3 Hal Dasar Tentang Marketing

3 Hal Dasar Marketing

Marketing merupakan sebuah proses edukasi kepada konsumen tentang alasan kenapa mereka harus memilih jasa atau produk kamu dibandingkan kompetitor bisnis yang lain. Jika kamu tidak melakukan hal yang sederhana tadi, maka itu bukan termasuk ke dalam hal dasar tentang marketing.

Beberapa perusahaan salah mengartikan kalau marketing adalah mendatangkan banyak pengunjung. Padahal itu bukanlah arti dari marketing yang sebenarnya. Marketing merupakan sebuah rangkaian proses mulai dari membuat konsumen tertarik ke produk atau jasa yang kamu tawarkan, pelayanan atau customer service kepada mereka, sampai memberikan pengertian lebih kepada konsumen.

Hal tersebut akan membuat konsumen akan melakukan pembelian secara berulang kali. Bahkan sampai menumbuhkan rasa loyalitas kepada produk ataupun jasa anda. Ada banyak orang juga kebingungan mengenai perbedaan antara marketing dengan iklan dan juga penjualan. Berikut adalah tiga hal dasar marketing yang bisa menjawab kebingungan kamu selama ini.

Cara Kerja Marketing

Pemasaran terbaik diidentifikasi dengan menggunakan metode 4P atau campuran dari pemasaran: Produk, Harga, Tempat, dan Promosi (Product, Price, Place, Promotion). Cara kerja marketing dipengaruhi oleh proses analisa terhadap 4P tersebut. Semakin 4P ini mendekati target pasar kita maka semakin mudah proses marketingnya.

4P Marketing
via: pixabay.com

Seorang Entrepreneur atau perusahaan harus memastikan produk atau jasa yang  dimiliki harus siap jual. Artinya produk atau jasa yang ada merupakan sebuah kebutuhan atau yang diinginkan oleh pasar. Jika tidak, maka bersiaplah untuk segera tutup.

Setelah memiliki produk atau jasa, selanjutnya adalah harga. Hal abstrak yang cukup sulit ditentukan. Cara mudahnya adalah sesuaikan dengan market, maka harga yang dipilih akan masuk akal bagi konsumen.

Tempat yang strategis adalah tenpat yang dekat dengan target pasar kita. Meskipun lokasi sekitar kita sangat ramai dilalui banyak orang tapi jika daerah tersebut bukan target pasar kita maka akan sia-sia. Dibutuhkan juga usaha yang ekstra untuk mendatangkan mereka ke tempat kita.

Promosikan produk dan lokasi bisnismu. Pilih saluran promosi yang efektif yaitu banyak dikunjungi oleh target market bisnis kita. Jika salah memilih saluran promosi, maka kamu akan dibebani dengan sejumlah biaya iklan.

Jika kamu sudah melakukan analisa terhadap 4P (Product, Price, Place, Promotion) itu menjadi langkah awal dalam proses marketing. Hal tersebut disempurnakan dengan pelayanan yang kamu berikan pada konsumen agar mereka betah belanja di tempatmu.

Tujuan Marketing

Tujuan Marketing
via: pixabay.com

Dikutip dari thebalance.com disebutkan bahwa Evan Carmichael yang merupakan seorang konsultan bisnis mengidentifikasi tiga tujuan utama dari Marketing, yaitu:

  • Menangkap perhatian dari target pasar.
  • Memfasilitasi keputusan calon pembelian.
  • Memberikan pelayanan terhadap pelanggan secara spesifik, rendah risiko, dan memberikan kemudahan dalam berbelanja.

Tujuan-tujuan tadi  adalah sebuah proses dari marketing yaitu menampilkan produk yang menarik target pasar, memfasilitasi mereka dengan layanan yang kita berikan, sampai memberi kemudahan dalam berbelanja.

Marketing merupakan sebuah landasan dari setiap bisnis. Namun tujuan bisnis itu sendiri adalah menjual sebuah produk atau jasa. 

Jenis-Jenis Marketing

Jenis-jenis marketing sangat bergantung terhadap 4P (Product, Price, Place, Promotion). Produk yang memiliki harga mahal tentu berbeda dengan produk yang memiliki harga terjangkau seperti kebutuhan sehari-hari.

Perkembangan zaman membawa perubahan dalam proses bisnis saat ini. Jika dulu orang berjualan di pasar, saat ini dengan kecanggihan teknologi  setiap orang bisa membuat toko online. Mereka juga bisa mempromosikan usahanya secara online. Atau jika bisnis tersebut memiliki toko fisik, maka bisnis tersebut juga bisa mempromosikannya secara online agar calon pembeli bisa langsung berkunjung ke toko tersebut.

Sekarang ini semakin jelas pembagian jenis-jenis marketingnya yaitu marketing secara offline dan juga online. Sekarang konsumen juga bisa langsung dilayani melalui online atau bisa juga hanya mempromosikan bisnis saja tanpa pelayanan online. Pemilihan ini harus sesuai dengan target market pasar, tidak semua harus dipasarkan secara online ataupun offline saja. Kita bisa mengkombinasikan keduanya dengan melihat interaksi dari target market.

Secara sederhana Marketing merupakan sebuah cara menarik perhatian pembeli untuk membeli produk atau jasa layanan kita hingga berkali-kali.

Leave a Reply