5 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah

tips keuangan pasangan baru menikah

Tak dapat dipungkiri bahwa keuangan merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan dalam suatu rumah tangga. Bagi pengantin baru, mungkin belum terbiasa dengan pergeseran dan mengatur keuangan pribadi menjadi mengatur keuangan bersama. Berikut tips keuangan bagi pengantin baru agar keuangan kalian menjadi lebih terjamin:

Terbuka dengan pasangan

Komunikasi dengan pasangan
via: pxhere.com

Komunikasikan dengan pasangan, berapa penghasilan yang kamu dapatkan dan harta apa saja yang dimiliki. Jika kamu mempunyai hutang, jangan ragu untuk menceritakannya kepada pasanganmu. Sehingga pasangan tidak merasa dibohongi dan kalian bisa mencari bersama solusi terbaik untuk permasalahan hutang tersebut. Hutang juga sebaiknya dilunasi karena jika ditunda pelunasannya maka bunga yang harus dibayar juga akan semakin besar.

Buat anggaran bersama

Rencana anggaran
via: pixabay.com

Hitunglah berapa pengeluaran rumah tanggamu dalam sebulan. Jika istri turut bekerja, akumulasikan berapa pendapatan kalian. Hitunglah berapa surplus penghasilan, dari pengeluaran kalian. Sehingga kalian bisa mengetahui seberapa besar sisa penghasilan yang dapat ditabung dan dipergunakan untuk kebutuhan lainnya. Untuk pengeluaran dengan nominal yang cukup besar seperti pembelian barang elektronik, pastikan untuk selalu membicarakannya dengan pasangan. Hal ini berguna untuk mencegah pertengkaran yang mungkin terjadi di masa mendatang.

Dana darurat

Dana Darurat
via: pixabay.com

Dana darurat berguna untuk membiayai hal-hal tidak terduga yang mungkin dapat terjadi di kemudian hari seperti biaya sakit, kecelakaan, dan atau meninggal. Dana darurat berguna untuk menutupi biaya yang tidak dianggarkan dalam anggaran yang biasa dibuat. Tidak ada persentase mutlak untuk penyisihan bagi dana ini, cukup bicarakan dengan pasangan, berapa besar nilai uang yang ingin ditetapkan. Dana darurat sifatnya urgent sehingga sebisa mungkin disisihkan sedini mungkin.

Investasi

Investasi
via: pxhere.com

Setelah menyisihkan uang untuk dana darurat dan tabungan, sisihkan juga uang kalian untuk berinvestasi. Terdapat berbagai jenis investasi, mulai dari investasi emas, saham, reksa dana hingga properti. Diskusikan dengan pasangan ingin berinvestasi jenis apa. Investasi dapat dilakukan sendiri apabila pasangan enggan untuk belajar investasi atau dilakukan bersama jika ingin sama-sama berinvestasi. Untuk yang kurang mengerti tentang investasi, kalian dapat bertanya kepada konsultan keuangan untuk mendapat informasi dan rekomendasi mengenai investasi.

Evaluasi

Evaluasi
Evaluasi

Hal lain yang penting untuk dilakukan adalah evaluasi. Lakukanlah evaluasi secara berkala. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah kondisi dan rencana keuangan kalian sudah cukup baik atau belum. Sehingga apabila masih kurang baik, dapat diketahui secara dini dan dicarikan solusinya secepat mungkin. Evaluasi sebaiknya dilakukan bersama-sama dengan pasangan agar kedua pihak mengetahui bagaimana kondisi keuangan rumah tangga.

Semoga tips di atas mampu membantu kamu dan pasangan dalam mengatur keuangan rumah tangga baru kalian. Selamat menempuh hidup baru!

Leave a Reply