Nostalgia dengan 8 Jajanan Tradisional yang Sekarang Menjadi Jajanan Kekinian

Apa kamu ingat jajanan tradisional jaman kamu kecil dulu? Ya, mungkin jajanan tersebut sudah terlupakan, atau bahkan sekarang malah jadi jajanan kekinian! Cemilan tradisional khas Indonesia juga tidak kalah rasanya dengan chiki, keripik ataupun cemilan-cemilan kekinian lainnya. Rasa rindu akan nostalgia masa kecil membuat jajanan ini kembali hits di masa sekarang.

Kembalinya jajanan-jajanan tradisional tempo dulu terjadi karena keinginan dan permintaan dari masyarakat. Bukan hanya teknologi yang berkembang, kuliner inipun sekarang ikut diinovasikan dengan rasa-rasa serta penampilan yang unik yang membuat jajanan ini menjadi jajanan kekinian. Bagi pecinta kuliner, semakin unik bentuk penyajiannya, maka semakin menarik untuk dicoba.

Yuk, nostalgia dengan jajanan-jajanan berikut ini!

1. Bola Ubi

Cemilan berbahan dasar ubi ini dulu sangat terkenal dengan kekenyalannya dan rasanya yang manis. Kini, bola ubi dibuat dengan tanpa isi dan menjadi sangat hits. Meski tanpa isi, rasa bola ubi ini tak akan mengecewakan. Apalagi bentuknya yang bulat membuat gemas untuk segera menyantapnya.

2. Kue Cubit

Kue cubit merupakan jajanan yang cukup popula=er di Jakarta dan merupakan campuran susu dan tepung terigu sebagai komponen utamanya. Sesuai dengan namanya, bentuk kue ini membuat kita ingin mencubitnya karena lucu. Di samping itu, rasanya juga enak, dijamin kamu bakal ketagihan.

3. Serabi

Kue ini memiliki pilihan rasa coklat dan original. Sedangkan serabi Bandung memiliki beragam macam rasa maupun cocolannya seperti gula merah, kinca duren, ada yang langsung ditaburkan coklat meses di atasnya dan lain-lain. Tetapi secara keseluruhan, keduanya mirip karena memiliki tekstur yang lembut juga fluffy dengan pinggiran yang tetap garing jika dimakan. Rasanya gurih dan manis, dijamin kamu pasti ketagihan.

4. Martabak

Via unsplash.com

Mulai dari martabak manis hingga martabak telur, dua-duanya kembali hits dengan inovasi rasa yang baru. Bagi kamu pecinta manis, bisa mencoba martabak manis dengan beragam topping dan adonan martabak yang unik seperti red velvet, pandan, nutella, ovomaltine, skippy, stroberi, choco cip, keju, green tea, oreo, dan lain-lain.

Nah kalau kamu lebih suka martabak yang asin atau dikenal sebagai martabak telur, ada satu menu andalan yang membuat martabak ini sangat hits, yaitu martabak telur dengan topping keju mozarella yang asin serta bertekstur lembut dan melted (direkomendasikan untuk makan saat masih panas agar keju tidak kembali memadat).

5. Seblak

Siapa sih yang belum tahu tentang kepedasan seblak? Kamu pasti tahu kan! Makanan Sunda Jawa Barat ini terkenal dengan pedasnya yang menghebohkan akhir-akhir ini. Sekarang, makanan ini kembali hits di berbagai kalangan karena banyaknya penggemar makanan pedas yang semakin meningkat, terutama generasi milenial.

6. Cireng

Makanan khas Sunda yang terbuat dari tepung tapioka ini dulunya hanya salah satu jenis gorengan. Biasanya dimakan dengan saus oncom atau sudah ada isian oncomnya. Sekarang, cireng nggak cuma berisi oncom atau diguyur saus oncom saja. Saat ini sudah banyak yang menjual cireng dengan isian yang beragam kayak sosis, keju, bakso, atau kornet. Selain itu sekarang cireng juga jadi camilan kelas atas karena sudah dimodifikasi dengan lelehan keju mozarella.

7. Pisang Goreng

Via unsplash.com

Nah ini primadonanya gorengan yang selalu bisa kamu nikmati kapanpun. Rasa pisang yang manis bertemu dengan kulit pisang goreng yang crunchy bakal memanjakan lidah kamu deh. Sekarang juga sudah banyak yang memodifikasi menjadi pisang nugget. Belum lagi nugget pisang ini hadir dengan varian topping kekinian. Seperti matcha, red velvet, keju dan coklat.

8. Moci

Via: unsplash.com

Berbahan dasar sama dengan cireng, panganan tradisional yang satu ini juga dibuat kekinian. Pada umumnya moci berisi kacang tumbuk yang masih kasar. Nah kali ini agak berbeda, mochi berisi es krim. Kebayang dong lembut dan manisnya kulit mochi terus ketemu dinginnya es krim yang bakal meleleh ketika kamu menggigitnya. Yummy!

Leave a Reply