5 Tips Cara Memperbaiki Hidup Menjadi Lebih Baik

Kesibukan kerja dan aktivitas sosial lainnya bisa membuatmu melupakan dirimu sendiri. Mungkin kamu merasa ada yang kurang di dalam hidupmu saat ini. Atau mungkin kamu merasa kekurangan waktu setiap hari. Jika kamu merasa seperti itu, yuk lakukan lima tips bagaimana cara memperbaiki hidup menjadi lebih baik berikut ini.

1.   Istirahat dari Media Sosial

5 Tips Bagaimana Cara Memperbaiki Hidup Menjadi Lebih Baik
via pixabay.com

Lupakan bikin status atau insta live di media sosial. Pikirkan hal-hal yang bisa kamu lakukan setelah bangun tidur sampai sebelum kamu tidur tanpa adanya gawai dan media sosial. Mulailah hari tanpa gawai.

Lalu lakukan rutinitas baru seperti jogging atau yoga di pagi hari, kemudian nikmati secangkir kopi atau sarapan. Setelahnya, kamu bisa melakukan kegiatan yang produktif tanpa adanya media sosial dan menikmati setiap waktumu dengan perlahan. Slow down and seize the day.

2.  Jalin kembali hubungan baik dengan keluarga atau teman baik

5 Tips Bagaimana Cara Memperbaiki Hidup Menjadi Lebih Baik
via pixabay.com

Terlalu lama memegang gawai membuat banyak orang lupa bagaimana menjalin hubungan yang baik dengan orang-orang terdekat. Untuk memperbaiki hal tersbut, yuk coba pergi piknik atau bercengkerama dengan mereka di rumah sambil bermain papan permainan seperti Ludo, atau scrabble tanpa diganggu dengan bunyi-bunyian notifikasi dari gawai. Selain menikmati waktu bersama, kamu juga bisa berbicara dari hati ke hati dan menjalin hubungan yang lebih erat.

3.  Hilangkan pikiran negatif dan kemarahanmu

5 Tips Bagaimana Cara Memperbaiki Hidup Menjadi Lebih Baik
via pixabay.com

Terkadang kita tidak bisa mengendalikan emosi kita. Tapi tentunya kita harus bisa belajar untuk menghadapinya demi kesehatan rohani dan mental kita. Untuk itu kita harus menghilangkan pikiran dan energi negatif dengan melakukan hal-hal yang lebih berfaedah seperti melakukan Yoga atau belajar Kaligrafi.

4.  Membantu orang lain

5 Tips Bagaimana Cara Memperbaiki Hidup Menjadi Lebih Baik
via pixabay.com

Membantu tidak hanya memberikan kebahagiaan kepada orang yang ditolong, tapi juga memberikan kebahagiaan kepada yang memberikannya. Orang-orang yang suka membantu tidak hanya bahagia, tapi membantu juga bisa meningkatkan mood. Dalam suatu penelitian, karyawan yang tidak segan membantu karyawan lainnya selain bisa fokus dalam pekerjaan, juga bisa mendapatkan kesempatan lebih besar untuk naik pangkat.

5.  Menulis jurnal dan berpikir positif

5 Tips Bagaimana Cara Memperbaiki Hidup Menjadi Lebih Baik
via pixabay.com

Di awal tahun kamu memiliki target dan impian yang ingin kamu raih. Namun ternyata sampai pada akhir tahun kamu lupa akan hal-hal tersebut karena kesibukanmu. Untuk tetap on track cobalah untuk menulis jurnal di pagi hari atau malam hari untuk mengingatkan kembali apa yang telah kamu lalui dan ingin kamu raih.

Dengan menulis jurnal, kamu bisa mengenal dirimu sendiri lebih baik. Baik itu rutinitasmu atau pola hidup yang ingin kamu ubah. Selain itu, kamu juga bisa menghargai dirimu sendiri dan menghargai hal-hal positif lainnya yang terjadi walaupun kecil setiap harinya untuk membuatmu lebih optimis akan hidup.

Apakah kamu punya tips lainnya untuk memperbaiki hidup? Yuk share di kolom komentar di bawah ini.


 

Leave a Reply