Hindari 7 Hal Berikut, Agar Travelingmu Nyaman

Tahun baru, lembaran baru, dan tentunya rencana baru. Nah, untuk persoalan rencana traveling, sudah menyiapkan berapa banyak tujuan wisata yang ingin kamu kunjungi tahun ini? Wah pasti banyak. Agar traveling nyaman, pastikan kamu menyiapkan berbagai kebutuhan dengan matang dan tentunya tidak melakukan hal-hal yang melanggar saat traveling. Nggak mau kan, planning yang sudah kamu susun matang, jadi berantakan karena satu dua hal yang kamu lakukan.

Nah, untuk mencegah itu, simak 7 hal penting yang tidak boleh kamu lakukan saat traveling agar travelingmu aman, nyaman dan menyenangkan.

Membawa barang terlalu banyak

Membawa terlalu banyak barang, tak hanya akan menyusahkan saat packing, tapi juga akan menyusahkanmu saat traveling. Pastikan kamu hanya membawa barang sesuai kebutuhan. Untuk memudahkan pekerjaanmu saat packing, agar tidak ada satupun barang yang terlewat, buatlah daftar barang yang perlu dibawa terlebih dahulu.

Buatlah daftar dengan detail dan teliti. Pastikan kamu membawa obat-obatan dan dokumen penting. Sesuaikan pakaian yang hendak dibawa dengan tujuan destinasi.

Mengandalkan ATM

Selain membawa ATM, pastikan kamu membawa uang tunai juga. Karena tidak semua tujuan wisata terdapat mesin ATM. Meski sekarang budaya cashless sudah menjamur, di mana transaksi semakin mudah dengan hanya mengandalkan smartphone dan internet, tapi tidak semua tujuan wisata dijangkau internet dan menyediakan ATM.

Ett, agar tidak membahayakan diri sendiri, bawalah uang secukupnya. Jangan berlebihan ya!

Membuang Sampah Sembarangan

Buang Sampah Pada tempatnya
via: pixabay

Tak hanya ketika berada di lingkungan sendiri, saat kamu mengunjungi suatu daerah atau negara wisata, pastikan kamu tidak membuang sampah sembarangan. Selain merugikan lingkungan, membuang sampah sembarangan juga bisa merugikan diri sendiri lho.

Contohnya di beberapa negara yang sudah mengeluarkan hukuman pasti tentang aturan membuang sampah. Kamu pasti nggak mau kan, traveling yang awalnya bertujuan refreshing atau cari hiburan malah berurusan dengan pihak berwajib?

Tapi jika belum ada aturan pasti, bukan berarti kamu diperbolehkan buang sampah sembarangan ya. Sangat amat disayangkan, jika pemandangan yang bagus justru dirusak dengan pemandangan baru berupa tumpukan sampah. Apabila kamu tidak menemukan tempat sampah, harap kantongi sampah terlebih dahulu dan segera buang jika kamu sudah menemukan tempah sampah.

Merusak fasilitas umum

Merusak fasilitas umum adalah tindakan meninggalkan citra buruk di tempat tujuan traveling. Selain membawa nama baik diri sendiri, ketika traveling otomatis kamu juga membawa nama baik daerah atau negara asal. Jangan sampai negara atau daerah asal kamu mendapat citra ‘buruk’ karena tindakanmu saat traveling.

Tinggalkan citra baik di tempat traveling dengan berbuat baik selama traveling, minimalnya tidak merusak lingkungan, atau fasilitas umum yang ada di sana.

Tidak mempelajari terlebih dahulu daerah tujuan traveling

Tujuan Traveling
via: pixabay

Harap hindari traveling tanpa persiapan. Baik itu persiapan dalam hal bekal, mental maupun informasi. Bekali dirimu dengan informasi yang cukup mengenai daerah tujuan traveling, baik itu budaya di sana atau tentang lokasi tempat-tempat penting di area sekitar tempat wisata. Seperti tempat beribadah, supermarket, rumah sakit, kantor polisi, stasiun, halte, dan lain sebagainya.

Mencela makanan tradisional daerah setempat

Tidak lengkap rasanya jika traveling tanpa kulineran. Selain mengenal makanan khas daerah sekitar, kulineran juga bisa dijadikan ajang mengenali daerah tujuan wisata lebih dekat lagi. Budaya dan makanan tiap daerah atau negara pasti memiliki ciri khas masing-masing. Tentunya kamu tak ingin menyia-nyiakan kunjunganmu ke suatu daerah tanpa mencicipi makanan khas daerah tersebutkan?

Tapi ingat, jika rasanya tidak sesuai dengan lidahmu, jangan mengeluarkan celaan atau hinaan terhadap makanan yang kamu cicipi. Jika tidak sesuai ekspektasi, lebih baik kamu simpan sendiri untuk dijadikan pengalaman.

Mabuk

Mabuk
via: pixabay

Selama di tempat wisata, jangan mengganggu kenyamanan orang sekitar. Usahakan selama traveling, hindari makanan atau minuman yang akan membuatmu mabuk. Nggak mau jika kamu mabuk, lalu  mengganggu kenyamanan orang lain atau malah merepotkan orang lain?

Jadi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik hindari hal-hal yang bisa membuatmu kehilangan kesadaran (mabuk). Ingat, buatlah citra positif di tempat tujuan travelingmu. Siapa tahu bisa menambah pertemanan.

Nah, itulah 7 hal yang jangan kamu lakukan saat traveling. Pandai-pandailah menjaga nama baik diri dan daerah asalmu, dengan tidak melakukan hal-hal negative selama di tempat liburan. Jadilah traveler yang baik dan selamat bersenang-senang.

Jadi, kapan kamu liburan?

Leave a Reply