Saat Produktivitas Mandek Perhatikan 3 Hal Berikut Ini

Setiap orang pasti punya rencana atau cita cita. Setiap saat kita berusaha menggapai cita cita tentu akan menghadapi ragam kesulitan yang berbeda. Sering kali kesulitan-kesulitan tersebut membuat kita terpuruk pada keadaan diam. Hal ini berbahaya. Diam saat menghadapi hambatan akan membuat produktivitas kita mandek dan potensi kita tak berkembang. Jika kamu menemui keadaan seperti ini cobalah tiga hal berikut agar bisa bangkit saat produktivitas mandek.

 

1. Fokus

via pixabay.com

Pikiran yang bercabang karena ragam persoalan rumit sering membuat kita kelimpungan hingga tak tahu lagi apa yang harus dikerjakan. Pada saat seperti ini diperlukan fokus untuk menghadapi berbagai hambatan.

Kaca pembesar bisa menghasilkan panas yang tepat untuk mengumpulkan sinar guna membakar sebuah kertas. Ini praktik ilmu pengetahuan yang pernah kita kerjakan di waktu sekolah dulu kan? Di sinilah kita melihat bahwa fokus bisa menghasilkan energi untuk menghasilkan sesuatu.

Hal serupa bisa kita terapkan untuk meningkatkan produktivitas. Cobalah untuk fokus pada satu masalah terlebih dahulu, lalu kerjakan selangkah demi selangkah tahapan penyelesaiannya. Kerjakan dengan teliti. Jika gagal ulangi dengan konsentrasi lebih hingga pekerjaan tuntas terselesaikan.

Fokuslah untuk menemukan apa saja tugas kita. Fokuslah melihat apa saja kemampuan kita lalu lakukan segera pekerjaan yang menjadi tugas kita. Fokus dan kerjakan mulai dari sekarang karena kalo bukan sekarang kapan lagi?

 

2. Petakan arah tindakan

via pixabay.com

Ketika kita fokus pada solusi dan tindakan alih-alih pada hambatan, maka kita akan bisa fokus pula dalam mengerjakan tugas. Di saat itulah kita bisa mulai memetakan langkah yang akan kita jalani. Setelah A lanjut ke B, lalu ke C dan seterusnya.

Dengan peta ini kita bisa tahu apa saja hambatan yang ada. Sehingga pada saat kita menemui hambatan maka kita bisa membuat gambaran jalan keluar. Kemudian kita bisa mulai melangkah hingga satu persatu hambatan bisa dilewati.

Tanpa memetakan persoalan kita akan sulit menemukan solusi bagi hambatan produktivitas yang ada. Jadi jangan lupa membuat peta dari setiap langkah yang sudah dilalui.

 

3. Prioritaskan yang bisa di selesaikan

via pixabay.com

Setelah kita fokus dan bisa memetakan persoalan kita dengan baik, maka langkah berikutnya adalah menetapkan prioritas. Utamakan persoalan yang merupakan keahlian kita untuk diselesaikan terlebih dahulu. Memprioritaskan pekerjaan yang menjadi keahlian kita terlebih dahulu akan mengefektifkan penggunaan energi.

Mendahulukan yang bisa diselesaikan dengan baik adalah langkah tepat dibanding terpaku diam merenungi hal yang sulit untuk dikerjakan. Terkadang, ketika kita dapat menyelesaikan suatu tugas yang menjadi keahlian kita dengan baik, maka secara tak sadar kita sudah melakukan langkah penyelesaian untuk tugas berikutnya.

Namun bukan berarti kita mengabaikan yang sulit untuk dikerjakan. Kuncinya adalah prioritaskan apa yang bisa kita kerjakan, lalu kerjakan dengan sebaik mungkin apa yang kita prioritaskan

Ketiga hal ini bila kita lakukan terus menerus dan dengan sebaik mungkin akan membuat kita lebih produktif. Tujuan kitapun satu persatu akan dapat tercapai. Cobalah.


 

Leave a Reply