Tahukah Kamu Bagaimana Cara Orang Kaya Menabung?

Benarkah orang kaya juga menabung? Bukankah uang yang dimilikinya tidak akan habis. Jika kita  mengingat saat belia dulu kita pasti pernah mendengar slogan ”Hemat pangkal Kaya” adakah perbedaan antara seorang milyader dan yang bukan milyarder ketika menabung? Berikut mungkin hal yang harus kita perhatikan ketika menabung.

1. Menabung secara Berkala

Tahukah Kamu Bagaimana Cara Orang Kaya Menabung?
pixabay.com

Prinsip David Bach, entrepreneur, penasihat finansial, sekaligus penulis buku The Automatic Millionaire yang dilansir dari laman Liputan6.com mengungkap rahasia menabung orang-orang yang akhirnya menjadi kaya. Rahasianya adalah menabung 50 persen penghasilan. Kuncinya adalah menabung secara otomatis. Anda bisa membuka tabungan rencana di bank yang nantinya akan menarik sejumlah uang di tabungan setiap Anda menerima gaji.

Nah, jika seperti itu apakah kamu bisa melakukannya? Mungkin alasan mereka menabung lebih banyak agar kalian tetap bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan kamu. Jadi pola pikir menabung sisa atau setelah kebutuhan kamu terpenuhi diubah menjadi menabung menjadi utama dan kebutuhan menjadi setelah tabungan kamu terpenuhi.

2. Punya lebih dari satu pemasukan

Tahukah Kamu Bagaimana Cara Orang Kaya Menabung?
pxhere.com

Biasanya orang kaya memiliki lebih dari 1 pemasukan selain penghasilannya dari bekerja. Hal ini dirasa wajar jika mereka memiliki prinsip kerja keras hingga membuahkan hasil. Kebanyakan dari mereka mengelola keuangannya dengan baik di mana gaji dirinya saat bekerja digunakan untuk kebutuhan keseharian sedangkan pemasukan lainnya digunakan sepenuhnya untuk menabung.

Hal ini sangat wajar karena siapa yang mau bekerja terus menerus selama hidupnya bahkan sampai anda tua. Jadi tidak ada salahnya jika anda bekerja keras selagi anda muda dan menikmati hasil kerja keras anda ketika waktunya tiba.

3. Gunakan aturan Milyarder

Tahukah Kamu Bagaimana Cara Orang Kaya Menabung?
svgsilh.com

Jika anda mengetahui milyarder mungkin sudah membentuk dirinya untuk menjadi pribadi yang disiplin. Seperti yang dijelaskan di atas, mereka memiliki pola mendahulukan tabungan dari pada kebutuhan. Jadi pada dasarnya mereka terlebih dulu menabung baru kemudian membelanjakan sisa gaji bulanan tersebut. Yakinlah pada diri anda bahwa anda bisa melakukan hal tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan dalam kunci keberhasilan menabung ini adalah dengan menganggarkan hal untuk bersenang-senang. Lalu, kenapa ini dibutuhkan? Justru kalau tidak ada anggarannya, Anda akan stres karena ketatnya aturan menabung. Orang yang stres justru lebih tergoda menggunakan tabungannya.

Tak ada salahnya bukan mencoba hal tersebut? Jika kalian sudah mencoba tetaplah fokus untuk mencapai sesuatu yang akan kalian dapatkan kedepannya.

Tulisan di atas adalah kiriman dari Adi Nugroho. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply