7 Hal Yang Bisa Meningkatkan Produktivitas Kerjamu

Pernahkah kamu merasa waktu kerjamu kurang? Banyak kerjaan yang terlantar dan banyak yang belum terselesaikan saat jam pulang kantor sudah tiba? Mungkin kamu masih belum tepat dalam mengatur waktu dan beban kerjamu. Adakalanya kita perlu melakukan introspeksi diri atas sistem kerja yang kita lakukan. Apakah sudah tepat dan benar sesuai kondisi dan kebutuhan?

Setelah melakukan introspeksi kita perlu menentukan rencana untuk meningkatkan produktivitas kerja kita. Lima hal berikut bisa kita masukkan sebagai amunisi untuk meningkatkan produktivitas kerjamu.

1. Buat To Do List

via maxpixel.net

Ketika kita memiliki banyak tugas yang harus dikerjakan buatlah to do list. Urutkan mulai dari yang paling prioritas, paling mendesak dan paling utama untuk dikerjakan diikuti dengan daftar-daftar lainnya. To do list akan menjadi panduan dan cek list atas pekerjaan-pekerjaan yang perlu kita kerjakan.

2. Fokus

via pxhere.com

Para perempuan biasanya merasa memiliki kemampuan multitasking, sehingga seringkali mengerjakan beberapa hal dalam waktu yang bersamaan. Padahal jika kamu ingin meningkatkan produktivitas kerjamu, tinggalkan kebiasaan multitasking! Tetapkanlah fokus pada kegiatan dan tugas yang menjadi prioritas dan utamakan energi serta pikiranmu pada kegiatan dan tugas tersebut. Dijamin tugasmu akan lebih cepat selesai.

3. Tetapkan Tujuan

via pxhere.com

Setiap kegiatan dan aktivitas yang kita lakukan mestilah memiliki tujuan. Tetapkan tujuanmu terlebih dahulu sebelum menetapkan dan melakukan banyak kegiatan. Melakukan kegiatan tanpa adanya tujuan bagi diri dan hidupmu hanya akan menambah kesibukan dan membuang waktumu yang berharga.

4. Atur Penggunaan Waktu

via maxpixel.net

Time is money, ujar Benjamin Franklin. Itulah pepatah yang menganalogikan betapa berharganya waktu kita. Sehingga, kita sudah seharusnya mengatur penggunaan waktu sebaik-baiknya. Jangan buang waktumu untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang tak memiliki tujuan. Selalu ingat pepatah ini di dalam otakmu.

5. Kurangi Waktu untuk Melihat Media Sosial

via pixabay.com

Media sosial adalah candu, satu kali kita mengecek media sosial, tak terasa kita telah menghabiskan beberapa puluh menit hingga berjam-jam hanya untuk memandangi smartphone dan menyusuri semua media sosial yang kita miliki. Ada baiknya, kita menjauhkan smartphone saat kita bekerja untuk mengurangi distraksi pada pekerjaan.

6. Katakan Ya dan Tidak

via pixabay.com

Kita harus tahu kapan kita harus berkata ya dan tidak pada ajakan atau permintaan dari rekan-rekan kerja. Jika kita mengiyakan semua ajakan dan permintaan yang tidak berhubungan dengan tanggung jawab maupun tidak memberikan manfaat bagi diri kita maka kita akan disibukan dengan segala macam yang dapat mengurangi produktivitas diri.

7. Delegasikan Tanggung Jawab

via pixabay.com

Ketika kita berada di dunia kerja kita pasti memiliki rekan kerja ataupun bawahan, dan kita semestinya bisa memahami tugas rekan dan bawahan yang berhubungan dengan pekerjaan kita. Dengan memahami pekerjaan, kita jadi bisa mendelegasikan tugas dengan tepat dan baik kepada rekan kerja maupun kepada bawahan.


 

Leave a Reply