Ide Pengelolaan Sampah Hingga Menjadi Rupiah

Pemanfaatan Sampah Kertas

Apa yang kamu lakukan pada sampah plastik yang ditemukan di sekitar lingkunganmu? Jika kamu berpikiran hanya orang yang memiliki kreativitas saja yang dapat mengubah sampah menjadi barang yang bernilai, bisa jadi kamu salah. Kreativitas tidak datang dengan begitu saja, namun berbeda jika kamu merupakan orang yang tekun serta ulet dan mau mencoba.

Berikut adalah barang-barang yang dapat dengan mudah ditemukan di sekitarmu namun dapat diubah menjadi barang yang bernilai ekonomis;

Botol Plastik Bekas

Pemanfaatan Botol Bekas
via: pixabay.com

Jika melihat botol plastik bekas kemungkinan besar kamu akan membuang botol tersebut. Namun ada beberapa orang yang melihat limbah botol plastik tersebut menjadi lampion, hiasan rumah, menjadi mainan untuk anak bahkan ada yang mengubah botol tersebut untuk becocok taman sehingga memperindah nilai artistik pada rumah.

Plastik Bekas

Pemanfaatan Plastik Bekas
via: pixabay.com

Ketika kamu membeli kebutuhan pokok berbentuk refil sudah pasti kemasan yang dipakai berbahan plastik. Seperti bungkus minyak goreng, pembersih lantai dan kamar mandi, kecap dan saus, pewangi pakaian saat mencuci. Hampir semua kebutuhan keseharian yang kamu beli berbahan dasar plastik. Berbekal ketekunan kamu bisa memanfaatkan sampah plastik tersebut menjadi kerajinan tangan seperti tas, membuat hiasan tanaman dan bahkan ada yang membuat sampah plastik tersebut menjadi bahan baku pembuatan paving blok untuk jalan.

Limbah Kayu

Pemanfaatan Limbah Kayu
via: pixabay.com

Kebanyakan limbah plastik berupa potongan sisa kayu atau serpihan bekas pemotongan kayu. Derngan bermodal alat perkakas yang ada di rumah kamu bisa mengubah potongan atau bahkan hiasan dinding yang bisa bernilai ekonomis. Pemanfaatan penggunaan limbah kayu memang sebagian besar digunakan dalam kategori kerajinan tangan atau hiasan rumah.

Sisa Makanan yang tidak digunakan

Pemanfaatan Bonggol Jagung
via: urbanhidoponik.com

Sisa pengelolaan seperti bonggol jagung, akar sayur bayam, kangkung atau masih banyak lagi di sekitarmu. Mungkin bagi kamu yang senang memasak akan membuang sisa bahan makanan yang tidak terpakai tersebut. Padahal salah satu pengrajin bonggol jagung, Edi Junaedi pria asal Bogor ini mengubah sampah tersebut menjadi barang yang bisa dijual dari harga seratus ribu sampai dengan 3 juta rupiah setiap kerajinan yang dia buat dengan bahan dasar bonggol jagung. Selain kerajinan tangan dan hiasan, kamu juga bisa membuat pupuk dari bahan bahan yang tidak berguna tersebut. Bagi kamu yang memiliki hobi bertanam, sampah tersebut juga bisa kamu tanam kembali hingga berbuah.

Sampah Kertas atau Koran

Pemanfaatan Sampah Kertas
via: pxhere.com

Berhentilah menjual kertas atau koran kepada pengepul barang bekas keliling yang bisa kamu temui di sekitar rumah. Pemanfaatan limbah kertas ini terbilang sangat mudah dilakukan daripada limbah lainnya. Sebagai contoh limbah kertas yang ditemukan, kamu bisa memilih terlebih dahulu untuk selanjutnya kamu bentuk menjadi vas bunga, penutup lampu atau sesuai kehendak yang diinginkan.

Jadi, apakah kamu akan mencoba memanfaatkan barang yang bisa kamu temukan di sekelilingmu menjadi barang yang bernilai? Oh ya, yang terpenting jangan takut ketika kamu gagal dalam mencoba mengubah barang tersebut.

Tulisan di atas adalah kiriman dari Adi Nugroho. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply