5 Museum Makanan yang Menarik untuk Dikunjungi

Mengisi liburan dengan jalan-jalan ke luar negeri tentunya sangat menyenangkan. Apalagi kalau bisa berkunjung ke tempat-tempat yang sangat menarik seperti museum. Bagi yang nggak terlalu suka datang ke museum, pastinya sulit nolak untuk datang ke lima museum makanan yang menarik untuk dikunjungi berikut ini.

1.     Museum Seni Cokelat “Le Musée Art du Chocolat Lisle-sur-Tarn”, Perancis

5 Museum Makanan yang Unik dan Menarik untuk Dikunjungi
via tourisme-tarn.com

Mungkin kalau mendengar museum cokelat, kamu terbayang dengan film Willy Wonka & the Chocolate Factory. Tapi museum cokelat yang terletak di Lisle-sur-Tarn Perancis ini berbeda dengan pabrik cokelat.

Di museum ini, selain kamu bisa belajar tentang sejarah cokelat kamu juga bisa melihat banyak benda seni seperti patung-patung yang dibuat dengan bahan dasar coklat. Kalau kamu ingin untuk mengunjungi museum ini, kamu bisa datang pada hari Selasa sampai dengan Minggu karena hari Senin museum ini tutup.

2.     Museum Keju, Belanda

Keju Belanda yang terkenal adalah Keju Gouda dan Edammer. Bagi pencinta keju tentunya gak mau ketinggalan jika ada kesempatan untuk berkunjung ke Museum Keju Alkmaar. Museum ini memberikan banyak informasi tentang pembuatan keju dan jenis-jenis keju yang ada Belanda. Museum yang terletak di Alkmaar ini sudah berdiri sejak tahun 1983.

Kamu bisa berkunjung ke museum ini dengan biaya 5 Euro untuk dewasa dan 2 Euro untuk anak-anak usia 4-12 tahun. Jika kamu membawa anak dengan usia di bawah 3 tahun, memiliki kartu Alkmaarpas atau Museumkaart, kamu bisa masuk secara gratis.

3.     Museum Cup Noodles,  Jepang

Gelato Carpigiani
via wikimedia.org

Kalau kamu penggemar berat mi ramen, kamu harus datang ke museum yang memiliki banyak koleksi mi ramen ini. Museum Cup Noodles atau museum mi gelas ini terletak di Yokohama, Jepang.

Di museum ini nggak hanya ditampilkan berbagai macam kemasan mi gelas saja, tapi di sini kamu juga bisa belajar membuat mi ramen, mendekorasi gelas mi instan, dan memasukkan berbagai bahan-bahan tambahan apa saja ke dalam mi gelas sesuai dengan seleramu. Menarik bukan?

4.     Museum Gelato Carpigiani, Itali

Bagi penggemar es krim harus datang ke museum yang satu ini. Di Museum Gelato Carpigiani terletak di kota Bologna, Italia, ini kamu bisa melihat transformasi gelato dari masa ke masa. Selain itu ada juga kelas membuat es krim gelato untuk anak-anak hingga orang dewasa. Di museum ini kamu juga bisa mencoba rasa es krim gelato dari masa ke masa.

5.     Museum Kimchi , Seoul

via Wikimedia.org

Bagi penggemar kuliner Korea khususnya Kimchi dan Kimjang, kamu harus mengunjungi museum Kimchi atau Kimchi Field Museum di kota Seoul. Makanan khas Korea ini sudah menjadi Warisan Budaya Tak Berwujud oleh UNESCO. Di museum ini, selain bisa mengetahui sejarah Kimchi yang sudah ada sejak 1500 tahun lalu, para pengunjung juga dapat merasakan berbagai jenis kimchi.

Dari lima museum makanan di atas, museum mana yang paling ingin kamu datangi? Tulis jawabanmu di kolom komentar di bawah ini ya.


 

 

Leave a Reply