5 Tempat Wisata di Magelang Selain Candi Borobudur

Magelang merupakan salah satu kota di Jawa tengah yang lokasinya cukup strategis, yakni di antara Yogyakarta dan Semarang. Selain itu, Kota Magelang juga terkenal dengan Candi Borobudur yang dulu menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Enggak salah kalau kota Magelang jadi tujuan wisata turis dari berbagai belahan dunia. Namun, kalau kamu ke Magelang rugi kalau hanya menyambangi Candi Borobudur saja. Masih banyak tempat wisata lain yang berada di kota Getuk. Berikut lima tempat wisata di Magelang yang perlu kamu sambangi.

1. Ketep Pass

Ketep Pass berlokasi di puncak Bukit Sawangan yang berada di tengah-tengah Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Luasnya sekitar 8000 meter persegi dan berada di ketinggian 1200 mdpl. Jadi tempat ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu tanpa perlu mendaki kedua gunung tersebut.

Selain itu terdapat berbagai fasilitas di Ketep Pass, antara lain: Ketep Volcano Theater, Museum Vulkanologi, dan Restaurant Ketep Pass. Ketep Volcano Theater adalah tempat dimana kita dapat menonton film yang bertema gunung merapi. Di Museum Vulkanologi terdapat batu-batuan yang merupakan hasil letusan gunung, miniatur Gunung Merapi, komputer interaktif dan juga beberapa foto aktivitas Gunung Merapi

2. Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng merupakan tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah. Lokasi Taman Kyai Langgeng berada di jalan cempaka no. 6, Magelang, Jawa Tengah. Diberi nama Taman Kyai Langgeng karena diambil dari nama seorang pejuang yang merupakan anak buah dari Pangeran Diponegoro. Luas taman ini kurang lebih 27,5 hektar.

Tanaman langka yang terdapat di taman ini antara lain adalah Apel Beludru, Cempaka Ganda, Dewa Daru, Nagasari, Matoa, Lobi-Lobi, dan Ruser. Terdapat juga berbagai jenis binatang di tempat ini, antara lain buaya, owa, itik, burung,  dan ikan. Taman ini difasilitasi dengan berbagai wahana permainan antara lain komidi putar, bianglala, bom-bom car, becak mini, dan sepur mini. Selain itu ada juga wahana edukasi yakni taman satwa, perpustakan dan anjungan dirgantara.

3. Gereja Ayam

A post shared by INFIA – Travel (@infiatravel) on

Rumah Doa Bukit Rhema atau yang dikenal dengan Gereja Ayam terletak di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Magelang, Jawa Tengah. Jarak dari kota Yogyakarta ke Gereja Ayam sekitar 45 kilometer. Tempat ini merupakan salah satu spot syuting dari film Ada Apa Dengan Cinta. Tempatnya yang berada di tengah hutan membuat tempat ini terasa sejuk karena tertutup pohon-pohon rindang.

Disebut Gereja Ayam karena bentuknya yang mirip dengan seekor ayam yang sedang duduk. Di kepala ayam juga terdapat sebuah mahkota. Di dalam bangunan tersebut terdapat beberapa ruangan yang besar dan unik. Ketika pergi ke sana, sebaiknya kamu naik ke puncak menara. Dari puncak menara kamu dapat melihat pemandangan sekitar Bukit Menoreh yang indah.

4. Air Terjun Kedung Kayangan

Air Terjun Kedung Kayangan berada di perbatasan Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali tepatnya di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan. Ketinggian air terjun ini sekitar 40 meter. Sumber air dari Air Terjun Kedung Kayangan berasal dari empat mata air yang berada di lereng Gunung Merbabu. Air terjun ini memiliki keunikan. Pada Kamis Wage kera-kera yang berada di sekitar Kedung Kayang akan berkumpul di atas air terjun tersebut.

5. Air Terjun Sekar Langit

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Mahasiswa lintas generasi (@hali_awak) on

Air Terjun Sekar Langit berlokasi di desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tempat wisata air terjun ini berada di lereng Gunung Telomoyo dan berasal dari mata air yang berada di puncak  Gunung Telomoyo. Ketinggian air terjun ini mencapai 25 meter. Dari jalan besar ke lokasi ini jauhnya sekitar 400 meter. Lokasi ini merupakan tempat dimana legenda Jaka Tarub mengintip dan mencuri salah satu selendang bidadari yang sedang mandi.

Demikian lima referensi tempat wisata yang indah dan wajib kamu kunjungi ketika berkunjung ke Magelang. Punya tempat wisata rekomendasi lain yang tidak kalah indah?


 

Leave a Reply