Inilah 3 Alasan Anak Muda Gagal Menjadi Pebisnis Profesional

Entrepreneur menjadi cita-cita banyak anak muda saat ini. Tidak heran saat ini banyak bermunculan aneka bisnis dari kalangan anak muda. Mulai dari bisnis kuliner, clothing, sampai dengan travel. Entrepreneur menjadi titel kebanggaan bagi anak muda saat ini. Menurut mereka dengan menjadi entrepreneur jauh lebih baik dibandingkan teman-teman yang lain seusia mereka. Hal ini semakin menambah hasrat untuk segara memulai bisnisnya.

Profesi menjadi pengusaha memang bukanlah hal yang mudah dikerjakan oleh semua orang. Jangan membayangkan bahwa ketika kamu memutuskan menjadi seorang pengusaha, kamu bisa langsung bebas jalan-jalan kemanapun dan kapanpun. Padahal seorang entrepreneur itu tidak sama dengan karyawan yang hanya bekerja 8 jam sehari, lalu pulang tanpa harus memikiran beban bisnis yang sangat besar.

Seorang entrepreneur memiliki jam kerja yang lebih fleksibel dibanding dengan profesi lainnya. Namun beban bisnis yang ditanggung juga jauh lebih banyak dibanding dengan profesi lainnya. Apalagi ketika kamu sudah memiliki karyawan, kamu tidak bisa hanya memikirkan pendapatan perusahaan saja, tapi kesejahteraan para karyawan juga perlu diperhatikan.

Saat ini ada beberapa anak muda yang berhasil dengan bisnis mereka berkat hasil kerja keras dan kegigihannya. Tapi di sisi lain ada juga anak muda yang sangat sulit naik kelas dan menjadi seorang pebisnis professional. Berikut tiga alasan kenapa anak muda gagal menjadi pebisnis profesional:

Mereka Menganggap Profesi Pengusaha bisa dilakukan oleh Semua Orang

Inilah 3 Alasan Anak Muda Gagal Menjadi Pebisnis Profesional
via pixabay.com

Coba bayangkan jika seluruh orang di dunia adalah seorang Entrepreneur, lalu siapa yang akan menjadi pelanggan mereka? Itu tandanya tidak semua orang bisa menjadi seorang wirausaha. Terdapat beberapa kriteria sifat dan tindakan yang harus miliki oleh seseorang jika ingin menjadi seorang wirausaha. Hal tersebut lebih dikenal dengan sebutan Entrepreneurship.

Jika belum memiliki sifat dan tindakan tersebut, sebaiknya jangan memaksakan diri dulu untuk menjadi seorang wirausahawan. Sifat ini bisa dipelajari dengan cara terus belajar dan bersabar menjalani proses bisnis yang ada. Peluang sukses terbuka lebar buat kamu yang tekun menjalaninya.

Belajar entrepreneurship tidak perlu harus memiliki usaha terlebih dahulu lho. Kamu bisa mempelajarinya saat masih kuliah ataupun ketika sudah bekerja. Dengan selalu menerapkan nilai-nilai entrepreneurship dalam diri, kemampuan kamu akan terus terasah. Jika sudah merasa siap untuk memulai bisnis sendiri, maka kamu bisa langsung memulai bisnismu.

Mereka Lebih Mendahulukan Kepentingannya Sendiri

Inilah 3 Alasan Anak Muda Gagal Menjadi Pebisnis Profesional
via pixabay.com

Apakah kamu pernah memiliki bisnis namun gagal saat masih berumur jagung? Jika iya, cobalah untuk melakukan evaluasi diri. Dalam menjalankan bisnis sebaiknya memang melibatkan orang lain agar sikap egois kita tidak dominan. Dengan bekerja sama dengan orang lain maka satu sama lain dapat saling mengingatkan.

Selain itu, hal penting lain dalam dunia usaha adalah Networking. Dengan melakukan kerja sama dengan orang lain, maka pembelaan terhadap kepentingan diri sendiri tidak akan muncul.

Menurut Mereka saat Bisnis Sudah Jalan, Tidak Perlu Belajar dan Menyesuaikan Diri

Inilah 3 Alasan Anak Muda Gagal Menjadi Pebisnis Profesional
via pixabay.com

Pepatah mengatakan; semakin tinggi pohon, semakin tinggi angin yang menerpanya. Begitu juga dengan bisnis; semakin bisnis kita besar, semakin besar juga masalah yang akan kita hadapi nantinya.

Dengan begitu tidak ada alasan tidak terus belajar dan menyesuaikan diri dengan keadaan sekarang. Meskipun saat ini kamu sudah memiliki omzet puluhan juta atau bahkan sampai miliaran rupiah, kamu tetap harus terus belajar untuk mempertahankan perusahaan atau menghadapi persaingan dan teknologi yang terus berkembang.

Selain itu sebagai pengusaha sebaiknya kita harus bisa menyesuaikan diri dengan perubahan pasar yang terjadi. Jangan terus memaksakan bila pada kenyataannya pasar lebih menginginkan hal yang lain. Jika terus dipaksakan maka tidak akan berhasil, serta dapat mengakibatkan kerugian atau bisa saja gulung tikar. Semoga ini tidak terjadi kepada bisnis kamu ya.

Tetap Ingin Jadi Pengusaha Profesional, Maka Segera Miliki Karakter Wirausaha yang Kuat

Apabila kamu bersikeras untuk tetap ingin menjalankan sebuah bisnis, maka sebaiknya segera miliki karakter seorang wirausaha yang kuat. Bertekadlah untuk terus belajar meskipun sudah dalam posisi yang sangat tinggi. Serta milikilah semangat yang tinggi setiap hari untuk terus menciptakan hal-hal baru yang kreatif demi kemajuan diri dan bisnis yang dijalani nantinya.

Jika kamu sudah memiliki karakter tersebut, berarti keinginan kamu untuk menjadi seorang wirausaha tidak perlu diragukan lagi. Semangat berjuang ya!

Tulisan di atas adalah kiriman dari Riski Saputra. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

 

Leave a Reply