5 Aktivitas Produktif Bagi Kamu Pengguna Transportasi Publik

Sebuah survei dari translink.co.uk kepada ratusan pengguna transportasi umum menyebutkan bahwa 85 persen dari penumpang transportasi umum merasa tidak produktif saat di perjalanan. Ditambah lagi dengan kondisi jalanan yang macet atau sumpek karena terlalu penuh dengan penumpang.

Kalau kamu adalah seorang pengguna kendaraan umum, ada caranya lho supaya perjalananmu yang kurang menyenangkan tidak terasa begitu panjang. Beberapa hal berikut bisa kamu coba lakukan agar produktif di transportasi publik.

1. Membaca santai

via pixabay.com

Studi dari translink di Irlandia utara menunjukan bahwa sekitar 49% dari penumpang bus dan kereta mengisi waktu mereka di transportasi publik dengan membaca santai (leisure reading). Buku memang merupakan jendela untuk melihat dunia.

Kamu bisa membawa buku kecil untuk dibaca selama di transportasi umum atau melalui e-book. Silahkan kamu pilih deh mana yang lebih nyaman untukmu. Selain itu, kamu juga bisa update berita dari media online dengan berbagai topik yang kamu suka. Ini akan menambah pengetahuan kamu juga kan.

 

2. Mendengarkan podcast atau audiobook

agar produktif di transportasi publik
via pixabay.com

Kata podcast akhir-akhir ini sering disebut di berbagai media. Sebenarnya apa sih podcast? Jadi, podcast adalah sebuah file digital berbentuk audio yang bisa diunduh dengan internet melalui lewat RSS 2.0 Feed.

Bagi kamu yang suka pusing kalau membaca di kendaraan, dengan podcast kamu tetap bisa terhibur dan mendapatkan berbagai informasi menarik saat berada di angkutan umum. Kamu juga bisa mendengar audio book dari novel kesukaanmu lho. Sekarang sudah banyak tersedia yang gratis kok di internet. Coba deh di-googling.

 

3. Merapihkan pesan-pesan masuk

agar produktif di transportasi publik
via pixabay.com

Di zaman serba internet ini, mudah sekali untuk mengirim dan menerima pesan. Saking seringnya, beberapa di antara kamu mungkin ada yang terganggu dengan pesan-pesan yang tidak diinginkan. Baik email-email spam, sms penipuan, pesan di media sosial dari seorang kawan atau dari grup yang menurutmu tidak pantas.

Hal ini sepele, namun terkadang memakan waktu untuk menghapusnya. Mungkin hal ini bisa kamu lakukan ketika kamu berada di kendaraan umum. Sambil mendengarkan lagu di tracklist smartphone-mu sepertinya akan lebih menarik.

 

4. Membuat daftar yang akan kamu kerjakan.

via pixabay.com

Sambil menunggu alat transportasi mengantarmu ke tempat tujuan, mungkin kamu bisa memikirkan dan menimbang apa yang akan kamu lakukan hari ini, minggu ini atau bulan ini.  Lalu tuliskanlah di buku catatan kecil atau notes di handphone.

To-do list ini jangan hanya diingat ya, karena kamu tahu kan, manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Jadi sebaiknya dicatat. Meski terkesan sederhana, tapi banyak manfaatnya loh ketika mempunyai daftar pekerjaan.

 

5. Berdoa dan mengingat Tuhan Y.M.E

via pixabay.com

Jika kamu tidak tahu apa yang harus kamu lakukan karena suasana commuter line terlalu padat hingga sulit untuk bergerak, atau kepadatan di jalan mulai membuat kepalamu pusing, mungkin ada baiknya kamu berdoa dan mengingat Tuhan.

Tak perlu mengeluarkan suara. Cukup ucapkan di dalam hati. Aktifitas ini setidaknya bisa membuatmu sedikit lebih tenang. Selain itu, kamu bisa meluangkan waktu untuk menjalin hubungan yang lebih kuat kepada Tuhan Y.M.E.

Dari aktifitas tersebut, kira-kira aktifitas apa yang kamu lakukan nanti agar produktif di transportasi publik? Oh ya, keselamatanmu tetap lebih penting lho. Jika kamu merasa terancam, sebaiknya waspada dan selalu simpan gadget di tempat yang aman.


 

Leave a Reply