Balkondes, Wadah Masyarakat untuk Meningkatkan Perekonomian Desa

Balkndes Kenalan

Meski terkenal dengan objek wisata candi Borobudurnya, ternyata di kawasan Borobudur, Magelang terdapat Balkondes. Balkondes atau Balai Ekonomi Desa, adalah program dari BUMN untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Di kawasan Borobudur, Magelang sudah terdapat 20 Balkondes yang dibangun. Salah satunya adalah Balkondes Kenalan, di desa Kenalan, Magelang, Jawa Tengah.

Desa Kenalan merupakan desa yang berada di lereng pegunungan Menoreh dan berbatasan langsung dengan kabupaten Kulon Progo, Jogjakarta. Desa ini memiliki jarak yang cukup dekat dengan kawasan wisata candi Borobudur yakni sekitar 14 km.

Balkondes Kenalan tampak depan
Balkondes Kenalan tampak depan

Masyarakat di desa Kenalan sebagian besar bekerja sebagai petani, selain itu juga terdapat pengrajin, dan peternak. Dengan adanya Balkondes, diharapkan akan meningkatkan dan memacu perekonomian. Balkondes Kenalan memperoleh binaan serta dukungan dana dari Bank Mandiri.

Masyarakat belajar anyaman pandan
Warga belajar anyaman pandan

Adanya Balkondes, masyakarat juga diberikan pelatihan dan pembinaan untuk berbagai usaha. Mulai dari anyaman pandan duri, gerabah, selondok, hingga madu.

Di Balkondes Kanalan juga memiliki pondokan sebanyak 10 kamar. Konsep desain dari bangunan kamarnya adalah seperti di perdesaan. Jadi para wisatawan bisa menikmati pemandangan yang asri.

Pondok Kamar di Balkondes Kenalan
Pondok Kamar di Balkondes Kenalan

Harga yang diberikan sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp 400.000 per malam, dan sudah termasuk dengan sarapan. Keuntungan yang didapatkan dari Balkondes ini juga akan digunakan untuk pengelolaan desa.

Di dalam kamar penginapan di Balkondes Kenalan
Di dalam kamar penginapan di Balkondes Kenalan

Kegiatan di Balkondes Kenalan selain pembinaan dan pelatihan berbagai usaha, juga terdapat gamelan yang berada di pendopo.

“Ini gamelan merupakan bantuan Bank Mandiri untuk menggenjot kesenian dan budaya. Setiap sore, anak-anak muda yang ingin belajar main alat musik dan menari bisa datang di sini, ada pengajarnya juga,” ungkap Kamidi, Kepala Desa Kenalan.

Harapan ke depan, adanya Balkondes Kenalan, perekonomian warga bisa maju. Karena di desa Kenalan juga memiliki potensi wisata alam yang indah. Di antaranya adalah Wisata alam Curuk Pitulas, Wisata Gondopurowngi, Sunrise Gondopuro, Goa Gondopuro, Embung Sindo, dan Batu Lawang Kori. Potensi wisata tersebut oleh masyarakat desa Kenalan mulai dikelola.

“Perekonomian desa kami bergerak, masyarakat jadi tahu harus melakukan apa ke depan, kami tahu potensi apa yang bisa dikembangkan,” tambah Kamidi.

Leave a Reply