Bank-Bank Milik Negara Kerja Sama Kembangkan Teknologi Cloud

Himbara Cloud

Himpunan Bank-bank Milik Negara atau Himbara, kerja sama mengembangkan teknologi cloud untuk mendukung tranformasi digital menuju industri 4.0. Oleh karena itu, Himbara menggelar Himbara Cloud Innovation Day dengan tema Facing Industry 4.0: Journey to Cloud Computing yang diselenggarakan pada Kamis, 20 Desember 2018 di Asembly Hall, Menara Mandiri, Jakarta.

Pengguna internet di Indonesia semakin hari terus bertambah, begitupula dengan penggunaan internet yang terus meningkat baik perorangan, indutri maupun layanan keuangan. Hal ini diungkapkan oleh Andi Nirwoto ketua Task Force Cloud Himbara sekaligus Direktur IT PT Bank Tabungan Negara Tbk.

“Menghadapi perkembangan ini, Himbara bersinergi dalam melakukan transformasi digital dengan salah satu yang utama adalah mengoptimalkan cloud computing untuk meningkatkan kualitas layanan bagi masyarakat serta mengembangkan bisnis,” kata Andi Nirwoto.

Dengan adanya teknologi cloud akan memberikan kecepatan, flesibilitas, dan efisiensi dalam penyediaan infrastruktur IT. Selain itu, manajemen waktu untuk membentuk sistem baru juga dikelola dengan bagus.

Bukan hanya berbagi host saja, Himbara juga bisa meningkatkan operasional dari sisi pengelolaan kualitas bisnis melalui sistem manajemen risiko dan juga untuk mencegah Fraud.

Himbara Kembangkan Himbara cloud
Himbara Kembangkan Himbara cloud

“Yang kami kejar saat ini adalah agility untuk mengembangkan bisnis. Harus ada support system yang kuat dari back end yang dapat mendukung kinerja agar lebih cepat dan fleksibel. Kapanpun kapasitas naik kami harus siap.” tambah Andi Nirwoto.

Pada kesempatan yang sama, menurut Direktur Teknologi Informasi dan Operasi Bank Mandiri Rico Usthavia Frans, dengan perkembangan teknologi yang cepat, serta untuk mendukung tranformasi digital di era industry 4.0, Bank Mandiri menghadirkan teknologi berbasis cloud, yani Mandiri Cloud.

“Cloud computing merupakan pondasi dari beberapa teknologi yang menjadi pemantik dalam revolusi industri 4.0, seperti Artificial Intelegence, Block Chain, dan Data Science. Mandiri Cloud yang diterapkan oleh Bank Mandiri didukung oleh sistem yang aman, cepat, dan fleksibel,” jelas Rico.

Peluncuran Mandiri Cloud
Peluncuran Mandiri Cloud

Mandiri Cloud dari Bank Mandiri dikembangkan menjadi hybrid cloud, sehingga hal ini dapat bersinergi  dengan Himbara untuk dieskplorasi dan pengunaan bersama.

Saat ini komputasi awan dibutuhkan perbankan demi memperkuat infrastruktur layanan, utamanya untuk mengantisipasi cepatnya teknologi layanan pembayaran non tunai. Selain itu juga mampu melindungi berbagai aplikasi, data, dan pengguna di berbagai lingkungan komputasi awan. Hal ini seperti diungkapkan oleh Cin Cin Go, Country Manager VMWare.

“Dunia perbankan dan industri keuangan membutuhkan infrastruktur jaringan baru yang mampu melindungi beragam aplikasi, data, dan pengguna di berbagai lingkungan Cloud. Dengan demikian, perbankan, khususnya bank-bank milik negara, dapat dengan cepat menjawab tantangan dan kompetisi layanan pembayaran non-tunai,” ungkap Cin Cin Go.

Leave a Reply