4 Cara Sukses Bisnis dengan Media Sosial

Saat ini muncul tren bisnis yang unik yaitu berbisnis di media sosial. Banyak akun personal media sosial yang mendadak berjualan. Berbagai cara mereka lakukan mulai dari cara soft selling sampai cara hard selling dalam berbisnis.

Kalau kita punya teman yang akun media sosialnya berubah menjadi akun berjualan, mungkin kita jadi agak risih jika mereka posting jualan terus-menerus. Namun, mungkin juga kamu jadi mulai tertarik menjadi entrepreneur dan sedang mencari cara sukses bisnis dengan media sosial. Berikut kami bahas 4 cara sukses bisnis dengan media sosial.

 

1 Riset Market Bisnis

via cdn-images

Bisnis yang baik adalah yang segera dimulai. Namun, kamu tetap harus mempersiapkan segala sesuatunya. Salah satunya adalah melakukan riset market bisnis. Langkah awal ini digunakan agar memudahkan dalam mengambil keputusan dan juga melakukan efesiensi kerja.

Kamu bisa mencari tahu situs media sosial apa yang paling banyak digunakan oleh market bisnis. Sehingga kamu tidak perlu meraba-raba lagi dalam memilih channel media sosial yang tepat.

 

2 Pilih Channel yang Cocok

via yourmarketingdepartmentct.com

Setelah kamu mengetahui siapa market bisnismu, selanjutnya coba pelajari setiap channel yang ada. Cocokkan dengan market bisnis kamu. Pilih channel dimana orang-orang dari market bisnismu paling banyak berkumpul.

Cara ini berguna untuk menekan pengeluaran iklan dengan cukup signifikan. Kamu tidak perlu mencoba semua channel, cukup pilih satu atau dua saja yang paling banyak digunakan oleh market bisnismu.

 

3 Buat Konten yang Powerful

via flickr.com

Seperti yang sudah dikatakan di awal, terkadang cukup menjengkelkan jika sosial media kita penuh dengan teman yang berjualan. Kamu tentu tidak ingin dicap oleh teman-teman sebagai tukang spam dong.

Agar terhindar dari hal itu maka perlu dibuat sebuah konten yang sesuai dengan channel kamu dan market bisnismu. Pelajari lagi bagaimana ciri khas penyajian konten di sosial media yang kamu pilih dan cari tahu jam berapa media sosial tersebut paling aktif. Jika sudah, buatlah konten yang powerful sehingga membuat para pengunjung merasakan manfaatnya dan tertarik membeli produkmu.

 

4 Update Secara Konsisten

via pixabay.com

Jika sudah memiliki amunisi konten berkualitas dan sudah mengetahui waktu-waktu prime time dari media sosial yang kamu pilih, selanjutnya lakukanlah update secara konsisten. Jangan buat follower kamu kecewa karena kamu jarang update konten. Buat para follower kamu menunggu setiap postinganmu. Jika sudah seperti itu maka siap-siap kebanjiran orderan.

Itulah tadi empat cara sukses bisnis di media sosial. Setelah ini, cobalah praktekkan salah satu langkah di atas. Lihat perubahan yang terjadi pada media sosialmu dan tentu saja jumlah saldo di rekeningmu.


 

Leave a Reply