5 Tujuan Wisata Indonesia Selain Bali

Berbicara soal destinasi liburan di Indonesia mungkin orang akan pertama kali merekomendasikan ke Bali. Tapi, tahukah kamu bahwa ternyata selain Bali ada banyak sekali destinasi wisata yang bisa kita kunjungi, lho!

Apalagi semakin majunya industri pariwisata di Indonesia. Membuat Bali tidak lagi menjadi begitu heboh dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. Saat ini sudah banyak sekali daerah-daerah yang berbenah merapihkan sarana prasarana objek wisata, kemudian membuat peluang destinasi wisata baru yang tidak kalah menarik.

Nah, berikut 5 tujuan wisata Indonesai selain Bali yang bisa kamu kunjungi bersama teman-teman kamu saat liburan nanti.

 

BROMO

Sumber: pixabay.com

Destinasi wisata Indonesia selain Bali yang pertama adalah Gunung Bromo. Tempat ini terletak di Jawa Timur, posisinya dekat dengan kota Malang dan diminati oleh para wisatawan khususnya pecinta hiking.

Udara yang dingin dan pemandangan sunrise menjadi sesuatu hal yang paling dinantikan oleh para wisatawan. Menurut mereka melihat pemandangan sunrise dari gunung Bromo membuat ketagihan.

Selain gunung juga terdapat kawah yang sayang sekali jika dilewatkan saat sudah berkunjung ke sini. Selanjutnya juga membentang padang rumput yang luas di arah selatan dari kawah, orang biasa menyebutnya Bukit Teletubbies.

 

RAJA AMPAT

Sumber: pixabay.com

 

Wisata alam selanjutnya adalah Raja Ampat, sebuah objek wisata yang menyimpan eksotisme keindahan bawah laut. Tempat ini menjadi destinasi favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara yang menyukai diving dan snorkeling.

Destinasi bawah laut nan indah ini terletak di daerah Kota Sorong, Papua. Agar bisa sampai ke sini, kamu dapat menggunakan trasnportasi udara sampai di kota Sorong. Selanjutnya setelah sampai, kamu masih harus melanjutkan perjalanan menggunakan kapal feria tau speedboat untuk sampai di Raja Apat. Perkiran waktu tempuh kapal ini kurang lebih empat jam sampai di lokasi.

Perjalanan yang cukup melelahkan dan lama memang, tapi semua itu akan terbayar dengan suasana dan pemandangan Kepulauan Raja Ampat yang sulit untuk dilupakan nantinya.

 

LABUAN BAJO

Selain Papua, Nusa Tenggara Timur juga memiliki wisata alam yang tidak kalah kerennya. Salah satunya adalah Labuan Bajo. Tempat ini awalnya bukanlah sebuah destinasi wisata, melainkan tempat untuk memacing oleh warga sekitar. Namun berjalannya waktu, tempat ini mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan Indonesia dan mancanegara.

via rumahkuliner.files.wordpress.com

Air Terjun Cunca Wulang merupakan salah satu tempat yang cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan. Namun sayang letaknya berada di pedalaman hutan. Kamu perlu memasukinya untuk bisa menemukan air terjun ini.

Kamu juga bisa mengunjungi Pulau Kanawa yang memiliki pasir putih susu dan juga air lautnya berwarna hijau toska, sayang jika sampai terlewatkan.

Satu lagi tempat wisata yang berada dekat dengan Labuan Bajo, yaitu Pulau Komodo. Kamu bisa melihat secara langsung bentuk hewan purba yang masih terus bertahan hingga saat ini. Disana juga terdapat sebuah pantai berwarna merah muda, orang biasa menyebutnya Pink Beach.

 

PULAU BAWEAN

Pulau Bawean berada di Laut Jawa, masih masuk kedalam wilayah Gresik, Jawa Timur. Terdapat banyak sekali tempat-tempat yang menampilkan keindahan alam. Salau satunya yang wajib kamu kunjungi di sekitar Pulau ini adalah Pulau Gili dan Noko.

via beritagresik.com

Dua pulau yang memberikan tempat terbaik untuk melihatnya indahnya lukisan awan saat sunset tiba. Namun sayangnya, saat air laut sedang pasang, pulau ini sulit untuk dikunjungi. Sehingga sebaiknya kamu sudah mencari waktu yang tepat saat hendak ke sini.

 

PANGANDARAN

Sumber: pixabay.com

Sebuah kota yang berada di Jawa Barat ini menyimpan keindahan wisata alam yang sangat memesona. Maka tidak heran jika lokasi ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan domestic dan juga mancanegara.

Pantai Pangandaran menjadi tujuan destinasi liburan yang paling banyak dikunjugin wisatawan. Pantai ini berada dipinggiran pantai Pangandaran dan memiliki pasir halus berwarna putih. Selain menikmati pemandangan pantai, kamu juga bisa berenang disekitar pinggir pantai, karena memang pantai ini tidak memiliki kedalamannya yang curam. Sehingga aman untuk melakukan aktivitas berenang, namun tetap selalu menjaga keselematan diri, yaaa.

Selain pantai, juga terdapat objek wisata lainnya yaitu Green Canyon, sebuah tebing tinggi yang terdapat aliran sungai dibawahnya, terletak di Desa Kertajaya. Tempat ini menjadi lokasi favorit wisatawan yang menyukai body rafting.

 

Itulah tadi, ulasan mengenai lima tujuan wisata Indonesia selain Bali. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat melakukan perjalan wisata. Selamat Berlibur.

Leave a Reply