5 Museum Terkeren yang berada di Indonesia

Museum adalah gedung atau tempat yang berfungi untuk mengumpulkan, merawat, mengamankan serta memamerkan benda-benda seni dan bersejarah yang merupakan kekayaan budaya bangsa. Museum dibuka untuk masyarakat umum sehingga siapa saja bisa berkunjung ke museum. Tetapi banyak orang yang menganggap bahwa museum adalah destinasi yang membosankan. Padahal banyak hal menarik yang didapat dari berkunjung di sana.

Berikut museum terkeren di Indonesia yang menarik untuk dkujungi:

  1. Museum Angkut, Malang
via nahwa travel

Museum Angkut berlokasi di Jl. Terusan Sultan Agung Atas No. 2, Kota Batu, Jawa Timur. Luas museum ini sekitar 3,8 hektar. Museum Angkut merupakan museum transportasi modern yang memamerkan berbagai jenis angkutan mulai dari angkutan tradisional hingga angkutan modern. Koleksi angkutan yang ada di museum ini berasal dari dalam negeri maupun luar negeri dengan total lebih dari 300 jenis angkutan.

Museum Angkut terbagi menjadi beberapa zona, antara lain: Zona Edukasi, Zona Sunda Kelapa dan Batavia, Zona Jepang, Zona Uni Eropa, Zona Hollywood, dan Zona Gangster & Broadway. Selain itu, terdapat pula Museum D’Topeng yang menampilkan 2.000 koleksi topeng yang berasa dari berbagai daerah di Indonesia. Ada pula pasar apung yang menjual berbagai jenis makanan khas nusantara. Disebut pasar apung karena pasar tersebut berada di atas perahu yang mengapung.

  1. Museum Batik Danar Hadi, Solo
via amazingidnoensia.id

Museum Batik Danar Hadi didirikan karena keinginan H. Santosa Doellah untuk melestarikan budaya batik. Museum ini berlokasi di Jalan Slamet Riyadi, Solo. Museum ini mempunyai banyak koleksi batik dari seluruh nusantara bahkan batik dari zaman penjajahan Belanda dan Jepang.

Batik-batik yang terdapat di museum ini sangat indah dan menarik. Selain menikmati keindahan corak batik, kita juga dapat menikmati keindahan arsitektur bangunan khas Jawa yang berada di samping museum yang bernama Ndalem Wuryaningratan. Bangunan ini dulunya merupakan tempat tinggal Pangeran Wuryaningrat, menantu Susuhan Pakubuwono X.

  1. Neka Art Museum, Bali
Via travelia

Neka Art Museum terletak di Jalan Raya Campuhan, Kedewatan, Ubud, Bali. Nama museum ini berasal dari nama seorang guru yang gemar mengkoleksi lukisan. Nama guru tersebut adalah Suteja Neka. Museum ini berasitektur khas Bali. Museum ini sangat terawat. Koleksi museum ini lebih dari 300 lukisan baik dari pelukis Indonesia maupun pelukis luar negeri. Pemajangan lukisan sangat rapi dan dipajang berdasarkan tema, gaya dan prestasi seniman.

  1. Museum Ullen Sentalu, Yogyakarta
Via travelia

Museum Ullen Sentalu adalah museum yang menampilkan kebudayaan Jawa peninggalan Kerajaaan Mataram. Museum ini terletak di Jalan Boyong, Kaliurang, Yogyakarta. Dari kota Yogyakarta ke museum ini sekitar 30-45 menit berkendara. Museum ini terbagi menjadi beberapa ruangan, antara lain: Ruang Seni dan Gamelan yang memamerkan koleksi gamelan, Guwa Selo Giri yang menampilkan lukisan tokoh-tokoh Dinasti Mataram, Ruang Syair, dan Ruang Sasana Sekar Buwana.

Usai berkeliling museum, kamu dapat menikmati berbagai makanan lezat di restoran Beukenhof. Restoran tersebut berarsitektur gothic. Harga tiket masuk ke museum ini bagi pengunjung domestik adalah Rp 40.000 untuk dewasa dan Rp 20.000 untuk anak berusia 5 sampai 16 tahun. Bagi pengunjung internasional adalah Rp 60.000 untuk dewasa dan Rp 40.000 untuk anak berusia 5 sampai 16 tahun.

  1. Museum Seni Agung Rai, Bali
Via amazingindonesia.id

Agung Rai Museum of Art (ARMA) merupakan museum seni yang menampilkan berbagai jenis lukisan karya pelukis ternama baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Museum ini berlokasi di Jalan Pengosekan, Ubud, Gianyar, Bali dengan luas sekitar 5 hektar. Dari kota Denpasar ke tempat ini sekitar 35 menit perjalanan berkendara.

Yang menjadi daya tarik museum Museum Seni Agung Rai adalah desain kebun yang bernuansa Bali. Kamu juga dapat melihat tanaman anggrek yang tertata dengan rapi. Fasilitas lain yang terdapat di museum ini adalah tempat pertunjukkan yang sering mengadakan berbagai pertunjukan seni musik dan teater, seminar budaya dan seni, ruang baca, toko buku, dan kafe.

Dari kelima museum di atas, museum yang mana menurutmu yang paling bagus dan menarik? Atau kamu punya rekomendasi museum selain yang disebutkan di atas? Bagikan di kolom komentar ya.

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari Amelia Hadiwinata. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply