5 Tips Bekerja secara Efektif dan Efisien

Kamu wanita/pria sibuk? Saat sedang menyelesaikan tugas A, kamu disuruh menyelesaikan tugas B. Tugas A belum selesai, atasan kamu meminta revisi tugas C. Banyak hal yang harus dikerjakan, namun waktu yang diberikan singkat? Merasa waktu 1 hari 24 jam tidak cukup? Cobalah lakukan hal-hal berikut:

1. Membuat daftar pekerjaan

5 Tips Bekerja secara Efektif dan Efisien
via pixabay.com

Jika tugas yang kamu kerjakan banyak, kamu harus menuliskan daftar pekerjaan yang harus kamu kerjakan sehingga tidak ada satu pun yang tertinggal. Daftar tersebut dapat dibagi menjadi daftar tugas jangka pendek dan daftar tugas jangka panjang.

Untuk pekerjaan yang besar, kamu dapat membaginya lagi menjadi beberapa bagian sehingga pekerjaan tersebut tidak tampak berat dan kamu dapat lebih fokus mengerjakannya. Selanjutnya, kamu tentukan pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

2. Mengerjakan yang sulit lebih dahulu

Kerjakan tugas yang paling berat atau paling menantang di pagi hari. Di pagi hari kamu masih memiliki semangat, stamina dan konsentrasi yang tinggi untuk melakukan apapun. Setelah selesai mengerjakan pekerjaan yang sulit, sisa waktu kerjamu akan lebih menyenangkan karena kamu tinggal mengerjakan pekerjaan yang lebih ringan.

3. Menghindari hal yang mendistraksi

5 Tips Bekerja secara Efektif dan Efisien
via pixabay.com

Lagi asik bekerja tiba-tiba handphone-mu berbunyi danĀ chat dari temanmu masuk. Ketika kamu terlalu asik membalas chat tersebut, kamu sedang menunda pekerjaan. Selain menghabiskan waktu untuk hal yang kurang penting, fokus kerjamu juga akan terganggu. Oleh karena itu, hindari hal-hal yang menganggu fokusmu seperti handphone atau televisi.

Ketika sedang bekerja sebaiknya gawaimu diubah menjadi mode silent. Sehingga kamu tidak akan terganggu oleh bunyi notifikasi dari gawaimu dan tergoda untuk membalas chat temanmu.

4. Istirahat yang cukup

Walaupun kamu harus memanfaatkan sebanyak mungkin waktu yang ada untuk bekerja, kamu harus tetap harus meluangkan waktu yang cukup untuk beristirahat. Pastikan kamu tidur cukup di malam hari.

Kalau kamu ada kesempatan, sebaiknya tidur siang sejenak di waktu istirahat karena tidur siang walaupun hanya sebentar, banyak sekali manfaatnya. Setiap beberapa saat sekali, kamu juga harus istirahat sejenak. Sebagai contoh, setiap 60 menit sekali, istirahatlah 5-10 menit. Hal ini berguna agar tubuh dan pikiran kembali segar sehingga dapat fokus bekerja.

5. Mengontrol diri

5 Tips Bekerja secara Efektif dan Efisien
via pixabay.com

Ketika dihadapkan dengan pekerjaan yang menumpuk, kita seringkali panik. Jika panik tersebut tidak dapat diatasi, akan mengakibatkan stres.

Oleh karena itu, tariklah nafas dalam-dalam dan katakan kepada dirimu sendiri bahwa kamu mampu mengerjakan semua tugas yang dipercayakan kepadamu dengan sebaik mungkin. Selain itu, ada cara lain itu menghilangkan stres, yakni dengan melakukan aktivitas yang kamu sukai, seperti: bernyanyi, membaca buku, dan makan.

Semoga tips diatas dapat membantu kamu menyelesaikan tugas tepat waktu. Kamu punya tips lain? Share di kolom komentar ya.


 

Leave a Reply