Musim Hujan Tiba, Hindari Berlibur ke Tempat Ini

Belakangan ini, hujan terus mengguyur di berbagai wilayah Indonesia. Sebagai negara yang memilki 2 musim, Oktober hingga April memang identik dengan musim hujan. Selagi musim hujan tiba, kamu sebaiknya menghindari liburan ke tempat-tempat tertentu. Selain akan merusak momen, liburan kamu pun akan jauh dari harapan. Bisa jadi, kamu malah jatuh sakit karena memaksa untuk berlibur di musim hujan.

Apa saja tempat-tempat yang sebaiknya tidak dikunjungi saat musim hujan tiba? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

  1. Pantai
Sumber: pixabay.com

Pantai memang menjadi destinasi favorit wisatawan untuk pergi berlibur. Selain melepas kepenatan, pantai juga mampu me-refresh otak yang jenuh akibat bekerja. Namun, saat musim hujan tiba, pantai menjadi tempat berlibur yang sudah sebaiknya dihindari. Suasana hujan dengan angin yang deras akan membuat kamu berpikir dua kali untuk berlibur ke pantai. Memang kamu mau hanyut terbawa ombak yang deras karena angin hujan itu?

  1. Puncak
Sumber: pelancongmerdeka.com

Puncak menjadi salah satu destinasi Bogor yang sering dikunjungi wisatawan. Pemandangan asri dan sejuk di mata ini menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan untuk melepas penat. Namun, kamu harus mengurungkan niat ketika musim hujan tiba. Jalur yang terjal dan rentan macet ini akan membuat kamu bete saat berlibur ke puncak di saat hujan sedang deras-derasnya. Belum lagi kencangnya angin yang membuat suasana makin membeku. Jangan lupa, letaknya yang berada di dataran tinggi juga berisiko longsor loh.

  1. Gunung
Sumber: pixabay.com

Gunung menjadi destinasi favorit wisatawan semenjak adanya film berjudul 5cm. Mendaki gunung seolah menjadi sebuah keharusan, terutama bagi para generasi milenial. Saat seseorang mendaki gunung, wisatawan seolah berpandangan bahwa persahabatan akan lahir saat mereka menjajal sebuah puncak gunung secara bersama-sama. Perjuangan mendaki yang memakan waktu berhari-hari akan terobati saat mencapai puncak gunung. Ya, keindahan mendaki gunung adalah saat kita berhasil menaklukan puncaknya.

Namun mendaki gunung menjadi hal yang berisiko saat musim hujan datang. Derasnya curah hujan mengakibatkan trek pendakian menjadi sangat licin. Selain itu, air hujan tinggi juga akan menimbulkan kabut yang akan menghalangi pandangan ketika tengah mendaki. Jangan lupa, cuaca dingin yang ekstrim akan membuat kamu berpikir dua kali untuk menaiki gunung.

  1. Bumi Perkemahan
Sumber: mounture.com

Bumi perkemahan juga menjadi wisata favorit, terutama bersama keluarga. Mereka bisa berkumpul bersama menikmati suasana alam yang tentunya sangat berbeda ketika di rumah. Suasana kehangatan akan lebih terasa ketika sebuah keluarga besar berlibur di bumi perkemahan. Apalagi ketika menambah api unggun sebagai penghangat saat malam tiba. Luar biasa tentunya.

Namun semua akan sia-sia saat musim hujan tiba. Kehangat seperti itu tidak akan didapat. Yang ada, kamu malah membuat semua keluarga menjadi sakit-sakitan karena kedinginan di dalam tenda. Belum lagi anak-anak yang rewel karena suasana derasnya hujan.

  1. Wahana Air
Sumber: waterkingdom.co.id

Rekreasi air seperti Snowbay, Jungle, Waterboom, dan lain sebagainya juga menjadi pilihan keluarga saat libur tiba. Namun, semua akan tidak menyenangkan saat hujan turun. Bukannya bermain air karena cuaca yang panas, kamu malah akan flu dan meriang jika tetap nekat mendatangi tempat tersebut.

Itulah beberapa tempat yang sebaiknya tidak dikunjungi saat musim hujan tiba. Musim hujan seperti ini lebih baik untuk berdiam di rumah, nonton bersama keluarga, ataupun melakukan kegiatan produktif yang tidak perlu dilakukan di luar rumah. Bener loh, hujan-hujan gini lebih enak tidur di atas kasur. Nikmat, empuk, nyaman tentunya.

Leave a Reply