5 Kota Kecil di Dunia yang Sangat Menarik untuk Dikunjungi

Sedang merancang perjalananmu untuk liburan tahun depan? Di bawah ini, ada lima kota kecil di dunia yang sangat menarik untuk dikunjungi, lho. Selain beda dengan yang destinasi wisata lainnya, kamu bisa menemukan dan belajar hal-hal baru yang tidak akan kamu temui di tempat lain. Penasaran? Yuk intip tujuh kota kecil berikut.

1.      Kamikatsu, Jepang

Jepang bisa dibilang negara yang sangat mencintai kebersihan. Salah satunya adalah kota kecil Kamikatsu juga disebut Zero Waste City. Di kota kecil nan asri ini ada 45 kategori sampah yang dilakukan oleh masyarakatnya sendiri yang sebagian besar sampahnya di daur ulang.

Warga Kamikatsu tak lagi membakar sampah mereka setelah pemerintah Jepang mengeluarkan regulasi baru mengenai pembatasan racun kimia. Menurut mereka, awalnya sangat sulit untuk memilah-milah sampah, namun lama kelamaan mereka terbiasa dan terus melakukannya tanpa ada kendala berarti. Kota Kamikatsu ini pun berkomitmen untuk bebas sampah di tahun 2020.

Bagi kamu yang ingin jalan-jalan sekaligus belajar ilmu baru untuk perubahan yang lebih baik, jalan-jalan ke kota Kamikatsu sangat tepat. Pastinya pas pulang mindsetmu akan berbeda dari sebelumnya.

2.      Chefchaouen, Maroko

Bagi kamu yang membutuhkan ketenangan tapi juga mencari tempat liburan yang instagrammable, kota kecil di barat laut Maroko ini adalah tempat yang pas. Kota kecil yang semua bangunannya didominasi dengan beragam jenis warna biru ini bernama Chefchaouen yang artinya Mutiara Biru. Pastinya para pencinta warna biru pengen banget berlibur ke kota kecil ini.

Selain kamu juga bisa melihat birunya lautan dari kota ini, disini kamu akan menemui banyak kucing yang menggemaskan di berbagai sudut kota. Jangan khawatir, mereka semua terawat dan  kamu bisa mengelusnya.

Di kota ini kamu juga bisa melakukan aktivitas outdoor seperti mendaki atau melihat sepasang air terjun di bawah kaki gunungan Rif, Cascades d’Akchour. Seru kan!

3.      Giethoorn, Belanda

Kalau kamu berencana untuk berlibur ke Belanda, kamu harus berkunjung ke Venezianya Belanda, yaitu Desa Giethoorn. Desa ini adalah desa khas Belanda yang terletak di Overijssel. Desa ini tidak memiliki jalan raya, melainkan kanal yang dapat dilalui oleh perahu kecil bertenaga listrik atau perahu tradisional “Punter” yang dikayuh dengan menggunakan kayu panjang.

Selain itu akses jalan lainnya adalah jembatan-jembatan kayu yang hanya dapat dilalui pejalan kaki atau sepeda. Bisa kebayangkan bagaimana tenangnya tinggal di desa ini. Enggak ada suara bising dari kendaraan maupun polusi udara dari knalpot.

4.       Reine, Norwegia

Desa Reine ini adalah salah satu desa yang terletak di kepulauan Lofoten, tepatnya di Pulau Moskenesøy. Desa ini adalah desa nelayan yang juga desa wisata dengan penduduk sekitar 300 orang. Di akhir 1970an, desa yang terkenal dengan ikan cod atau stockfish ini menjadi desa terindah di Norwegia edisi Majalah Allers, Norwegia.

Di desa ini kamu bisa melakukan kegiatan outdoor yang menantang seperti mendaki Gunung Reinebringen dan melihat keindahan alamnya dari ketinggian. Atau kamu juga bisa berkemah dengan ditemani bintang-bintang di langit dan kalau kamu beruntung, kamu juga bisa melihat fenomena alam Aurora Borealis lho.

5.      Whittier, Alaska

Kota Whittier terletak di negara bagian terbesar di Amerika Serikat yaitu Alaska. Di kota kecil ini tinggal sekitar 200 penduduk. Hanya ada satu jalan darat untuk masuk ke kota kecil ini. Jalan tersebut adalah jalan yang melewati terowongan. Terowongan tersebut pun dilengkapi pintu anti peluru dan selalu dikunci pada saat malam hari. Kebayang kan kalau ada wabah virus atau zombie menyerang, hanya kota ini yang akan selamat.

Uniknya, sebagian besar masyarakatnya tinggal di dalam satu gedung besar yang sama bernama Begich Towers yang dibangun pada tahun 1957. Di gedung ini, selain tempat tinggal, mereka memiliki semua yang mereka butuhkan seperti rumah sakit, sekolah, kantor pos, toko, dan lain sebagainya.  Jadi, kalau kamu berniat untuk mengunjungi kota ini, bisa jadi kamu enggak perlu keluar gedung untuk mencari sesuatu karena semuanya tersedia di dalam gedung.

Nah, itu adalah lima kota kecil yang di dunia yang sangat menarik untuk dikunjungi. Jadi, apakah kamu sudah memutuskan kemana kamu akan berlibur tahun depan? Yuk share jawabanmu di kolom komentar di bawah ini ya.