Ubah Pandangan Kartu Kredit Sekarang!

Bagi Anda yang memiliki kartu kredit, beberapa hal ini harus diperhatikan agar tidak terjabak dalam hutang. Sebelum Anda memutuskan untuk memiliki kartu kredit ada baiknya bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Jadi, Anda harus mengubah pandangan kartu kredit yang selama ini Anda bayangkan. Mudahnya bertransaksi menggunakan kartu kredit membuat Anda semakin berperilaku konsumtif. Hal ini juga diperkuat oleh Data Riset Nielsen tahun 2016 menunjukkan bahwa confident index orang Indonesia mencapai angka 101. Artinya Indonesia positif menanggapi perekonomian. Negatifnya orang Indonesia jadi terjebak shopaholic.

Jadi hal ini perlu Anda perhatikan dalam mengelola kartu kredit.

  1. Ubah pola pikir kartu kredit bukan uang tambahan! 
    Kartu Kredit Bukan Uang Tambahan
    via wikimedia.org

Dengan memiliki kartu kredit bukan malah membuat Anda dengan leluasa bisa mengikuti kehendak keinginan untuk berbelanja. Kebanyakan orang menggunakan kartu kredit  sampai batas limit kartu kredit. Padahal pemasukan Anda dalam sebulan tidak melebihi limit kartu tersebut. Hal ini yang membuat Anda harus menanggung bunga dalam tiap cicilannya. Jika Anda membeli sesuatu selalu ingat bahwa, hanya memiliki uang yang Anda dapat tiap bulannya. Penggunaan kartu kredit hanya lebih baik digunakan jika Anda sedang mengalami keadaan darurat.

  1. Manajemen diri atas kartu kredit yang ketat! 
    Manajemen diri Mengenai Kartu Kredit
    via wikimedia.org

Sebaiknya, di dalam dompet Anda tidak memiliki lebih dari 3 kartu kredit. Jika Anda masih belum bisa mengingat tanggal jatuh tempo pembayaran setiap kartu kredit, ada baiknya Anda hanya menggunakan sedikit kartu kredit saja. Bahkan ada beberapa fitur kartu kredit yang bisa mengunci penggunaannya medekati tanggal jatuh tempo. Namun ada baiknya Anda juga menunda pembelanjaan ketika kartu kredit tersebut mendekati jatuh temponya.

Selain tanggal jatuh tempo, Anda juga harus disiplin dalam pembayaran dengan menghindari atau bahkan tidak memilih bayar minimal. Harus diingat bahwa setiap barang yang dibeli, Anda harus membayarnya. Jika Anda membeli barang yang mengharuskan mencicil, harus memilih tenor atau jangka waktu yang paling sedikit.

  1. Selamat dan nikmati beragam keuntungannya.
Nikmati Keuntungan Kartu Kredit
via maxpixel.net

Bagi Anda yang sudah memperhatikan dan melakukan langkah di atas, tentu akan memperoleh keuntungan dari mulai potongan harga, poin, dan beragam lainnya. Kebanyakan orang memikirkan promo yang diberikan namun ketika saat tiba waktu pembayaran akan menunda. Akan tetapi jika Anda bijak dalam menggunakan kartu kredit tersebut selain Anda dapat memenuhi kebutuhan, Anda juga akan mendapatkan keuntungan diskon atau promo barang yang menjadi kebutuhan atau keinginan lainnya.

Jadi, apakah Anda merupakan orang yang sudah bisa membedakan kebutuhan dan keinginan? Apakah Anda bisa menahan diri untuk tidak mudah tergoda dengan diskon yang diberikan? Jika belum bisa menahan diri sebaiknya Anda  mengurungkan untuk menggunakan kartu kredit.

Tulisan di atas adalah kiriman dari Adi Nugroho. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply