5 Tips Mudah Menghemat Uang

Tips Mudah Menghemat Uang

Sebagian besar orang berpendapat bahwa menghemat uang adalah hal yang sulit dilakukan. Sebenarnya kita bisa melakukan hal-hal kecil yang mudah agar bisa menghemat uang. Uang yang tadinya keluar untuk hal tidak perlu, dapat ditabung sehingga dapat dimanfaatkan untuk hal yang lebih penting. Dengan menabung, keuangan kita akan menjadi baik dan masa depan kita akan terjamin. Selain itu, apabila terjadi hal darurat, kita tidak perlu binggung karena telah memiliki uang cadangan.

Berikut 5 cara mudah untuk hidup hemat yang dapat kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari:

Membawa uang secukupnya

Membawa uang secukupnya
Via Pexels.com

Tentukan budget pengeluaranmu untuk jangka waktu tertentu, misalnya budget untuk satu bulan. Usahakan untuk menggunakan uang di bawah budget yang telah ditentukan. Ketika ingin keluar rumah, bawalah uang tunai secukupnya sesuai dengan budget yang telah ditentukan. Hal ini dilakukan untuk menghindari membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Uang dari hasil penghematanmu juga dapat kamu tabung sehingga tabunganmu terus bertambah banyak.

Membawa makanan dari rumah

Sebelum pergi ke suatu tempat, makanlah lebih dulu di rumah. Dengan makan di rumah, kamu akan mengurangi pengeluaran makanmu di luar. Selain itu, jika kamu beraktivitas dengan keadaan perut yang kenyang, kamu akan terhindar dari laper mata sehingga kamu tidak akan beli makanan yang tidak diperlukan. Apabila kamu tidak sempat makan sebelum pergi beraktivitas, pastikan kamu dapat membawa makanan bekal yang dapat kamu makan nanti. Untuk kamu yang terpaksa membeli makanan karena tidak ada makanan di rumah, kamu dapat memilih membeli makanan di warteg atau pedagang di pinggir jalan agar mendapatkan makanan dengan harga yang terjangkau.

Tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan

Buatlah daftar prioritas barang yang ingin kamu beli. Pastikan barang yang dibeli merupakan barang yang dibutuhkan. Kita boleh membeli barang yang diinginkan, tapi pastikan barang itu dapat terpakai buka sekadar ‘laper mata’ yang berujung jadi ‘pajangan’ atau bahkan ‘sampah’. Jadi sebelum membeli sesuatu yang diingkinkan sebaiknya berpikir 2 kali. Jika kamu merasa butuh membeli barang itu, bandingkan harga barang tersebut yang dijual toko lain. Hal ini dilakukan agar kamu dapat memiliki barang dengan uang seminimal mungkin.

Menabung

Menabung
Via Pexels.com

Menyisihkan uang yang dimiliki untuk ditabung merupakan langkah yang tepat untuk menghemat uang. Dengan menabung, kita jadi merasa uang yang ada di tangan kita tidak banyak sehingga kita akan berpikir dua kali sebelum mengeluarkan uang. Menabung selain berupa uang dapat juga berupa saham ataupun emas. Sejak kecil kita sudah diajarkan untuk belajar menabung. Mengapa? Karena menabung banyak sekali manfaatnya. Terbiasa menabung membuat kita menghindari pengeluaran yang tidak perlu. Selain itu, tabungan merupakan bekal untuk masa mendatang. Contoh: suatu hari di masa mendatang kita ingin membeli handphone, kita bisa menggunakan uang tabungan kita.

Mengurangi kebiasaan nongkrong

Tentukan berapa banyak dalam sebulan kamu boleh nongkrong, sebagai contoh maksimal 1-2x dalam sebulan. Dengan mengurangi intensitas nongkrong maka kamu akan sangat menghemat pengeluaranmu.  Karena uang yang dikeluaran untuk hangout cukup besar yang terdiri dari transportasi, makan dan minum. Selain itu, kamu juga akan tergiur untuk membeli barang-barang menarik hati yang mungkin kamu lihat. Apabila kamu sedang tidak hangout di luar, kamu dapat menghabiskan waktu dengan hiburan rumahan seperti menonton tv atau bermain game. Kamu pun dapat memanfaatkan waktu ini untuk mengerjakan tugas, membersihkan dan merapikan rumah atau untuk mengembangkan hobi sehingga kemampuanmu bertambah.

Demikian beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghemat pengeluaran sehingga uang dan tabunganmu dapat menjadi lebih banyak. Dari tips di atas, tips mana yang belum kamu lakukan?

Leave a Reply