila kita bisa mengundang semua orang yang kita kenal di hari bahagia kita. Tetapi jumlah tamu yang kita undang akan sangat mempengaruhi biaya yang harus kita keluarkan. Oleh karena itu, demi mengehemat biaya, pilihlah hanya teman-teman dan kerabat terdekat. Sebagai contoh, misalkan kamu ingin mengundang 500 orang dengan harga catering per orangnya Rp 50.000, kamu harus mengeluarkan uang Rp 20 juta. Jika kamu kurangi menjadi 250 orang, maka kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp 12,5 juta, kamu bisa menghemat pengeluaran sebesar Rp 12,5 juta.

  1. Membuat undangan elektronik
Via pixabay

Di era digital, sebagian besar pekerjaan berubah menjadi bentuk digital. Kamu dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk membuat undangan. Buatlah undangan dalam bentuk digital, jika merasa kesulitan mintalah teman yang mempunyai kemampuan desain untuk membantumu. Undangan yang telah selesai dibuat dapat kamu kirim melalui online. Kamu dapat mengirim undangan tersebut melalui e-mail atau aplikasi messenger seperti WhatsApp, line atau telegram. Daripada budget-mu terbuang untuk undangan yang hanya dipakai sekali kemudian dibuang, lebih baik uangmu dipergunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat.

  1. Mengatur sendiri

Daripada menggunakan wedding organizer untuk mengurus pernikahanmu, lebih baik kamu mengurusnya sendiri. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk wedding organizer cukup besar yakni belasan hingga puluhan juta hanya untuk wedding organizer. Jika kamu kerepotan mengurusnya sendiri, kamu dapat meminta bantuan para bridemaids, teman atau keluargamu yang tidak sedang sibuk.

  1. Memakai jasa teman

Kamu mempunyai teman seorang MC, photographer, videographer, make up artist atau perancang busana? Jangan ragu untuk meminta bantuan mereka. Selain lebih nyaman karena sudah saling mengenal kamu juga bisa meminta ‘harga teman’ sehingga kamu bisa lebih hemat. Untuk mengisi acara, kamu dapat meminta tolong teman atau saudaramu yang pandai bernyanyi atau bermain musik.

  1. Pemilihan lokasi dan waktu pernikahan

Sekarang ini biaya sewa gedung pernikahan semakin mahal. Untuk menghematnya, kamu dapat mengadakan pesta di luar ruangan atau dikenal dengan outdoor. Kamu dapat menggunakan lahan kosong seperti lapangan, kebun atau halaman rumah. Pesta yang diadakan outdoor selain lebih istimewa juga akan lebih hangat. Untuk waktu pesta, kamu dapat memilih sore hari. Saat sore hari, orang biasanya sudah makan siang dan belum terlalu lapar untuk makan malam. Sehingga kamu tidak perlu menyediakan makan besar terlalu banyak, cukup sediakan camilan.

  1. Dekor tempat sendiri
Via unsplash

Untuk dekorasi pesta, tidak perlu terlalu ramai karena akan memberikan kesan norak. Cukup beberapa dekorasi yang menarik, kamu bisa membuat dekor pestamu menjadi cantik. Sebagai referensi, kamu dapat melihat dekorasi pesta pernikahan di internet baik melalui goggle maupun beberapa aplikasi jejaring sosial seperti pinterest. Dengan mendekorasi sendiri, hasil dekorasi akan lebih sesuai dengan yang kamu inginkan.

  1. Ganti pakaian seragam dengan warna seragam

Tidak jarang biaya pesta pernikahan menjadi membengkak gara-gara membeli pakaian seragam untuk keluarga terutama untuk kamu yang berada di keluarga besar. Tapi tenang saja, hal ini bisa diakali kok. Kamu cukup meminta keluargamu untuk memakai warna yang senada, sebagai contoh biru, putih, merah atau biru–putih. Untuk menandai keluarga, kamu bisa memberikan bros bunga atau korsase.

Apabila kamu tetap ingin membuat pakaian seragam, kamu mencari wedding organizer yang mau diajak  kerja sama untuk bikin-sewa seragam. Kamu dapat membuat pakaian seragam sesuai keinginanmu lalu baju tersebut nantinya diserahkan ke pihak WO untuk disewakan ke orang lain yang ingin menikah. Dengan cara ini kamu dapat menghemat pengeluaran dengan penghematan sekitar 50% dari total biaya pembuatan baju dari kain hingga selesai.

Demikianlah tips untuk menghemat pengeluaran pernikahan. Semoga bermanfaat dan semoga diberi kelancaran bagi kamu yang sedang mempersiapkan pernikahan 🙂

Leave a Reply