5 Alasan Kenapa Generasi Milenial Punya Peran Penting dalam Perekonomian Indonesia

Masuknya Gojek ke Vietnam membuat bangga Indonesia. Hal ini karena kreativitas dan teknologi anak bangsa yang menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia dalam kemudahan transportasi ini tidak hanya semakin berkembang, tapi juga sudah melebarkan sayapnya ke negeri tetangga. Hal ini membuktikan bahwa generasi milenial punya peran penting dalam perekonomian Indonesia.

Kalau kamu adalah bagian dari generasi milenial, ini lima alasan kenapa kamu turut andil dalam perekonomian Indonesia.

1.    Penggerak ekonomi kreatif baru

5 Alasan Kenapa Generasi Milenial Punya Peran Penting dalam Perekonomian Indonesia
Photo by Helena Lopes from Pexels

Generasi milenial lahir di dunia yang serba digital dan terkoneksi dengan digital setiap harinya. Mereka adalah penggerak ekonomi kreatif baru karena membangun ekonomi baru lewat dunia digital. Produk yang mereka ciptakan adalah produk yang dapat mempermudah kebutuhan masyarakat secara luas. Seperti halnya Tokopedia yang dapat membantu banyak orang dalam pencarian barang pada satu toko online yang di dalamnya terdapat berbagai penjual dan jenis pilihan barang.

2.    Kesempatan bisnis terbuka lebar

Dalam dunia digital sekarang ini, ada banyak kesempatan bisnis yang terbuka lebar bagi generasi milenial. Dulu banyak orang yang tidak terpikir untuk membuka usahanya karena kesibukan bekerja dan keterbatasan modal. Sekarang banyak orang yang memiliki usaha online dengan modal nol atau dengan modal gawai saja. Seperti menjadi seorang blogger, YouTuber, Influencer, reseller paruh waktu, bahkan bisa menjadi full time profesi.

3.    Menguasai teknologi

5 Alasan Kenapa Generasi Milenial Punya Peran Penting dalam Perekonomian Indonesia
via pixabay.com

Dengan semakin canggihnya teknologi dan semakin terdigitalisasinya dunia, para milenial berlomba-lomba menguasai teknologi agar tetap exist terdepan. Perubahan sosial juga semakin terlihat dengan semakin banyaknya platform digital yang diciptakan oleh generasi milenial. Seperti platform KitaBisa Pemanfaatan teknologi digital ini akan menjadi model bisnis masa depan dan mendorong bertumbuhnya ekonomi.

4.    Memiliki informasi dan jaringan yang luas

Para milennial saling terhubung satu sama lain secara online. Berbagai informasi bisa didapatkan dengan cepat. Kecanggihan teknologi membuat mereka lebih efisien dan produktif dalam menghasilkan sesuatu tanpa mengindahkan jarak dan waktu. Dengan adanya kemudahan dalam berkomunikasi dan berinteraksi tersebut juga, para milenial memiliki informasi dan jaringan yang sangat luas.

5.    Memiliki peluang inovasi digital

5 Alasan Kenapa Generasi Milenial Punya Peran Penting dalam Perekonomian Indonesia
via pixabay.com

Perubahan teknologi saat ini sangatlah cepat. Generasi milenial memiliki karakter yaitu kritis, kreatif, tidak terikat dengan zona nyaman, memiliki motivasi yang tinggi, wawasan dan jaringan yang luas, dan gigih. Karakter tersebut membuat para milenial mudah untuk menangkap peluang inovasi digital yang besar.

Banyak start up yang dibuat oleh para generasi milenial dan sukses dikembangkan dan menciptakan lapangan pekerjaan. Seperti Go-Jek, Tokopedia, BukaLapak, Traveloka, Qlapa, Qubicle, dan lain sebagainya.

Diperkirakan pada tahun 2025, Generasi milenial di Indonesia akan berjumlah lebih dari 50% , mereka inilah yang akan menjadi penggerak roda perekonomian Indonesia. Kalau kamu salah satu generasi milenial, apakah kamu punya tips untuk tetap exist di dunia sekarang ini dan masa depan? Yuk share pendapatmu di kolom komentar di bawah ini.


 

Leave a Reply