7 Hal Untuk Gapai Resolusi Hebatmu

Setiap tahun kita seringkali mendengar banyak orang berbicara mengenai resolusi. Lebih sering lagi saat menyambut tahun baru, setiap orang pasti mengatakan resolusi yang ingin dicapai satu tahun ke depan. Baik itu menjadi diri yang lebih baik, mencapai suatu hal yang diinginkan ataupun ingin pergi ke suatu tempat dan mencoba hal yang baru. Resolusi adalah salah satu kata ajaib yang bisa diartikan sebagai suatu hal yang ingin dicapai oleh seseorang dalam jangka waktu tertentu. Orang-orang akan berusaha lebih giat dan berdoa lebih banyak untuk mencapai resolusi yang ingin dicapai.

Jadi, mari kita bahas tujuh kiat untuk mencapai resolusi yang kita inginkan.

Tuliskan Resolusimu

Menulis Resolusi
via: pixabay.com

Menulis resolusi merupakan salah satu upaya untuk mencapai resolusi. Kenapa? Seperti kita ketahui, bahwa manusia merupakan makhluk yang mudah melupakan suatu hal. Maka dari itu dengan menulis kita dapat senantiasa mengingat resolusi yang telah kita tulis dan ingin kita capai. Selain itu, hal ini juga mempermudah kita dalam menghindari “godaan-godaan” yang akan menjauhkan kita dari pencapaian yang kita inginkan.

Letakkan di Area yang Sering Terlihat

Meletakkan Tulisan Resolusi
via: pxhere.com

Setelah menulis, maka letakkanlah tulisan resolusi tersebut di area yang sering terlihat olehmu. Jangan disimpan dalam buku dan dibiarkan berdebu. Tapi perlihatkanlah dengan bangga, bahwa dirimu memiliki resolusi terbaik tahun ini. Agar resolusi tersebut tidak terlihat membosankan, hiaslah dan buatlah semenarik mungkin.

Rencanakan dan Targetkan

Rencanakan dan targetkan
via: pixabay.com

Langkah selanjutnya yaitu membuat rencana dan memberi target terhadap resolusi-resolusi tersebut. Buatlah perencanaan yang jelas tentang apa saja usaha yang akan dilakukan dan kapan target resolusinya akan dicapai. Contoh kamu ingin mengunjungi lima destinasi wisata di Yogyakarta tahun 2019 bulan Mei, dan hal yang harus dilakukan mulai saat ini adalah menabung dan mempersiapkan mental dan kesehatan. Dengan adanya perencanaan, maka kamu telah menjadi lebih dekat dengan resolusi tersebut.

Komunikasikan dengan Orang Terdekat

Komunikasi dengan orang terdekat
via: pixabay.com

Komunikasi adalah salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan, hal ini juga bisa menjadi salah satu jalan untuk menjadikan resolusi itu nyata. Komunikasikan setiap resolusi yang ingin kalian capai pada orang terdekat, baik itu orang tua, teman satu kos, ataupun teman curhat kalian. Yang sekiranya dapat mengingatkan dan menguatkan kamu dalam mencapai resolusi tersebut. Komunikasikan secara jelas, karena nantinya mereka inilah yang akan membantu mengingatkan apabila kalian lupa, salah ataupun keliru. Karena orang yang kuatpun terkadang butuh untuk dikuatkan dan orang yang memiliki daya ingat yang kuat-pun butuh untuk diingatkan.

Pantang Menyerah

Pantang Menyerah
via: pixabay.com

Dalam proses mencapai sesuatu, kita tidak akan selalu menemui jalan yang mulus. Jalan yang berbatu dan berduri tajam pun terkadang akan memberikan kesulitan bagi kita. Nah disinilah mental juara diuji. Setiap pemimpi ataupun orang yang ingin mencapai resolusinya harus memiliki mental juara. So, what do you mean about “mental juara”? mental juara adalah mental tahan banting atau yang biasa kita kenal dengan mental pantang menyerah. Mental baja yang bahkan apabila ada batuan tajam dan tebing curam menghadang untuk menggapai impian tersebut, maka hanya akan menjadi batu sandungan kecil bagi mereka bermental juara.

Penghargaan dan Hukuman

hukuman dan Penghargaan
via: pixabay.com

Memberi ketegasan pada diri sendiri merupakan salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mecapai keinginan yang ingin dicapai. Memberi hadiah saat kita berhasil mencapainya ataupun memberikan hukuman saat kita lalai, lupa ataupun keliru. Mungkin sebagian dari kita tidak akan tega memberikan hukuman bagi diri sendiri. Namun hukuman di sini bukan merupakan hukuman yang menjengkelkan tapi hukuman yang membangun. Seperti saat kita memiliki resolusi ingin rutin mengerjakan shalat tahajud 40 malam tanpa henti untuk membentuk sebuah kebiasaan, namun di hari ke-25 kita tidak melaksanakannya. Maka kita dapat memberi ketegasan pada diri sendiri dengan memulai dari awal lagi, dengan tidak menganggap apa yang telah kita lakukan dalam 24 hari sebelumnya.

Berdoa Dan Berserah Diri

Berserah diri dan Berdoa
via: pixabay.com

Kita seringkali mendengar perkataan, bahwa manusia hanya bisa berusaha, namun Tuhan yang menetukan. Maka dari itu selain melakukan berbagai usaha, kita juga harus memperbanyak doa. Berdoa bahwa apa yang kita lakukan merupakan hal yang baik, hal yang tidak akan merugikan orang lain. Setelah berdoa, hal selanjutnya yang dilakukan manusia adalah berserah diri. Namun perlu dicatat, bahwa berserah diri dilakukan setelah kita melakukan usaha terbaik dan memanjatkan doa terbaik secara terus menerus. Jadi jangan sampai kita salah dalam memaknai arti berserah diri.

Jadi apapun resolusi yang kamu inginkan, pastikan bahwa kamu telah memberikan usaha dan doa terbaikmu dalam mencapai resolusi tersebut. Jika gagal, jangan meratapi kegagalan tersebut dalam waktu yang lama. Bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kamu bisa mencapai apa yang telah kamu mulai. Selamat mencoba dan semoga beruntung.

Tulisan di atas adalah kiriman dari Riski Saputra. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply