5 Tempat yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Berlibur ke Maluku

Pantai Sulamahada

Indonesia dengan banyaknya pulau menjadi negara yang patut dituju para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Tak hanya di wilayah Barat saja, wilayah Timur Indonesia juga banyak menyimpan surga dunia. Salah satunya adalah Kepulauan Maluku. Kepulauan ini memiliki ragam tempat yang bisa kamu kunjungi untuk sekadar melepas penat.

Jika kamu sudah bosan untuk berkunjung ke daerah-daerah di wilayah Barat Indonesia, tak ada salahnya untuk melirik Maluku sebagai destinasi wisata kamu selanjutnya. Yuk simak beberapa tempat di Maluku yang bisa kamu jadikan tujuan berlibur.

Banda Neira

Banda Neira
via: pixabay

Siapa sih yang nggak tahu Banda Neira? Ups, ini bukan nama band loh ya. Banda Neira memang menjadi salah satu tempat wisata di Maluku yang paling banyak dikenal orang. Di masa penjajahan, pulau ini menjadi sebuah pusat perdagangan rempah-rempah oleh Belanda maupun Portugis. Saat ke sini, kamu akan disuguhi dengan pemandangan laut yang luar biasa. Banda Neira menyimpan beraneka ragam biota laut yang jumlahnya mencapai 250 spesies loh. Tak hanya wisata laut, kamu juga bisa mengunjungi wisata Benteng Belgica yang ada di sana. So? Tinggal pilih aja.

Pantai Sulamahada

Pantai Sulamahada
via: pixabay

Pantai Sulamahada yang terletak di Ternate, Maluku Utara,  memiliki pemandangan yang eksotis karena memiliki pasir yang hitam dan lembut. Di sana, kalian bisa berkeliling pulau dengan kapal-kapal yang disediakan masyarakat lokal. Selain keliling, kamu juga bisa mencicipi makanan yang dijajakan di pinggir pantai. Kalau bosan, kamu juga bisa main air kok. Tak jauh dari pantai, kamu bisa mengunjungi sebuah teluk bernama Hol Sulamahada. Kamu akan disajikan pemandangan taman laut yang menakjubkan di Ternate. Ratusan spesies ikan bisa kamu lihat lewat diving dan snorkeling.

Pantai Panjang

Pantai Panjang terletak di Desa Ngilngof, Kepulauan Kei, Maluku Tenggara. Tempat ini memiliki garis pantai sepanjang tiga kilometer dan memiliki pasir yang halus laiknya tepung. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat jurang dan hamparan terumbu karang yang juga menjadi daya tarik para wisatawan. Jangan khawatir, kamu juga bisa mendapatkan fasilitas yang sudah disediakan untuk wisatawan yang berkunjung ke sini. Untuk masuk ke Pantai Panjang, kamu akan dikenakan biaya Rp 20 ribu per mobil dan Rp 5 ribu per motornya.

Waai

Waai
via: Tripadvisor

Waai adalah sebuah pantai yang terletak di Pulau Ambon, Maluku. Tempat ini juga menyajikan pemandangan yang asik dan menarik untuk dikunjungi. Objek yang sering ramai didatangi adalah Kolam Wiselika. Kolam ini merupakan sebuah tempat yang dipergunakan untuk belut untuk berkembang biak. Menurut masyarakat sekitar, apabila ada yang melihat belut secara langsung, maka dia akan memperoleh keberuntungan. Biasanya, para wisatawan memancing kemunculan belut-belut menggunakan telur sebagai umpannya.

Pantai Liang

Pantai Liang
via: pixabay.com

Pantai Liang pernah dinobatkan sebagai Pantai Terindah oleh PBB pada 1990-an. Pantai yang memiliki pasir putih dan air laut yang jernih ini sangat pas untuk kamu yang menginginkan suasana libur dengan tenang. Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati wisata pantai ini dengan snorkeling dan diving yang telah disediakan. Untuk menuju ke sini, kamu bisa menjangkau dengan naik kendaraan umum dari Ambon.

Itulah beberapa tempat wisata yang sebaiknya dikunjungi ketika kamu berlibur ke Maluku. Daripada berlibur ke luar negeri, alangkah baiknya mengunjungi wisata-wisata yang ada di dalam negeri bukan? Selamat berlibur.

Leave a Reply