7 Tempat Wisata Pantai Dekat Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Pantai memang menjadi destinasi wisata yang pas untuk melepas penat dan kepadatan yang dirasakan selama hari kerja. Tidak ada salahnya jika weekend ini kamu mengunjungi wisata pantai bersama teman-teman atau keluarga.

Meskipun Jakarta merupakan daerah perkotaan, tetapi lokasinya cukup strategis untuk wisata pantai. Bahkan Jakarta sendiri memiliki objek wisata pantai yaitu pantai Ancol yang terletak di utara Jakarta.

Namun, untuk kali ini akan dibahas mengenai 7 tempat wisata pantai dekat Jakarta yang wajib dikunjungi saat weekend maupun libur nasional.

Pulau Bidadari


sumber: pulaubidadariecoresort.com

Pulau Bidadari masih masuk ke dalam teritorial Jakarta, yaitu di kawasan Kepulauan Seribu. Untuk mencapai ke sini kamu bisa naik speed boat dari dermaga Marina di Taman Impian Jaya Ancol. Pasir putih dan laut biru nan jernih menjadi ciri khas bagi pulau ini. Terdapat cottage darat dan terapung yang menjadi pilihan bersantai untuk para wisatawan yang berkunjung ke sini.

Pulau Tidung

 

Pulau Tidung juga masih berada di kawasan Kepulauan Seribu, Jakarta. Pasir putih dengan ombak laut yang tenang cocok untuk kamu yang sedang mencari ketenangan. Terbelah menjadi dua bagian yaitu Tidung Besar, dan Tidung Kecil yang dihubungkan dengan jembatan Cinta. Pulau Tidung Besar dihuni oleh penduduk yang jumlahnya paling banyak dibandingkan pulau lainnya. Kamu harus menempuh 3 jam perjalanan untuk bisa sampai ke pulau ini.

Pulau Pramuka

Pulau Pramuka terletak di tengah-tengah Kepulauan Seribu. Di sini terdapat penduduk yang bekerja sebagai nelayan dan juga pemilik home stay yang biasa disewakan ke para wisatawan. Di pulau ini kamu bisa melakukan diving, snorkeling, memancing atau menikmati pemandangan pantai yang Indah. Terdapat sebuah penangkatan penyu sisik yang bisa kamu kunjungi saat ke sini. Jika sedang beruntung, kamu bisa menyaksikan penyu-penyu dilepaskan ke lautan.

Pulau Pari

Pulau Pari
Sumber: pulau-seribu.com

Bentuknya yang menyerupai ikan pari, membuat pulau ini mendapatkan julukan sebagai pulau pari. Pulau ini memiliki pasir putih lembut dan juga suasana di sini begitu tenang. Untuk mengunjungi pantai ini kamu bisa melalui dermaga Marina di Ancol atau Pelabuhan Muara Angke dengan estimasi perjalanan sekitar 1 – 1,5 jam dengan speed boat. Jika kamu sedang berada di Pulau Rambut, Pulau Tidung, Pulau Lancang atau Pulau Pramuka perjalanan hanya ditempuh relatif lebih singkat yaitu hanya 30 menit.

Pantai Anyer

Pulau Seribu
Sumber: pulau-seribu.com

Kali ini pantainya tidak terletak di kawasan Jakarta melainkan dekat dengan Jakarta atau tepatnya adalah bagian barat Jakarta yaitu terletak di Serang Banten. Pantai ini banyak menjadi tujuan destinasi para wisawan karena pantainya indah dan juga akomodasinya cukup lengkap. Kamu bisa melihat langsung Gunung Rakata, anak dari Gunung Krakatau dan juga sebuah mercusuar peninggalan pemerintah kolonial Belanda.

Pantai Carita

Pantai Carita
Sumber: wisatawan.net

Pantai Carita terletak di Kabupaten Pandeglang, Banten. Pantai dengan pasir putih dan air laut yang biru ini cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik khususnya yang berasal dari Jakarta. Selain bermain-main di pantai, saat ini juga sudah tersedia penginapan atau villa jika ingin melihat melihat indahnya sunset sambil menunggu datangnya malam.

Pantai Sawarna

Pantai Sawarna
Sumber: pantainesia.com

Banten memang memiliki cukup banyak wisata pantai, lokasinya yang di dekat dengan Jakarta menjadi alasan mengapa banyak pengunjung yang datang. Satu lagi pantai yang terletak di Banten yaitu Pantai Sawarna, pantai ini terdiri dari tiga kawasan yaitu Pantai Bokor, Pantai Karang Cinatir, dan Pantai Karang Taraje.

Di sini kamu bisa menikmati kegiatan menyelam atau cave tubing sebab terdapat banyak gua batu kapur yang bisa dijelajahi. Selain itu, juga terdapat home stay bagi kamu yang ingin bermalam di sini.


 

Leave a Reply