Tips Agar Tidak Gegabah Saat Mendapat Gaji Pertama

Gaji pertama  menjadi sebuah hal yang menggiurkan saat kamu baru memasuki dunia kerja. Ketika mendapat gaji, pastilah kamu memiliki rencana untuk merayakannya sebagai hasil dari jerih payah selama sebulan. Namun, banyak dari mereka yang kalap saat mendapat gaji pertama di akhir bulan. Daripada kamu berpikir yang macam-macam, yuk simak tips berikut agar tidak boros saat mendapat gaji pertama kali.

Hindari Berkumpul dengan Teman-Teman Kalapmu

Kurangi Nongkrong
via: pixabay.com

Menjadi anak hits memang tak sesulit yang dibayangkan. Saat mendapat gaji pertama, kamu akan mendapatkan ucapan selamat dari beberapa temanmu. Namun jangan terkecoh, ucapan selamat yang mereka berikan juga memiliki arti terselubung. Percaya deh, teman-teman kumpulmu pasti akan meminta kamu untuk mentraktir mereka. Berani taruhan?

Nah untuk menyiasatinya, pastikan kamu cukup diam saja saat menerima gaji pertama. Tidak usah histeris dan bertingkah seolah-olah kamu menjadi kaya raya. Inget loh, ini baru gaji pertama. Masih ada 30 hari lagi yang akan kamu hadapi dengan gaji tersebut. Jika kamu memang mau merayakan, pastikan bahwa kamu bukanlah orang satu-satunya yang mentraktir mereka.

Jangan Membuka Online Shop

Kurangi Online Shop
via: pixabay.com

Saat mendapat gaji, jangan pernah mencoba untuk berselancar di Online Shop. Percayalah, itu jebakan. Jangan langsung tergiur dengan promo Flash Sale yang ada di sana. Jika kamu memang ingin berbelanja di sana, pastikan bahwa kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut. Bukan belanja karena faktor diskon loh ya.

Kurang-Kurangi Ngopi di Café

Kurangi Ngopi di Kafe
via: pixabay.com

Gaya hidup setiap zaman memang selalu berubah. Saat ini, sudah banyak kafe yang jumlahnya bak jamur di musim hujan. Pastikan bahwa kamu jangan terlalu sering untuk nongkrong di sana. Sesekali tidak apa-apa, tapi jangan setiap hari ya. Usahakan seminggu sekali saja untuk ngopi-ngopi lucu di kafe bersama rekan kerjamu.

Simpan Sebagian untuk Kebutuhan

Simpan uang untuk kebutuhan
via: unsplash

Ketika menerima gaji, cobalah berpikir bahwa itu bukanlah uang yang banyak. Ingat, kamu pasti memiliki kebutuhan di masa mendatang. Entah itu cicilan rumah, uang transportasi, tagihan listrik, ataupun uang makan sehari-hari. Pastikan kamu menghitung kembali kebutuhan bulananmu dengan besaran gaji yang kamu dapat. Jangan sampai gaji kamu tidak bisa memenuhi kebutuhan yang seharusnya akan dibayar.

Sisihkan untuk Keluarga

Sisihkan uang untuk adik
via: pixabay.com

Ini poin terpenting. Ingat, kedua orang tua memiliki jasa yang besar dalam mendidik dan membesarkan kamu. Saat mendapat gaji, coba sisihkan sebagian untuk kedua orang tuamu. Bisa juga untuk adik-adikmu jika kamu menjadi kakak tertua di keluarga. Mungkin sepele, tapi itu akan menjadi sebuah kebahagiaan ketika melihat keluargamu tersenyum menerima bantuan kecil dari hasil jerih payahmu sebulan.

Nah itulah beberapa tips agar kamu tidak kalap saat menerima gaji pertama. Daripada habis sebelum waktunya, yuk pikirkan kembali kebutuhan yang akan kamu lewati. Semoga sukses!

Leave a Reply