5 Peluang Usaha Saat Kuliah yang Perlu Kamu Jajaki

Ketika duduk di bangku kuliah itu artinya kita sudah beranjak dewasa dan memiliki kebutuhan yang lebih banyak dari pada sebelumnya kan? Mulai dari kebutuhan baju-baju untuk kuliah, gadget, make up, jalan-jalan dan juga tabungan untuk keperluan-keperluan mendesak. Tentunya, kita juga mulai bertanggung jawab untuk kebutuhan-kebutuhan sekunder dan tersier kita dong ya!

Namun saat kuliah, kita juga bisa lebih leluasa mengatur waktu belajar dan kelas kita bukan? Kesempatan dan peluang ini bisa kita manfaatkan untuk memulai usaha yang bisa kita jalankan sembari menjalankan tanggung jawab perkuliahan kita. Nah, ada banyak peluang usaha dan pekerjaan yang bisa kita lakukan di sela-sela waktu perkuliahan kita. Di antara banyaknya peluang usaha dan pekerjaan yang ada, berikut ini 5 peluang usaha saat kuliah yang bisa kita ambil sesuai dengan kemampuan dan tren gaya hidup masa kini.

1. Pemandu Wisata

via wikimedia.org

Tren traveling saat ini adalah hobi yang semakin menjamur. Jika kamu kuliah dan berdomisili di tempat-tempat tujuan wisata, menjadi tour guide bisa menjadi pilihan bisnis yang menyenangkan. Selain bisa ikut jalan-jalan, kamu bisa menambah teman, jejaring dan pengetahuan akan potensi wisata dan kearifan lokal di daerahmu. Kamu akan dapat nilai plus lagi kalau kita bisa meng-guide wisatawan mancanegara! Yang pasti kamu harus bermodalkan bahasa asing, paling tidak bahas Inggris yang baik ya.

2. Blogger dan Influencer

via Flickr.com

Saat ini sektor-sektor industri, jasa, keuangan, hingga pemerintah seringkali menggandeng blogger dan influencer untuk menjadi partner promosi mereka. Blog dan sosial media yang memiliki engagement yang bagus dengan followers bisa menjadi ladang usahamu loh! Yuk, coba mulai menulis dan rawat sosial media mu! Dan jangan lupa mem-branding dirimu sebaik-baiknya di sosial media ya!

3. Jasa Grafis Desain

Via Flickr.com

Saat ini, semua materi promosi dan marketing akan disebarkan via media sosial dan tak lagi dinarasikan hanya melalui teks. Trennya saat ini lebih ditekankan pada konten visual yang menarik. Jika kamu memiliki kemampuan desain grafis yang bagus, kamu bisa mengembangkan dan menawarkan jasamu loh!

4. Jasa Foto dan Video

Ketika era kekinian menjadi jaman yang hits dengan tren audio visual, jasa foto dan video yang kamu tawarkan akan mendapatkan banyak konsumen. Tinggal kuatkan dan tingkatkan terus kualitas foto dan video-mu. Semakin bagus dan menarik tentu akan meningkatkan daya tarik dan nilai jual jasamu.

5. Kursus Privat

Flickr.com

Terlihat seakan ketinggalan jaman, namun jangan salah kursus privatĀ masih terus dibutuhkan dan banyak peminatnya loh. Kursus privat dibutuhkan untuk pendampingan belajar bagi anak yang kesulitan belajar di sekolah, ujian kenaikan kelas, ujian kelulusan, ujian masuk sekolah hingga kursus-kursus bahasa asing.

Kamu mau mencari uang tambahan sekalian mengumpulkan pengalaman bisnis selama kuliah? Yuk coba salah satu peluang bisnis di atas.


 

Leave a Reply