5 Tips Sehat Walau Sibuk Bekerja

Bekerja adalah salah satu cara untuk bertahan hidup. Namun ada pula yang terbunuh karena pekerjaannya sendiri. Tak lain disebabkan oleh dirinya sendiri yang tidak memperhatikan kesehatannya. 5 Tips Sehat Walau Sibuk bekerja ini penting kalian sadari.

Uang memang ‘segalanya’ untuk hidup, namun apalah gunanya uang melimpah jika tubuh sakit-sakitan. Dan berikut ini adalah beberapa tips untuk Anda supaya tetap sehat di tengah kesibukan kalian.

1. Rutin minum air putih

Via unsplash.com

Dalam sehari, minimal minum air putih adalah 8 gelas. Seperti anjuran dokter yang sudah sering kita dengar selama ini. Saat Anda merasa kekurangan air, tanda-tandanya akan terasa dengan kepala kalian terasa sakit.
Seperti pusing, tapi tidak pusing. Gejala itu pertanda kalau Anda kekurangan air putih.

Hal seperti itu rasanya pasti mengganggu, selain mengganggu, kurang air putih bisa membuat konsentrasi buyar. Apalagi buat Anda yang pekerjaannya lebih sering duduk dan jarang bergerak. Air putih harus tetap tersedia di meja kerja Anda.

2. Tidur yang cukup

Anda kerja 8 jam dalam sehari, katakanlah seperti itu. Dari pagi hingga sore, dan waktu malam digunakan istirahat. Dan Anda dalam sehari memang harus kerja selama 8 jam. Jangan curi-curi waktu dengan bekerja di malam hari juga, lalu mengambil waktu tidur kalian sebagai waktu lembur buat pekerjaan.

Lalu kapan waktu yang tepat jika bukan malam? Apalagi saat deadline sudah menanti. Jawabannya adalah waktu pagi hari. Anda bisa tidur dari jam 8 lalu bangun jam 3 kemudian meneruskan pekerjaan Anda. Dan dilanjut sampai matahari muncul.

Yang penting Anda tidur malam hari! Jangan tidur saat menjelang pagi. Itu tidak sehat. Lagipula waktunya sama juga bukan? Pun bekerja di pagi hari pikiran jauh lebih fresh. Ini cara terbaik buat mengganti waktu bekerja saat malam hari. Kecuali bila Anda sejatinya malas bangun pagi.

3. Usahakan untuk tetap selalu bergerak

Via unsplash.com

Tips yang ketiga ini pastinya tak sulit Anda lakukan. Sesekali ambillah air di dapur tempat kerja kalian, jalan-jalan ke mesin foto kopi, berdiri setelah duduk terlalu lama, saat kerja usahakan juga menggunakan tangga dibanding dengan lift, dan pergerakan-pergerakan lain.

Tidak berat, tapi hal-hal kecil semacam itu berdampak besar buat kalian. Kelak, Anda tak akan sadar dengan kebiasaan kecil seperti itu membawakan kalian pada hidup yang lebih sehat. Atau sebelum tidur dan setelah bangun tidur, lakukan peregangan. Lari-lari kecil, olahraga ringan, cari keringat, kemudian baru berangkat kerja.

4. Jangan kerja selama 7 hari penuh

Satu minggu terdapat tujuh hari. Normalnya kalian hanya bekerja selama 5 hari, tapi tak sedikit juga yang kerjanya seminggu 6 kali. Tapi yang penting, Anda jangan kerja selama 1 minggu penuh.

Sesibuk-sibuknya kalian, usahakanlah untuk mencari hari libur. Saat liburan tersebut, kalian dapat mengistirahatkan otak, mencari hiburan, menyegarkan pikiran, atau mencari semangat baru karena siapa tahu Anda merasa bosan dengan pekerjaan kalian.

5. Hindari junk food dan makanan tidak sehat lainnya

Via unsplash.com

Sumber penyakit itu ada di usus kalian, apa yang masuk ke mulut Anda, adalah pertarungan hidup dan mati Anda buat ke depannya. Dampaknya memang tidak bisa dilihat sekarang, namun bagaimana dengan masa depan?

Hidup atau mati memang tidak ada di tangan manusia. Tapi yang namanya sakit itu tidak enak. Meski Anda ditakdirkan mati pada waktu sekian, setidaknya buat diri Anda tidak merasakan rasa sakit yang lebih parah hanya karena Anda malas menjaga pola hidup sehat.

5 Tips Sehat Walau Sibuk ini sebenarnya hanya sebagian dari jutaan tips sehat yang tersebar di dunia kita.
Semoga dengan ini Anda sadar, kalau sibuk pun tetap ada hak buat kalian menjaga diri dan menjadi sehat.

Leave a Reply