Tidak Ada Waktu Olahraga Karena Sibuk Kerja? Yuk, Simak Tips Berikut Ini

Tidak Ada Waktu Olahraga Karena Sibuk Kerja

Apa yang menjadi hambatan kalian dalam melakukan olahraga? waktu? sinar matahari? atau tidak adanya keinginan? Apapun itu, olahraga sangatlah penting untuk tubuh. Memang, salah satu tantangan di era modern ini adalah mengatur waktu menjalani hidup sehat di tengah himpitan rutinitas yang biasanya dirasakan banyak orang di perkotaan. Mulai dari kegiatan sehari-hari di kantor, terjebak kemacetan dari pagi, siang, hingga sore harinya, sampai tekanan pekerjaan yang makin menumpuk untuk segera dituntaskan.

Olahraga sangatlah penting bagi kesehatan tubuh kita, tidak perlu olahraga berat, olahraga ringan pun sudah cukup untuk kamu yang sibuk. Jadi, olahraga harus dan bisa kamu lakukan di tengah berbagai aktivitas sehari-hari; tanpa mesti mengganggu rutinitas pekerjaan.

Orang yang rutin berolahraga ringan, akan mendapatkan manfaat sehat yang nyaris setara dengan orang yang rutin berolahraga berat. Perbedaan signifikan baru terlihat pada mereka yang memiliki gaya hidup pasif, atau nyaris tidak pernah menggerakkan tubuhnya secara aktif. Setelah memiliki niat yang kuat, aktivitas sederhana apapun bisa menjadi kegiatan olahraga yang membakar kalori.

Berikut tips berolahraga bagi kalian yang sibuk bekerja:

Jalan Cepat

Jalan Cepat
via: pixabay.com

Sebelum bersiap-siap berangkat ngantor, kamu bisa mengisi waktu dengan berolahraga. Tak usah yang berat. Berjalan kaki atau brisk walking bisa menjadi pilihan. Lakukan selama sekitar 40 menit. Meski terkesan sederhana, tapi manfaat olahraga ini sudah teruji.

Orang yang bisa memulai harinya dengan berolahraga, khususnya brisk walking, akan memiliki daya tahan saat beraktivitas di kantor. Jika tidak ada waktu di pagi hari, cara olahraga ini bisa kamu lakukan pada sore atau malam hari, sepulang bekerja.

Jika kamu sedang hamil, tak perlu takut untuk mencoba jenis olahraga ini. Seperti dilansir Merdekacom, jalan cepat ini juga bermanfaat untuk Ibu hamil karena mengurangi risiko keguguran. Banyak manfaatnya, kan?

Peregangan di Waktu Senggang

Peragangan di waktu senggang
via: pixabay.com

Duduk seharian di kantor memang membuat tubuh terasa lelah dan pegal. Maka, tak ada salahnya untuk melakukan peregangan saat mendapat waktu luang. Tak usah melakukan gerakan sulit. Seperti dikutip dari situs MetrotvNews, kamu bisa melakukan gerakan sederhana seperti menggerakan otot lengan ke atas, samping, dan belakang selama beberapa saat.

Jika kamu lelah duduk, gerakan itu juga bisa kamu lakukan sembari berdiri. Jangan lupa mengolah napas saat melakukan gerakan ini. Tarik napas sepanjang mungkin, tahan, lalu lepaskan secara perlahan. Dampaknya, tangkapan oksigen paru-paru akan lebih penuh. Tubuh pun kembali bugar. Berat dapat tetap ideal.

Lakukan Aktivitas Sendiri

Melakukan sendiri
via: pixabay.com

Coba deh jangan kamu biasakan meminta tolong kepada orang lain untuk melakukan hal ringan seperti membuat minuman atau menggandakan dokumen. Tidak ada salahnya kan kita melakukan kegiatan itu sendiri, karena terlalu banyak duduk dan menatap layar komputer tak baik juga bagi kesehatan.

Jadi, jika kamu memiliki kesempatan untuk bergerak, maka, bergerak lah! Kegiatan ini bisa membuat tubuh kamu tak kaku karena otot terus terlatih untuk lentur. Aliran darah juga terpacu. Selain itu, banyak aktivitas membuat kalori terbakar. Potensi kelebihan bobot pun bisa dihindarkan. Berat badan ideal yang diidamkan bisa didapatkan.

Jadi, olahraga di tengah kesibukan bekerja bukan perkara mustahil, kan? Intinya adalah niat yang kuat. Dengan begitu, waktu yang terbatas pun tak lagi menjadi halangan. Apakah kamu ingin mencobanya ?

Leave a Reply