6 Cara Mengubah Kebiasaan Boros Menjadi Hemat

Perilaku boros memang sering kali tidak disadari oleh banyak orang. Sehingga mereka semakin asik membelanjakan uangnya tanpa memikirkan manfaat dan kebutuhan dari barang tersebut. Jika kebiasaan boros ini terus dilakukan tanpa sadar, maka akan menyebabkan masalah finansial seperti terlilit hutang atau kartu kredit dan masih banyak masalah lainnya.

Namun bagi kamu yang sudah sadar dan ingin mencoba merubah kebiasaan buruk maka tidak ada salahnya membaca 6 cara mengubah kebiasaan boros menjadi hemat.

1. Susun Anggaran dan Terapkan Secara Bertahap

6 Cara Mengubah Kebiasaan Boros Menjadi Hemat
via pixabay.com

Kebiasaan boros memang berawal dari tidak adanya anggaran belanja bulanan. Sehingga kita tidak memiliki arah dalam membeli sesuatu. Bisa saja kita membeli sebuah barang padahal itu bukan menjadi sebuah kebutuhan.

Tanpa adanya perencanaan, kita akan cenderung membeli barang berdasarkan rasa suka atau diskon. Apalagi jika diskonnya ini gila-gilaan, bisa jadi akan hilang kontrol dalam berbelanja. Setelah sampai rumah, rasa penyesalan yang akan timbul nantinya. Bahkan bisa juga barang yang kita beli tidak terpakai dan hanya disimpan di lemari atau gudang.

Jika sulit, maka cobalah untuk lakukan secara bertahap. List terlebih dahulu kebutuhan pokok dan dasar setiap bulannya. Lalu buatlah anggaran dari setiap pos pengeluaran bulanan kita. Usahakan membuat anggaran yang realistis tidak terlalu kecil atau dibesar-besarkan, sesuaikan dengan kebutuhan yang sebenarnya.

2. Lakukan Analisa Penyebab dan Cari Solusinya

6 Cara Mengubah Kebiasaan Boros Menjadi Hemat
via pixabay.com

Kamu sudah membuat anggaran bulanan tapi masih saja boros? Coba lakukan analisa kembali kira-kira pos pengeluaran mana yang bocor dan membuatnya menjadi boros. Setelah ketemu kemudian coba cari solusi yang memungkinkan.

Sebagai contoh kamu jika aktivitas kamu lebih sering dilapangan dan menghabiskan banyak uang untuk ongkos angkutan umum. Maka solusinya adalah membeli motor atau mengambil cicilan motor. Ingat, beli motor yang sesuai dengan kebutuhan yaa bukan karena gengsi.

3. Berhemat Secara Perlahan Lalu Jadikan Rutinitas

6 Cara Mengubah Kebiasaan Boros Menjadi Hemat
via pixabay.com

Jika masalah-masalah penyebab boros sudah mendapatkan solusinya. Maka yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah teruslah berhemat secara perlahan dan jadikan itu sebagai rutinitas. Sehingga uang yang ada bisa di alokasikan untuk investasi atau tabungan hari tua. 

4. Ganti Kebiasaan Lama dengan Kebiasaan Baru yang Murah

6 Cara Mengubah Kebiasaan Boros Menjadi Hemat
via pixabay.com

Semua pos pengeluaran masih aman belum ada tanda-tanda kamu melakukan peborosan. Coba cek lagi adakah yang bisa disubtitusikan ke hal yang lebih murah. Sebagai contoh kamu setiap bulan membayar membership fitness. Nah, pengeluaran ini bisa kamu ganti dengan berolahraga yang jauh lebih murah dan tetap membuat tubuhmu bugar dan sehat, seperti jogging atau latihan gerakan fitness di rumah.

5. Hindari Godaan atau Buat Tanda Pengingat

6 Cara Mengubah Kebiasaan Boros Menjadi Hemat
via pixabay.com

Saat kamu sudah menerapkan hidup hemat, pasti akan terus mendapatkan godaan yang membuat kamu terus untuk boros. Seperti diskon di swalayan atau pusat perbelanjaan akan menjadi godaan terberat kamu lho. Apalagi kamu membawa kartu kredit atau uang cash berlebih. Barang diskonan yang tidak menjadi kebutuhan kamu akan ikut terbeli bersama belanjaan kamu.

Perlu sekali membuat peringatan pada diri untuk menahan godaa-godaan yang membuat kebiasaan buruk itu datang lagi.

6. Terus Berusaha dan Mintalah Dukungan Moral

6 Cara Mengubah Kebiasaan Boros Menjadi Hemat
via pixabay.com

Teruslah berusaha, jangan sampai godaan itu mengalahkanmu. Kamu harus meminta dukungan moral dari orang-orang terdekat untuk bisa menerapkan hidup hemat. Terkadang godaan dari keluarga atau teman dekat jauh lebih kuat dibandikan poster diskon di pusat berbelanjaan.

Itulah 6 cara mengubah kebiasaan boros menjadi hemat semoga kamu bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Salam hidup hemat!

Tulisan di atas adalah kiriman dari Riski Saputra. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply