Cara Ubah Keahlian Jadi Bisnis Sampingan

Banyak orang yang pusing mencari peluang bisnis dengan mencoba-coba banyak hal. Padahal mereka bisa mulai dari hal-hal yang merupakan keahliannya. Selain lebih mudah, kamu jadi penuh keyakinan untuk melakukan bisnis tersebut.

Keyakinan ini menjadi modal dasar yang sangat besar untuk memulai bisnis sampingan. Selain itu kamu jadi punya alasan yang kuat untuk menjalaninya dan memiliki rencana solid untuk mengembangkannya menjadi bisnis yang besar. Dari sini kamu bisa memulai langkah awal menjadi seorang Entrepereneur. Berikut adalah lima cara ubah keahlian jadi bisnis sampingan.

Menuliskan Keahlian

Cara Ubah Keahlian Jadi Bisnis Sampingan
via pixabay.com

Tuliskan pengalaman pribadimu tentang keahlian yang dimiliki. Selain akan membuat orang lain terinspirasi, menulis blog juga merupakan salah satu cara untuk mempromosikan keahlian yang kamu miliki. Blog tersebut juga bisa kamu gunakan sebagai portofolio hasil-hasil karya dari keahlian yang kamu geluti.  Semakin banyak orang yang mengunjungi blog-mu maka akan semakin besar peluang usaha yang bisa kamu dapatkan. Sebagai contoh, kamu bisa membuat jasa promosi bisnis atau produk.

Buat Pelatihan Online

Cara Ubah Keahlian Jadi Bisnis Sampingan

sumber : oceanwalkeruk.com

Jika kamu memiliki keterampilan berharga yang menjual untuk diajarkan, maka kamu sudah memiliki pasar yang potensial. Kamu bisa membuka pelatihan online bagi mereka yang ingin mempelajari keahlianmu namun enggak punya waktu untuk datang secara fisik. Apalagi saat ini membuat pelatihan online sangatlah mudah dengan banyaknya situs online seperti Clarity.fm dengan komunitas yang mencari berbagai jenis ketrampilan dan fungsi yang mudah digunakan.

Ketika kamu telah menyempurnakan pengalaman mengajarmu, kamu akan dapat dengan mudah menjual pelatihanmu secara paketan. Untuk sampai ke tahap ini, sebelum memulai pelatihan online, kamu bisa membangun pembaca setia dari blog-mu atau menawarkan ke kerabat dan teman-teman.

Buat Kursus Online

Cara Ubah Keahlian Jadi Bisnis Sampingan
sumber : opiateaddictionsupport.com

Selain pelatihan online, kamu juga bisa membuka kursus online dengan mengajar keahlian yang kamu miliki. Perbedaan mendasar dari pelatihan online dengan kursus adalah dari segi pendampingan kepada peserta dan jumlah muridnya.

Pada pelatihan online kamu harus benar-benar membimbing sampai muridmu bisa mengusai keahlian tersebut dan biasanya jumlah pesertanya tidak terlalu banyak. Sedangkan kursus pesertanya jauh lebih banyak dibandingkan dengan pelatihan. Kalau sudah terkenal, kamu bahkan bisa membuka kelas online yang dihadiri oleh banyak orang. Tentu saja keuntungan dan tantangannya lebih besar.

Membuat Produk

Cara Ubah Keahlian Jadi Bisnis Sampingan
via pixabay.com

Jika kamu tidak terbiasa mengajar, membuat produk dari keahlian yang kamu miliki juga cukup menjanjikan. Dengan keahlian yang kamu miliki, kamu bisa membuat sebuah produk kreatif yang tidak pasaran. Sebagai contoh jika memiliki keahlian desain bisa membuat sebuah produk kreatif untuk hadiah ulang tahun atau perayaan lainnya.

Awalnya enggak usah muluk-muluk. Asal kamu senang mengerjakannya dan ada pembeli, lakukan saja dulu. Banyak entrepreneur yang awalnya usaha kecil-kecilan karena suka, eh lama-lama jadi sukses besar. Lihat saja Martha Tilaar yang awalnya menjual jamu dari pintu ke pintu atau Kolonel Sanders yang awalnya menjual ayam gorengnya ke tetangga-tetangga namun kini jadi perusahaan multinasional KFC.

Itulah lima cara ubah keahlian jadi bisnis sampingan. Jangan lupa untuk menjaga hubungan baik dengan para pelanggan dan juga membagi waktu dengan perusahaan tempat anda bekerja. Jangan sampai bisnis sampingan yang kamu jalani mengganggu keduanya. Semoga bermanfaat dan salam Sukses!


 

Leave a Reply