5 Museum Seni Terbaik dan Terlengkap di Dunia

Kepenatan akan rutinitas pekerjaan memang menjadi momok bagi setiap orang. Kebutuhan akan liburan memang sudah semestinya dilakukan. Hal ini wajib bagi kalian yang memang sudah jenuh akan tekanan dan tuntutan dari pekerjaan.

Namun tak selamanya liburan itu hanya sekadar buang-buang uang. Ada juga liburan yang membuat kamu menjadi lebih produktif. Banyak orang-orang yang sekadar mengisi waktu luang berlibur tanpa adanya kegiatan yang bermanfaat. Sangat disayangkan tentunya.

Alangkah baiknya, liburan kamu tetap berisi dengan berbagai kegiatan yang positif. Seperti halnya berkunjung ke tempat yang memiliki nuansa pendidikan, museum misalnya. Sayang, kebanyakan orang lain memandang museum hanya tempat yang membosankan karena hanya berisi barang-barang kuno dan bersejarah.

Jika kamu ingin menelisik lebih lanjut, ada beberapa museum yang memiliki nilai tersendiri loh. Walaupun berisi barang-barang antik, namun museum ini memiliki kemasan menarik yang cocok buat kamu para traveler. Selain mengisi liburan, berkunjung ke museum juga menambah wawasan kamu dalam ilmu pengetahuan loh! Berikut penulis jabarkan lima museum seni terlengkap yang ada di dunia.

1. Museum Vatikan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Vatican Museums (@musei_vaticani) on

Museum yang terletak di Vatikan ini adalah kumpulan beberapa museum kesenian publik dan patung. Museum Vatikan ini didirikan oleh Paus Julius II pada abad ke-16. Di dalamnya, kamu akan menemukan karya-karya klasik dengan isi yang menakjubkan. Beberapa di antaranya seperti lukisan kuno Caravaggio, lukisan wajah Santo Hieronimus, lukisan Leonardo da Vinci, dan beberapa tokoh klasik lainnya. Semakin menambah aura seni dan estetika abad klasik, bukan?

2. Museum Louvre

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Musée du Louvre (@museelouvre) on


Museum Louvre adalah salah satu museum seni terbesar di dunia yang ada di kota Paris, Prancis. Museum ini mulai dibuka secara resmi pada 10 Agustus 1793. Di dalamnya, kamu bisa menemukan 573 karya lukis yang jumlahnya akan terus bertambah. Tak hanya itu, museum ini juga memamerkan beberapa karya seni seperti koleksi Mesir kuno, koleksi purbakala Timur Tengah, koleksi Yunani, Romawi, hingga koleksi seni Islam. Hingga saat ini, Museum Louvre menyimpan lebih dari 38.000 obyek dan 35.000 karya seni.

3. British Museum

 

View this post on Instagram

 

A post shared by British Museum (@britishmuseum) on

Sama halnya dengan Museum Louvre, British Museum ini juga menjadi salah satu museum terbesar yang ada di dunia. Berlokasi di Inggris, kamu bisa menemukan beberapa karya seni yang dikelola oleh berbagai departemen di seluruh benua. Seperti Departemen Mesir Kuno, Yunani dan Romawi, Timur Tengah, Seni Cetak dan Gambar, Prasejarah dan Eropa, Afrika, hingga Oceania. Koleksi di dalamnya mencapai 8 juta buah. Tak hanya itu, museum ini juga memiliki perpustakaan berskala nasional loh!

4. Museum MACAN

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Museum MACAN (@museummacan) on

Jangan terkecoh dengan namanya ya! Museum MACAN sendiri memiliki kepanjangan Modern and Contemporary Art in Nusantara. Ya, museum ini terletak di Indonesia, tepatnya di Jalan Panjang No. 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Di dalamnya, kamu akan menemukan koleksi karya seni modern gabungan antara nasional dan internasional. Museum ini juga menjadi salah satu destinasi favorit bagi para pelajar, tokoh seniman, hingga penikmat seni.

5. Museum Keris

 

View this post on Instagram

 

A post shared by kuliner solo kota solo (@pesonasolo) on

Museum Keris memang baru diresmikan pada 9 Agustus 2017 lalu oleh Presiden RI Joko Widodo. Namun jangan salah, koleksi keris di dalamnya cukup lengkap. Tak hanya itu, museum ini juga menampilkan proses pembuatan keris melalui video, hingga sejarah keris yang ada di Indonesia.

Bagaimana? Apa kamu tertarik mengisi liburanmu dengan berkunjung ke sana? Daripada liburanmu sia-sia, yuk datangi tempat-tempat di atas!


 

Leave a Reply