5 Buku Entrepreneur yang Sangat Memotivasi

5 Buku Entrepreneur yang Sangat Memotivasi

Entrepreneur atau dalam bahasa Indonesia biasa dikenal dengan sebutan wirausaha adalah kegiatan seseorang dalam membentuk usaha sendiri. Menjadi entrepreneur berarti menjadi orang yang kreatif dan inovatif yang dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Salah satu cara jitu dalam mengembangkan kreativitas adalah mengembangkan wawasan dan pengetahuan. Bila berbicara tentang pengetahuan maka membaca adalah salah satu kegiatan utama dan terbaik dalam memperoleh ilmu.

Banyak entrepreneur sukses saat ini yang memiliki hobi membaca buku. Sebut saja Bill Gates, Warren Buffet, dan Mark Zuckerberg. Mereka semua memiliki kebiasaan membaca buku. Nah dalam tulisan kali ini akan dibagikan lima buku yang cocok buat kita-kita untuk membangun sifat entrepreneur.

1. The Lean Startup oleh Eric Ries

via flickr.com/photos/adrielhampton/

Salah satu pengaruh paling besar dalam startup adalah mengelola modal. Untuk menghindari kegagalan, kita akan belajar bagaimana mengelola modal dengan efektif dan efisien serta meningkatkan kreativitas SDM-nya melalui buku ini. Selain itu, dalam buku ini juga disampaikan bahwa pengembangan produk atau perusahaan lebih baik berorientasi pada permintaan pasar.

2. Awaken The Giant Within oleh Anthony Robbins

5 Buku Entrepreneur yang Sangat Memotivasi
via amazon.com

Buku ini ditulis oleh Anthony Robbins, seorang pembicara dan konsultan yang sukses dengan penghasilan hingga jutaan dollar. Dalam buku ini, Robbins menjelaskan sistem yang dia pakai untuk mencapai kesuksesan tersebut terlepas dari latar belakangnya yang miskin.

Prinsip-prinsip yang Robbins jelaskan adalah prinsip dasar yang dapat dipakai dalam semua aspek kehidupan. Mulai dari membuat perubahan fisik, emosi, hubungan dan keuangan. Dalam buku ini juga, kamu akan memahami pentingnya membuat keputusan, menetapkan tujuan, membangun kebiasaan dan konsistensi untuk mencapai kesuksesan yang ingin kamu capai.

3. $100 startup oleh Chris Guillebeau

5 Buku Entrepreneur yang Sangat Memotivasi
Photo by Binti Malu from Pexels

Buku ketiga yaitu $100 Startup merupakan buku yang sangat inspiratif. Buku ini menceritakan tentang entrepreneur yang berhasil membangun bisnis dengan penghasilan lebih dari $ 50,000 pertahun (Rp. 650 juta) dengan jumlah investasi yang sangat minim (dalam banyak kasus $100/Rp 1.3 juta atau kurang).

Buku ini akan meningkatkan motivasi bagi kamu semua yang mempunyai alasan tidak memulai bisnis karena kekurangan modal. Modal kecil bukan berarti kelemahan, tapi dengan pengelolaan yang baik malah akan menjadi keuntungan.

4. Think and Grow Rich (1937) oleh Napoleon Hill

5 Buku Entrepreneur yang Sangat Memotivasi
via flickr.com/photos/bloggingbookshelf

Think and Grow Rich adalah buku tertua dari buku-buku lainnya untuk entrepreneur. Akan tetapi manfaat yang diberikannya tidak hilang oleh waktu. Buku ini dapat dikatakan sebagai “leluhur dari semua buku inspirasi dan motivasi mandiri” dan juga salah satu buku pertama yang dengan berani menanyakan “Apa rahasia untuk mencapai kesuksesan?”.

Napoleon Hill, setelah mendapatkan inspirasi dari Andrew Carnegie (salah satu orang terkaya dalam sejarah) mendedikasikan 25 tahun untuk mencari tahu apa rahasia dari kesuksesan. Setelah mewawancarai lebih dari 500 orang paling kaya atau berpengaruh pada saat itu, ia menemukan rahasia dari pencapaian kesuksesan.

Di dalam buku ini, Napoleon Hill merangkum cerita-cerita dari orang-orang sukses menjadi 13 prinsip kesuksesan. Think and Grow Rich adalah salah satu buku bisnis terlaris sepanjang sejarah.

5. The Swordless Samurai oleh Masao Kitami

5 Buku Entrepreneur yang Sangat Memotivasi
via amazon.com

Buku kelima ini adalah buku dari negeri Sakura. Meskipun buku ini lebih mengarah kepada buku sejarah, the Swordless Samurai memberikan pelajaran kepemimpinan, pemecahan masalah, negosiasi dan berpikir kritis yang sangat penting untuk keberhasilan bisnis.

The Swordless Samurai menceritakan seorang anak petani bernama Toyotomi Hideyoshi. Ia tidak mempunyai uang, latar belakang, koneksi dan bahkan fisik sebagai seorang samurai. Namun ia dapat mengalahkan saingan-saingannya dan menjadi Shogun atau pemimpin pemerintahan Jepang.

Selain memberikan pelajaran yang berharga, buku ini juga dapat memberikan motivasi kepada entrepreneur. Yakni dengan kreativitas dan ketekunan seseorang bisa mencapai kesuksesan yang luar biasa tanpa latar belakang yang mendukung.

Lima buku tersebut dapat menjadi pilihan dalam meningkatkan motivasi dan pengetahuan dalam hal entrepreneur. Menjadi entrepreneur berarti memiliki perkembangan yang tak terbatas dan menjadi pembuka peluang kerja bagi masyarakat.

Tulisan di atas adalah kiriman dari Amelia Hadiwinata. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply