Para Wirausaha Muda Mandiri Belajar Memaksimalkan Linkedin

Dengan perkembangan dunia digital yang semakin berkembang, membuat perilaku penggunanya juga berubah. Menurut data yang dikeluarkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2018, terdapat 143 juta jiwa. Artinya lebih dari setengah penduduk di Indonesia telah menggunakan internet.

Internet sudah menjadi salah satu hal yang ‘penting’ bagi masyarakat, terlebih lagi di kota-kota besar di Indonesia. Bisa dikatakan, aktivitas masyarakat sebagian besar dihabiskan di internet.

Dengan melihat jumlah pengguna internet di Indonesia tersebut, saat ini hampir semua aktivitas bisa dilakukan melalui internet. Misalnya ojek online, pesan makanan melalui online, dan lain sebagainya.

Aktivitas lain yang saat ini sering dilakukan adalah mencari pekerjaan melalui internet. Saat ini banyak pencari kerja maupun perusahaan banyak yang membuka lowongan kerja di internet.

Salah satu platform yang paling besar dan favorit adalah Linkedin. Linkedin merupakan jejaring sosial yang mememiliki konsep unik, yakni sebagian besar penggunanya adalah profesional yang mempunyai latar belakang bisnis.

Seperti jejaring sosial lainnya, Linkedin sering dijadikan media untuk memperkenalkan diri maupun bisnisnya ke calon kolega dan perusahaan. Oleh karena itu, bagi pebisnis atau pegusaha, Linkedin sangat penting dan harus dimiliki oleh pengusaha.

Oleh karena itu, para Wirausaha Muda Mandiri juga mendapatkan pelatihan mengenai “Memaksimalkan Linkedin” pada 20 Februari 2019 di Mandiri Inkubator Bisnis. Program pelatihan ini merupakan rangkaian Pembinaan Bisnis Mandiri 2019. Materi Linkedin ini diberikan oleh Coach Robbin Muliadi dari Action Coach Jakarta.

Menurut Coach Robbin, untuk mengmembangkan bisnis seorang pengusaha harus melebarkan jaringan baik di offline maupun online. Jaringan online, salah satunya melalui Linkedin.

Di pelatihan ini, para Wirausaha Muda Mandiri selain diberikan materi tentang Linkedin, juga praktik bagaimana membuat akun Linkedin, mencari dan bergabung dengan grup yang sesuai bisnisnya, dan lain sebagainya.

Semoga dengan pembekalan ilmu Linkdein dari Coach Robbin, para Wirausaha Muda Mandiri bisa mengaplikasikan pada bisnisnya.

Leave a Reply