Tiga Pantai Indah di Nusa Tenggara Timur ini Perlu Jadi Destinasi Kamu Selanjutnya

Banyak orang mungkin tidak mengetahui banyak tentang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tapi itu dulu, sekarang wisata di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini tengah menggeliat. Apalagi Sumba yaitu salah satu pulau di Provinsi Indonesia Timur ini yang terdiri dari beberapa Kabupaten dan tengah menjadi perhatian.

Setelah saya pernah membahas mengenai pantai-pantai cantik di Sulawesi Utara dan Minahasa  Utara, sekarang saya akan menyajikan beberapa lokasi wisata yang mengagumkan di Nusa Tenggara Timur atau NTT. Oh iya, mungkin kalian sudah tahu mengenai Danau Kelimutu, Pulau Komodo dan lainnya. Tapi 3 pantai indah di Nusa Tenggara Timur ini benar-benar beda. Yuk baca terus.

 

1.    Pantai Koka

Berdasarkan penelusuran, Pantai Koka ini letaknya berada di Kabupaten Sikka. Jaraknya kurang lebih 42 Kilometer dari Kota Maumere menuju arah barat di jalur lintas Flores Selatan untuk menuju pantai Koka ini.

Pantai Koka terletak di desa Wolowiro pada sebuah kecamatan bernama Paga.  Nama pantai ini sendiri berasal dari nama Burung Koka yang kalau anda beruntung bisa ditemui di sini.

Di sekitar pantai ini banyak bertebaran pulau serta batu yang konon cukup sakral. Salah satunya adalah batu karang besar berwarna hitam yang disebut dengan Watu Kuda yang konon merupakan jelmaan seekor kuda sakral. Apapun itu, pantai Koka memang memiliki pesona yang indahnya tidak terkira.

2.    Taman Laut Riung

A post shared by Asri P (@achiepee) on

Kalau di Sulawesi Utara ada Taman Nasional Laut Bunaken, nah di NTT ada Wisata Alam Laut 17 Pulau Riung yang terletak di Kecamatan Riung, sebelah utara wilayah Kabupaten Ngada. Di kawasan ini terdapat 17 pulau besar dan kecil yang sangat indah dan letaknya berdekatan satu sama lain. Pulau-pulau itu adalah pulau Pata, Bangko, Rutong, Bampa, Sua, Telu, Mborong, Kolong, Ontoloe, Sui, Wire, Meja, Wawi, Batu, Taor, Laingjawa, Wingkureo.

Pulau-pulau tersebut dapat dilihat dengan berkeliling menggunakan Speedboat selama kurang lebih dua setengah jam. Perairan di kawasan ini memiliki beberapa jenis karang yang keras dan lembut, dan ada juga ikan hias berwarnaa-warni. Semua keindahan bawah laut tersebut dapat dinikmati dengan mata telanjang dari atas perahu pada saat laut dalam keadaan tenang di pagi hari sekitar pukul 05.00 – 06.00.

Kalau kalian benar-benar ingin menikmati keindahan bawah laut kalian bisa menyewa peralatan diving yang tersedia di Wisma Pesona Riung. Di wilayah darat kawasan ini terdapat Kadal Raksasa langka yang biasanya disebut Mbou oleh masyarakat setempat, atau biasanya di sebut juga Mbou Riung. Mbou Riung ini sama jenisnya dengan Varanus Komodoensis di Pulau Komodo, hanya warnanya lebih menarik.

Kawasan Taman Laut tersebut sebagian wilayahnya terletak di daratan pulau Flores dan sebagian di perairan teluk Riung yang terletak di perairan desa Tadho, Kelurahan Benteng Tengah, Kelurahan Nangamese, Lengkosambi, Desa Sambinasi dan desa Latung Kecamatan Riung. Taman Laut Riung ini berjarak 75 Kilometer dari dari Bajawa yang merupakan ibukota Kabupaten Ngada dan dapat ditempuh selama 2 1/2 jam dengan kendaraan umum maupun pribadi.

 

3.    Pantai Nembrala

A post shared by Mikha (@mikhatpbolon) on

Nah sudah dua pantai kan? Oke ada satu pantai lagi yang saya akan share di tulisan ini yaitu pantai Nembrala. Pantai Nembrala tersohor dengan ombaknya yang berskala internasional. Oleh karena itu banyak wisatawan asing berkunjung ke pantai ini untuk menantang ombak dari pantai Nembrala.

Pantai Nembrala memiliki pasir berwarna putih, pantai ini juga disebut-sebut sebagai Kuta-nya Pulau Rote. Anda bisa melihat keindahan pantai yang luar biasa ditambah dengan pesona perkampungan yang ditumbuhi nyiur, pasir putih terus menghampar.

Pantai ini masih belum terlalu ramai. Hanya beberapa kunjungan di akhir pekan dan libur panjang. Meskipun sarana yang sedikit terbatas, namun Pantai Nembrala, Nusa Tenggara Timur banyak diacungi jempol oleh pengunjungnya.

Namun pantai ini semakin dikembangkan untuk keperluan wisata dan banyak fasilitas yang sekarang disediakan. Wisatawan dapat menemukan beberapa pilihan penginapan dengan berbagai tarif. Penginapan yang tersedia di Pantai Nembrala mulai dari hotel hingga homestay.

Sebenarnya, banyak pantai lain di NTT yang keren. Tapi saya akan mengulasnya di tulisan yang lain ya. Biar kalian penasaran.

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari Tommy Bernadus. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply