5 Pelajaran yang Didapat dari Binatang

Kita dapat belajar dari banyak hal. Pelajaran didapat bukan hanya dari sekolah, universitas dan kursus. Tapi juga bisa kita dapatkan dari lingkungan. Selain itu, kita juga bisa dapat pelajaran dari binatang. Simak dibawah ini pelajaran yang bisa didapat dari binatang:

1. Cerdik dan lincah

5 Pelajaran yang Didapat dari Binatang
via pixabay.com

Kijang adalah binatang yang dikenal cerdik. Selain cerdik, ia merupakan binatang yang lincah. Ia memiliki kaki yang kuat dan mampu berlari dengan cepat. Selain berlari, ia mampu menendang atau mendepak ketika ia merasa dalam bahaya.

Kijang juga mampu beradaptasi baik dalam iklim dingin maupun panas. Ia juga mampu produktif bekerja baik di siang hari maupun malam hari. Dari kijang kita bisa belajar untuk pintar beradaptasi dengan lingkungan.

2. Bekerja sama dan bertanggung jawab

5 Pelajaran yang Didapat dari Binatang
via pixabay.com

Lebah adalah binatang yang hidup berkelompok. Dalam kelompok, lebah terbagi menjadi 3 jenis. Yang pertama adalah ratu lebah yang bertugas menghasilkan keturunan. Kemudian lebah penjaga yang bertugas untuk mengasuh dan menjaga bayi-bayi lebah dari musuh yang datang.

Terakhir lebah pekerja yang bertugas untuk mencari dan mengumpulkan makanan bagi koloninya. Dari lebah kita belajar untuk bertanggung jawab atas setiap tugas kita. Kita juga belajar bekerjasama dengan teman kita  yang memiliki tugas yang berbeda dengan ketika sehingga dapat saling melengkapi.

3. Mampu melewati masa sulit

5 Pelajaran yang Didapat dari Binatang
via pixabay.com

Elang merupakan suatu binatang yang mampu hidup mencapai 70 tahun. Tetapi untuk mencapai umur panjang tersebut elang harus melewati masa yang sukar dalam hidupnya. Pada umur 40 tahun elang akan dihadapkan pada pilihan yang sulit. Ketika berumur 40 tahun, paruh elang telah panjang dan membengkok.

Kemudian cakarnya telah menua dan sayapnya menjadi tebal sehingga membuatnya sulit untuk terbang. Pada saat itu ia harus memilih pilihan yang sulit yakni untuk menunggu kematian atau harus menjalan transformasi yang menyakitkan.

Untuk melakukan transformasi, elang harus terbang tinggi ke puncak gunung dan membuat sarang di tepi jurang dan tinggal disana selama berbulan-bulan sampai transformasinya selesai. Ia harus mematukkan paruhnya pada karang hingga paruhnya terlepas.

Dengan paruh yang baru ia harus mencabut semua cakarnya. Ketika cakar barunya sudah tumbuh, ia harus mencabut semua bulunya. Dengan paruh, cakar dan bulu yang baru elang mampu hidup 30 tahun barunya dengan penuh energi.

Dari elang, kita belajar untuk tidak menyerah melalui proses yang panjang. Karena dibalik pengorbanan itu akan ada hal indah yang menanti kita.

4. Penuh cinta dan setia

5 Pelajaran yang Didapat dari Binatang
via pixabay.com

Anjing adalah binatang yang sangat setia. Ia merupakan teman baik manusia. Tidak peduli bagaimana keadaan dan perasaanmu, baik senang, susah maupun sedih anjing akan setia menemanimu.

Selain itu, anjing juga merupakan binatang yang mempunyai cinta yang besar. Anjing akan menunggumu pulang ke rumah dan berlari dengan semangat ke arahmu ketika kamu pulang. Dari anjing kita bisa belajar untuk hidup penuh cinta dan setia.

5. Solidaritas dan bekerja keras

5 Pelajaran yang Didapat dari Binatang
via pixabay.com

Meskipun tidak memiliki pemimpin, semut mempunyai rasa kesatuan dan kebersamaan yang tinggi. Semut selalu bekerja sama dalam segala hal. Selain itu mereka adalah binatang pekerja keras yang selalu mengumpulkan makanan. Dari semut kita belajar bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan orang lain.

Semoga melalui artikel di atas, kita dapat belajar banyak yang tentang kehidupan dan mampu menjadi pribadi yang lebih baik lagi.


 

Leave a Reply