5 Tempat Wisata Menarik di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Jakarta adalah kota yang bisa dikatakan hampir semuanya ada. Dari kuliner, wisata, maupun tempat yang horor. Jika kebanyakan orang membahas mengenai wisata kuliner di Jakarta, maka pada artikel ini akan membahas tentang 5 tempat yang menjadi rekomendasi wisata horror di Jakarta.

  1. Taman Langsat
Via pixabay

Taman Langsat berada di jalan Barito Rt 3 Rw 1, Kramat Pela, Kebayoran Baru. Lebih tepatnya terletak di belakang pasar burung Barito. Taman Langsat memang seeing terlihat sepi bahkan di siang hari. Fasilitas taman ini cukup nyaman dan asri karena banyak pohon rimbun. Juga terdapat jogging track yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Meski begitu, tampaknya tidak terlalu dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Konon menurut warga sekitar dan pedagang burung Barito, sering terlihat penampakan mahluk halus di sekitar pohon di taman tersebut. Ditambah dengan penerangan yang minim membuat suasana semakin tampak menyeramkan.

  1. Museum Taman Prasasti
Via unsplash.com

Museum Taman Prasasti merupakan tempat pemakaman yang menyimpan nisan kuno dari jaman Hindia Belanda. Dulu sebelum menjadi museum, tempat ini merupakan tempat pemakaman umum yang bernama Kebon Jahe Kober yang kemudian dialih fungsi menjadi museum.

Dari awal masuk museum ini suasananya memang sudah terasa suram. Berdasarkan pengalaman saya yang sudah beberapa Kali berkunjung ke sana memang sepi hanya terdapat nisan makam dan payung patung malaikat atau yang disebut dengan Cherub.

Walaupun image yang ingin ditampilkan untuk tidak menyeramkan, tapi berdasarkan pengakuan penjaga yang bercerita kepada saya tentang adanya mahluk halus yang ada di lingkungan museum. Museum tutup pada pukul 15.00 sore, saat siang saja suasana sepi apalagi pada waktu petang membuat nuansa seram membuatnya ekstra horor.

  1. Museum Wayang
Via pixabay

Museum Wayang merupakan bagian dari kumpulan museum yang ada di Kota Tua. Dulunya merupakan Gereja bernama De Oude Hollandsche Kerk. Di tempat ini pula terdapat makam Gubernur Jendral ke 4 yaitu Jan Pieterszoon Coen.

Museum ini memiliki fenomena yang menarik bagi para pemberani dan pencinta hal yang berbau horor. Menurut penjaga museum, sering terjadi kejanggalan yang terjadi dari mulai wayang yang bergerak sendiri hingga wayang yang sulit dipindahkan karena berat seperti diisi oleh ‘sesuatu’.

Jadi Museum Wayang bisa menjadi salah satu tempat wisata yang bisa dijadikan tempat uji nyali buat yang ingin menikmati Halloween.

  1. Lubang Buaya
Via unsplash

Siapa yang tidak tahu tentang Lubang Buaya? Tempat yang menjadi sejarah kelam bangsa Indonesia. Tempat ini dikenal tempat pembantaian para petinggi TNI dan satu Ajudan yang kini disebut dengan pahlawan Revolusi.

Dari berbagai cerita mengatakan bahwa sering terdengar suara-suara berasal dari tempat ini. Belum lagi berbagai patung yang menggambarkan adegan reka ulang penyiksaan terhadap para jendral, pastinya membuat rasa merinding.

  1. Toko Merah
via indonesia heritage

Dari sekian banyak bangunan yang ada di Kota Tua, terdapat bangunan yang diberi nama Toko Merah. Toko Merah merupakan tempat tinggal seorang petinggi VOC yang mencetuskan pembantaian orang-orang China yang tinggal di Batavia. Setelah itu beralih fungsi menjadi pertokoan yang dihuni oleh warga Tionghoa. Bangunan ini telah berusia 3 abad, dan masih berdiri hingga sekarang.

Sesuai dengan namanya, Toko Merah, semua dinding berwarna merah dan gaya arsitektur mengambil gaya Tionghoa. Berdasarkan sejarah, tempat ini mejadi saksi bisu aksi pembantaian kaum Tionghoa yang menghabisi ribuan nyawa. Bukan itu saja, tempat ini juga dijadikan tempat penyiksaan para gadis. Dari sejarah inilah, Toko Merah menjadi tempat yang bisa dikatakan horor. Banyak penampakan dan suara suara yang berasal dari bangunan ini.

Leave a Reply