7 Cara Menekan Keinginan Belanja untuk Perempuan

Sebuah pekerjaan akan makin terasa ringan setelah kita menerima gaji. Jerih payah selama satu bulan bisa terbayarkan lewat uang keringat tersebut. Namun, masih banyak orang, khususnya perempuan, yang memiliki sifat konsumtif akan sesuatu barang baru.

Tak ada salahnya memang untuk memanjakan diri. Namun kamu juga mesti memikirkan apa saja kebutuhan yang harus kamu prioritaskan. Untuk meredam keinginan kamu dalam berbelanja, yuk simak bagaimana cara menekan keinginan belanja untuk perempuan di bawah ini!

1.      Buat Daftar Prioritas Kebutuhan

7 Cara Menekan Keinginan Belanja untuk Perempuan
via pixabay.com

Hal ini menjadi awal dan wajib dalam menekan keinginan belanja kaum perempuan. Kamu bisa fokus pada kebutuhan dan tujuan kamu dalam berbelanja. Misalkan kamu membutuhkan sebuah kendaraan demi mempemudah dalam bekerja, kamu bisa mencicil sebuah motor. Jangan malah membeli make up dan aksesoris barang lainnya ya!

2.      Jangan Merasa Kaya

Ini adalah penyakit yang akan kamu rasakan setelah memperoleh gaji. Begitu kamu menerima uang jerih payah keringat itu, kamu langsung menjadwalkan untuk pergi ke mall, atau nongkrong di tempat mewah bersama kawan-kawanmu. Sesekali sih boleh, namun jangan sampai keseringan. Bisa-bisa kamu tercekik sendiri dari pola hidup keliru yang kamu bangun itu.

3.      Sering Melihat Online Shop

7 Cara Menekan Keinginan Belanja untuk Perempuan
via pixabay.com

Para perempuan seringkali meluangkan waktunya untuk berselancar di produk online shop. Dari situlah, muncul sebuah keinginan untuk menghabiskan lagi uang gajian kamu. Kurang-kurangi perilaku ini demi menekan pengeluaranmu.

4.      Bawa Uang Secukupnya

Jika kamu tengah bepergian, pastikan kamu membawa uang yang cukup untuk kamu keluarkan di hari itu juga. Jangan terlalu banyak dalam membawa uang. Bisa-bisa niatmu untuk hemat bisa ludes saat itu juga.

5.      Tinggalkan Kartu ATM atau Kartu Kredit

7 Cara Menekan Keinginan Belanja untuk Perempuan
via pixabay.com

Cobalah untuk nekat dalam hal ini. Walaupun ATM atau kartu kredit bisa menjadi penyelamat, namun kamu harus bisa memperhitungkan pengeluaran yang akan kamu pakai. Ini bisa melatih mental kamu untuk irit seminimal mungkin.

6.      Jauhi Area Diskon

Nah ini juga tak kalah penting. Cobalah menggunakan prinsip kaca mata kuda. Jangan sering melihat ke sana ke mari. Apalagi jika ada diskon yang menggiurkan. Jangan pernah tertipu dengan bisikan diskon yang ada di sekitarmu.

7.      Fokus pada Toko yang Kamu Singgahi

7 Cara Menekan Keinginan Belanja untuk Perempuan
via pixabay.com

Sama seperti diskon, fokuskan niat kamu pada toko yang menjual kebutuhan prioritas. Jangan sampai tergoda dengan tokoh sekitarmu yang padahal tidak penting-penting amat. Hal ini bisa membantu kamu dalam fokus berbelanja kebutuhan dasar.

Bagaimana para kaum hawa? Bisa kah kamu mengikuti cara di atas? Ingat niat kamu di awal ya. Jangan sampai tercekik di pertengahan bulan. Selamat mencoba!


 

Leave a Reply