5 Tips Agar Mudah Memahami Materi Pelajaran yang Sulit

Bagi sebagian pelajar maupun mahasiswa pasti pernah mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran yang sulit. Mungkin karena bahasanya terlalu ilmiah atau memang kurang terlalu memahami dengan materi tersebut.

Kamu tidak perlu khawatir apalagi sampai stres, karena ada banyak cara yang bisa kamu gunakan agar materi pelajaran yang sulit menjadi mudah untuk dipahami. Nah berikut ini 5 tips agar kamu mudah memahami materi pelajaran yang sulit.

Peta Konsep Akan Memudahkanmu Dalam Memahami Pelajaran

5 Tips Agar Mudah Memahami Materi Pelajaran yang Sulit
Mind mapping via pixabay.com

Jangan terlalu terpaku pada buku teks bacaan yang sangat tebal itu. Cukup ambil poin-poin dari materi yang kamu anggap sulit, lalu buatlah peta konsepnya. Peta konsep biasa orang menyebutnya dengan mind map, sebuah cara belajar dengan membuat alur materi dari poin-poin yang ada.

Buatlah peta konsep semenarik mungkin agar kamu tidak bosan untuk membacanya. Cobalah dengan memberikan warna warni, atau menggunakan simbol-simbol yang mewakili materi tersebut. Dengan cara ini tentu materi yang sulit akan lebih mudah untuk dipelajari.

Menghapal Lebih Mudah Dengan Jembatan Keledai

Apakah kamu sedang mengalami masalah menghapal materi pelajaran? Jangan khawatir, masalah itu bisa diatasi dengan membuat jembatan keledai untuk bisa mengingatnya. Jembatan keledai ini adalah cara menghapal dengan mengambil beberapa suku kata lalu dibuat menjadi kalimat yang mudah dihapalkan.

Seperti kamu menghapalkan warna pelangi dengan sebutan mejikuhibiniu yang mewakili setiap suku kata dari masing-masing warna yang ada di pelangi.

Buat Contoh Pelajaran Pada Kehidupan Sehari-hari

5 Tips Agar Mudah Memahami Materi Pelajaran yang Sulit
via pixabay.com

Tidaklah sulit jika materi itu kamu kaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Sebab kejadian sehari-hari menjadi sebuah rutinitas yang kamu jalani. Sebagai contoh saat menghapalkan hukum Archimedes yang sama seperti kamu atau hewan peliharaanmu melompat masuk kedalam kolam renang.

Eksplore Lebih Jauh di Internet

Jika masih sulit dengan pembahasan dan metode di atas. Maka kamu bisa mengeksplorenya di Internet. Saat ini ada banyak sekali artikel dan juga video yang akan memudahkan kamu dalam memahami materi yang ada.

Cukup mengetikan kata kunci yang sesuai dengan materi yang kamu cari. Dengan begitu sudah bisa memunculkan artikel dan video yang berhubungan.

Jika Bingung, Jangan Malu Berdiskusi Dengan Teman Ataupun Guru

5 Tips Agar Mudah Memahami Materi Pelajaran yang Sulit
via pixabay.com

Terkadang memang ada beberapa hal di Internet yang sulit kamu pahami. Adakalanya juga perlu mendiskusikannya dengan teman ataupun guru kamu. Mungkin dengan penjelasan mereka, kamu akan lebih memahami ketimbang sumber materi yang ada di Internet.

Semoga cara-cara diatas bisa memudahkan kamu dalam mengatasi kesulitan belajar. Sukses selalu dan jangan pernah menyerah!

Tulisan di atas adalah kiriman dari Riski Saputra. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 


 

Leave a Reply